Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Memulai Omnichannel Dalam Bisnis Anda

Marketing – Mungkin sekarang kita sudah bosan membahas mengenai rontoknya berbagai penjual ritel konvensional dan betapa banyaknya gerai-gerai retail yang ditutup. Lantas, apakah sebagai pelaku bisnis Anda harus ketakutan? Tentu tidak! karena omnichannel bisa jadi adalah salah satu jawabannya.

Muliadi W Jeo, salah satu pelaku omnichannel yang juga merupakan pendiri dan Chief Technology Officer ICUBE menjelaskan, omnichannel adalah model bisnis lintas channel yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengalaman pelanggan mereka.

Pelanggan dari perusahaan yang mempraktekkan omnichannel dapat melakukan belanja dengan berbagai channel sekaligus, baik online maupun offline.

Misalnya, pelanggan mem-browsing barang belanja di website di pagi hari, berhenti sebentar untuk bekerja, lalu melakukan pembelanjaan menggunakan aplikasi di HP mereka saat makan siang, dan langsung mengambil barang belanjaannya di toko sepulang kantor.

Pelanggan juga bisa mengembalikan barang yang dibelinya secara online di toko dan menukarnya dengan ukuran yang lebih pas. Di dalam omnichannel, seluruh channel pemasaran dan sales terintegrasi menjadi satu tanpa terputus sama sekali.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa memulai omnichannel dalam bisnis kita?  Berikut tips dari Muliadi agar perusahaan Anda bisa memulai pelaksanaan omnichannel:

  • Pahami consumer journey

Sebelum memulai omnichannel, pahami consumer journey atau pengalaman pelanggan. Pahami kebiasaan belanja mereka dari awal sampai akhir termasuk kebiasaan berbelanja online dan offline mereka.

  • Memilih teknologi yang sesuai

Setelah Anda memahami kebiasaan belanja pelanggan, langkah selanjutnya adalah memilih teknologi yang paling pas yang sesuai dengan pilihan belanja pelanggan. Misalnya banyak yang sekadar membuat facebook page hanya karena bisnis lain menggunakan Facebook, sebuah bisnis harus  memilih teknologi yang paling pas dengan kebutuhan belanja para pelanggannya.

  • Integrasikan semua pilihan teknologi

Integrasikan semua pilihan teknologi, baik online maupun offline menjadi satu data tunggal yang tidak terpisahkan, sehingga pelanggan mendapatkan pengalaman belanja yang tidak terputus-putus, baik secara online ataupun offline.

Itulah beberapa tips agar perusahaan Anda bisa memulai pelaksanaan omnichannel. Apakah Anda memiliki cara lain? Beritahu kami dalam kolom komentar!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top