Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Pertamina International Shipping Capai Financial Close Sebesar USD 134 Juta untuk Pengadaan VLCC

Marketing.co.id – Berita Marketing |  Diamanatkan sebagai Sub Holding Shipping Pertamina dan sekaligus sebagai integrated marine logistic company, PT Pertamina International Shipping (PIS) terus tumbuh menjadi agen pembangunan ekonomi nasional dan mitra logistik kelautan yang terpercaya. PIS telah berhasil mencapai financial close sebesar USD 134 juta untuk pengadaan dua VLCC Pertamina Pride & Pertamina Prime.

Pengadaan dua VLCC tersebut menunjukkan wujud nyata keseriusan PIS dalam upaya mendukung pengembangan pertumbuhan ekonomi nasional serta menunjukkan, bahwa PIS kini semakin siap untuk terlibat dalam pendistribusian energi untuk negeri.

Pengoperasian kedua VLCC bertujuan untuk memasok kebutuhan minyak mentah ke kilang Pertamina, FOB Ras Tanura – Cilacap dengan lebih efisien.  Menurut Erry Widiastono, Direktur Utama Pertamina International Shipping (PIS), saat ini kedua VLCC ditempatkan di anak perusahaan PIS di Singapura dengan tujuan melayani angkutan impor Pertamina serta menandai kehadiran Pertamina di pasar global.

Baca juga: Biaya Logistik Mahal Jadi Kendala UMKM Bersaing di Pasar Domestik

“Dengan beroperasinya dua VLCC ini, kami berharap PIS selalu menjadi yang terdepan dan menjadi bagian terpenting dalam pendistribusian energi ke seluruh pelosok daerah di Indonesia. Penandatanganan hari ini juga sebagai pencapaian dari target transformasi restrukturisasi Holding-Subholding dalam lingkup Kemandirian Pendanaan, menunjukkan bahwa PIS dipercaya oleh lembaga keuangan dan tentunya Pertamina sebagai holding,”ujarnya.

PIS - Facilty Agreement

Acara Financial Close dan Penandatanganan Financial Agreement dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021, dihadiri oleh Direktur Utama PT PIS Erry Widiastono, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini, Direktur Keuangan PT PIS Diah Kurniawati, Jajaran Komisaris PT PIS, Managing Director PIS Pte Ltd Brilian Perdana

Pengadaan kedua VLCC ini berhasil dengan kontribusi dan dukungan pembiayaan seluruh mitra yaitu Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Mandiri. Berkat partisipasi seluruh pihak, PIS semakin percaya diri untuk bertransformasi menjadi integrated marine logistics company.

Baca juga: Ini Strategi Pertamina International Shipping Menjadi Global Player

“Atas nama Pertamina, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kerja keras dan komitmennya sehingga pembiayaan proyek VLCC mencapai financial close pada 30 Juni 2021 ini,” ujar Emma Sri Martini Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero).

Melalui Mekanisme Kerjasama Pembiayaan tersebut menunjukkan adanya kepercayaan dari institusi perbankan global kepada PIS dan seluruh proyeknya. Dari hal ini, diharapkan dapat membuka jalan lebih lanjut untuk proyek-proyek penting PIS di masa depan.

Dalam konteks roadmap transformasi BUMN, di mana Pertamina telah diamanatkan menjadi holding migas, Pertamina memandang peran strategis dan penting dari PIS. Untuk mendukung implementasi visi Pertamina “Being a World Class National Energy Company” Pertamina memutuskan mengubah PIS sebagai Sub Holding Shipping Pertamina dan menjadi perusahaan integrated marine logistic.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top