Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Pertimbangan dalam Memilih Media Periklanan

Marketing.co.id – Berita Marketing I Saat ini, media iklan menjadi salah satu elemen yang penting dalam melakukan pemasaran produk barang maupun jasa. Terlebih, media iklan pun dinilai memiliki peranan krusial – tak hanya menjadi bagian dari strategi marketing, tapi juga dalam melakukan promosi maupun kegiatan kampanye. Selain efektif menyebarkan informasi secara massif, juga diharapkan dapat menjangkau target market yang disasar.

Media Iklan

Namun, salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah memilih media periklanan yang tepat. Ini penting, mengingat efektivitas jangkauan pesan yang ingin disampaikan. Tak hanya itu, pertimbangan biaya yang digelontorkan pun sangat berpengaruh – kampanye iklan harus menghasilkan penjualan dan keuntungan besar.

Menariknya, kini tersedia banyak pilihan bagi para marketer untuk mempromosikan produk maupun jasa. Hanya saja, ini sebanding dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan tersebut. Misal, dimana target market yang disasar, mampukan menjangkau secara maksimal, dan seberapa efektif menggunakan media tersebut.

Baca Juga: 5 Hal Maksimalkan Komunikasi Bagi Pelaku UMKM

Memilih media yang tepat adalah sebuah langkah penting guna mengembangkan penjualan dan rencana pemasaran. Perlu diingat, tidak ada media yang unggul dibanding lainnya. Begitu juga, media yang tepat untuk satu bisnis, belum tentu tepat bagi bisnis lainnya.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari berbagai media periklan yang dapat digunakan oleh para marketer berdasarkan data powerhomebiz.com:

Periklanan Pay-Per-Click (Search Engine). Seiring pesatnya perkembangan media sosial, penggunaan iklan Pay-per-click (PPC) juga ikut berkembang. Adapun kelebihan membayar hanya untuk hasil (klik), dapat memilih iklan mana yang akan ditampilkan, dapat menghasilkan tampilan langsung, iklan mudah diubah, termasuk juga kemudahan dalam pelacakan efektivitas kampanye yang digelar.

Sedangkan untuk kekurangannya, antara lain system pencocokan yang luas. Ini dapat mengakibatkan iklan tidak relevan dengan pencarian yang dimaksudkan, penawaran harga untuk memperoleh kata kunci dan istilah bisa lebih mahal, persaingan penawaran harga  bisa mengakibatkan kompetitor menawarkan harga yang lebih tinggi atau lebih rendah, memerlukan pemantauan konstan.

Periklanan media sosial. Media sosial telah mengalami pertumbuhan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Untuk itu, kelebihan media sosial dapat membangun hubungan pelanggan dan menawarkan jangkauan yang luar biasa. Selain itu, menawarkan jangkauan yang luas dengan potensi viral marketing, dapat menargetkan traffic yang dihasilkan, serta menjadi salah satu pilihan yang relative terjangkau. Tentunya, ada kekurangan, yakni penargetan sangat rendah karena keragaman dan luasnya khalayak sehingga ROI rendah akibat pengunjung yang tidak terkonversi. Belum lagi, pengunjung menggunakan media sosial untuk bersosialisasi dan tidak tertarik dengan iklan.

Iklan banner. Iklan banner merupakan salah satu bentuk dominan dari iklan online. Ini merupakan tampilan iklan grafis yang unik dengan ukuran khas spanduk 468×60. Iklan banner dapat dijalankan dengan pay-per- impressions, pay-per-click atau pay-per-actions. Kelebihan dari iklan banner adalah penempatan dan desain yang baik, iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya, alat branding yang baik, penayangan iklan mudah dilacak dengan alat pelacakan yang tersedia, dan dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

Sedangkan kekurangannya, beberapa jenis iklan banner sering terlihat menjengkelkan dan sangat menganggu, pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan, oversaturation iklan banner menyebabkan kebutaan iklan, serta harga iklan menurun akibat desain banner.

Baca Juga: Jaga Pelanggan Lewat Email Marketing!

Iklan direct mail. Untuk iklan ini sendiri memiliki kelebihan, yakni pesan iklan ditargetkan untuk mereka yang paling mungkin membeli produk atau jasa, pesan pemasaran dapat dipersonalisasi sehingga membantu meningkatkan respons positif, efektivitas kampanye dapat dengan mudah diukur, memiliki kontrol penuh atas penyajian pesan iklan, kampanye iklan tersembunyi dari pesaing sehingga mereka terlambat untuk bereaksi.

Kekurangannya, beberapa orang tidak menyukai tawaran dalam bentuk surat. Terkadang mereka membuangnya tanpa membuka terlebih dahulu. Sumber daya perlu dialokasikan untuk pemeliharaan daftar. Keberhasilan kampanye semacam ini tergantung pada kualitas milis. Memproduksi bahan direct mail memerlukan biaya lebih karena harus menggunakan tenaga ahli – copywriter, seniman, fotografer, printer, dan lainnya. Iklan ini bisa mahal, tergantung pada target pasar, kualitas daftar dan ukuran kampanye.

