Pertamina Gandeng Alfamart Kembangkan Bisnis Bright Store

Marketing.co.id – Berita Ritel| Bisnis supermarket dan minimarket menjadi segmen ritel paling diuntungkan selama pandemi Covid-19 karena tetap bisa beroperasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah kebijakan pembatasan sosial berskala besar.

Dalam menangkap peluang akibat perubahan karakter konsumen di era milenial dan new normal. Pertamina berupaya mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU di luar pulau Jawa dengan menggandeng Alfamart.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono, mengungkapkan, perubahan karakter konsumen saat ini membawa peluang bisnis yang bagus untuk bisnis non fuel retail (NFR) Pertamina. Potensi bisnis tersebut terlihat dari customer behaviour melalui ekosistem jaringan SPBU sebanyak 7000 lebih

“Pertamina telah memiliki Bright Store yang saat ini sudah tersebar di 195 lokasi. Bright Store ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen SPBU. Baik yang singgah untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Stop in and refresh,”  tambahnya.

Baca juga:  Alfamart Andalkan Aplikasi untuk Segmen Milenial

Namun, Mulyono menambahkan perlu ada kolaborasi dengan minimarket yang memiliki jaringan sangat luas agar pengembangan bisnis NFR Pertamina bisa berkembang. Salah satunya menggandeng Alfamart dalam mengembangkan bisnis melalui mekanisme co-branding Bright Store by Alfamart/Alfamidi di luar Pulau Jawa.

“Saat ini sudah ada 200 toko Alfamart di area SPBU Pertamina. Kedepannya akan berubah Bright by Alfamart/Alfamidi dan berlaku untuk seluruh SPBU baik COCO (milik Pertamina) maupun DODO (Milik Swasta)” ungkapnya.

Direktur Corporate Affairs Alfamart, Solihin menambahkan bahwa kerjasama ini mencakup kegiatan promosi kedua belah pihak, termasuk menunjang produk UMKM dan Private Label Pertamina.

“Serta adanya sharing dalam investasi. Hal yang tak kalah menarik dalam kerjasamanya ini adalah bagi pengusaha swasta SPBU (DODO), diberlakukan kebijakan khusus franchise fee,” imbuhnya.

Pertamina berharap kekuatan jaringan SPBU miliknya dan kemampuan operasional Alfamart sebagai salah-satu jaringan minimarket terbesar di Indonesia, akan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.