Personal Branding Untuk Marketer Modern

Marketing.co.id- Terlepas dari apa pun jenis bisnis Anda dan di mana lokasi bisnis Anda berada, Anda memiliki merek pribadi (personal branding).

Merek memiliki peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi pengambilan keputusan. Dan Anda mewakili merek Anda sendiri sama halnya seperti perusahaan seperti Nike yang merepresentasikan sepatu olahraga.

Meski demikian, untuk mengidentifikasi apa yang membedakan brand Anda dari orang lain mungkin bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena itu mengisyaratkan bahwa Anda telah menemukan dan memanfaatkan setiap keunikan yang selalu muncul dari pengembangan Anda atau merek pribadi Anda.

Terlepas dari apakah Anda brand ambassador sendiri, apa masih mencari Anda berada di bisnis apa. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda untuk melakukan proses personal branding:

“Tentukan” sendiri

Sebagai makhluk sosial, kita sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Jadi, duduk dan bersantailah. Cobalah untuk mendefinisikan: apa yang Anda kuasai? Apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain? Apakah Anda menjual produk tertentu, atau sekedar memiliki kemampuan analisis keuangan tertentu?

Buat status selebriti Anda dan membangun kehadiran

Dalam hal ini, kita akan menggunakan ide selebriti yang harus diterjemahkan secara bebas. Aktor secara khusus cukup pandai dalam satu hal, berakting. Dengan cara yang sama Anda juga dapat menikmati keunggulan Anda sendiri dan menetapkan sebagai “go-to” orang dalam industri tertentu, baik sebagai pribadi yang menarik maupun seorang ahli.

Kemudian, menentukan manfaat yang bisa Anda tawarkan untuk bidang tersebut. Selanjutnya,  Anda bisa online untuk memberitahukan orang-orang tentang hal tersebut, mulai dari blog atau menulis newsletter. Membeli domain nama Anda dan melakukan personalisasi halaman Anda bersama bio, foto dan testimonial dari orang yang Anda kenal dan selebriti lain di bidangnya.

Menjadi kenangan

Dengan cara yang sama, orang dapat menikmati dan mengapresiasi keunikan Anda dalam upaya Anda untuk personal branding,  tetapi jika mereka tidak ingat siapa Anda keesokan harinya, maka ada sesuatu yang perlu perbaikan.

Tanyakan pada diri sendiri: bagai mana cara agar saya mudah diingat oleh audiens yang coba Anda jangkau? Dalam bidang kepemimpinan misalnya, guru Bob Farrell berhasil menciptakan pengikut yang banyak dari gagasannya tentang “Pickles Leadership”, atau memberikan  pelanggan hal-hal khusus yang membuat mereka datang kembali.

Jika mereka tidak mengerti Pickles Leadership, katanya, kepercayaan dan keyakinan mereka kepada Anda sebagai seorang ahli dan pemimpin dapat melemah sampai seseorang datang menarik perhatian mereka.

Jadi tanyakan pada diri sendiri, Anda mungkin tidak harus melayani intelektual pickles, tetapi bagaimana Anda menjadi kenangan?

Harus jelas serta melayani

Jika Anda pernah membuat sebuah kesalahan di masa lalu, tidak perlu cemas, masih ada ruang untuk memperbaikinya. Pertimbangkan dengan fokus pada 3C branding: Clear (jelas), Consistent (konsisten), Constant (konstan).

Berkomunikasilah dengan cara Anda sendiri dan mudah dipahami oleh orang lain dan buatlah seperti itu setiap kali Anda melakukan hal tersebut. Harus otentik dan lugas dengan audiens Anda. Just be yourself, dan sampaikan pesan yang relevan. Anda ada di sini untuk melayani.

Memikat dengan pelayanan dan berinovasi

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang bisa Anda berikan bagi kehidupan orang lain, membagikan apa yang saya tahu untuk meningkatkan kehidupan orang lain dengan cara yang relevan?

About.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.