Iklan Koran. Kelebihan adalah memungkinkan menjangkau sejumlah orang di wilayah geografis tertentu, memiliki fleksibilitas dalam menentukan cerita yang ingin dikomunikasikan, paparan iklan tidak terbatas, pembaca dapat kembali ke pesan jika diinginkan, bantuan grafis dalam menciptakan dan memproduksi salinan iklan biasanya tersedia, dan iklan membantu mencerminkan perubahan pasar.

Untuk kekurangan dari iklan koran, yakni space iklan bisa mahal, iklan harus bersaing melawan kekacuan pengiklan lain, termasuk iklan besar yang dijalankan supermarket dan department store serta iklan pesaing. Re-produksi foto yang kurang membatasi kreativitas. Selain itu, koran adalah media yang berorientasi pada harga, kebanyakan iklan untuk penjualan, biasanya dibaca sekali, dan koran adalah media yang sangat terlihat sehingga competitor pun dapat dengan cepat bereaksi.

Iklan majalah. Meskipun harga lebih mahal, kelebihannya memungkinkan penargetan pembaca yang lebih baik, karena dapat memiliki publikasi majalah yang melayani audience yang spesifik atau editorial yang mengkhususkan diri dalam topik yang menarik bagi audience. Keterlibatan pembaca tinggi. Itu artinya lebih banyak perhatian kepada iklan yang dipasang. Kualitas kertas lebih baik. Hal ini memungkinkan re-produksi warna yang lebih baik dan iklan lebih berwarna.

Kekurangan, waktu yang panjang berarti harus memastikan rencana beberapa minggu atau bulan sebelumnya. Lead time yang lebih lambat mempertegas risiko iklan Anda dapat disalip oleh kejadian/peristiwa. Ada kebebasan yang terbatas dalam hal penempatan iklan dan format. Biaya space dan tata letak iklan lebih mahal.

Iklan radio. Kelebihan radio merupakan media semesta, karena bisa dinikmati di mana saja – di rumah, tempat kerja, bahkan di dalam mobil. Format acara yang luas menawarkan efisiensi dana periklanan untuk segmen yang dirumuskan secara sempit. Memberikan kepribadian bisnis melalui terciptanya promosi yang menggunakan bunyi dan suara.

Kekurangan, karena pendengar radio tersebar, mungkin harus beriklan secara bersamaan di stasiun berbeda untuk menjangkau target pemirsa. Pendengar tidak bisa kembali ke poin penting iklan. Kerap, iklan merupakan gangguan dalam hiburan. Oleh karena itu, beriklan di radio memerlukan beberapa pemaparan untuk memastikan para pendengarnya “tune-out” dan memastikan retensi pesan. Radio adalah media latar belakang. Kebanyakan pendengarnya mendengarkan sambil melakukan sesuatu. Itu artinya iklan harus bekerja keras untuk mendapatkan perhatian mereka.

Iklan televisi. Kelebihan beriklan melalui kanal televisi memungkinkan untuk menjangkau banyak orang pada tingkat nasional atau regional dalam waktu singkat. Stasiun televisi independen dan kabel menawarkan peluang baru untuk menentukan penonton lokal. Menariknya, televisi menjadi media yang menggunakan gambar dan suara sehingga mampu menyampaikan pesan dengan penglihatan, suara, dan gerak.

Kelemahan, pesan bersifat sementara, dan mungkin memerlukan beberapa eksposur agar iklan naik di atas keruwetan. Iklan terbatas, kebanyakan iklan hanya tiga puluh detik atau kurang. Hal itu membatasi informasi yang ingin Anda sampaikan. Relatif lebih mahal dalam hal biaya kreatif, produksi dan airtime.

Telemarketing. Kelebihan, menyediakan tempat di mana dapat dengan mudah berinteraksi dengan calon pelanggan – menjawab pertanyaan, atau keprihatinan mereka tentang produk, atau layanan. Sangat mudah bagi calon pelanggan menemukan orang yang tepat untuk diajak bicara. Lebih hemat biaya dibanding penjualan langsung. Hasil yang sangat terukur. Meningkatkan efisiensi karena Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan melalui telepon. Alat yang hebat untuk meningkatkan hubungan dan menjaga kontak dengan pelanggan yang sudah ada, serta mengenalkan produk baru kepada mereka. Membuatnya mudah untuk memperluas wilayah penjualan.  Telemarketing memungkinkan untuk menelepon calon pelanggan lokal, nasional bahkan glonbal.

Promoted Content. Kekurangan, semakin banyak orang yang enggan untuk telemarketing. Lebih banyak orang yang menggunakan teknologi untuk menyaring penelepon yang tidak diinginkan, khususnya telemarketer. Banyak bisnis yang menggunakan telemarketing. Jika menggunakan jasa dari luar, ada kekurangan pengendalian karena yang melakukan panggilan bukan karyawan. Biaya bisa sangat mahal jika menggunakan jasa dari luar.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top