Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

PermataBRAVE Berdayakan Komunitas Penyandang Disabilitas #DenganHati

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PermataBank melalui program PermataHati CSR melakukan kemitraan strategis dengan Thisable, Precious One dan mitra pilihan lainnya sebagai dukungan konkrit bagi komunitas penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. Program berkelanjutan ini diberi nama PermataBRAVE People with Disabilities (PWD) Empowerment Program” ditujukan untuk menyiapkan penyandang disabilitas dalam menjalankan kehidupan yang lebih mandiri.

PermataBRAVE merupakan bentuk kontribusi PermataBank terhadap pengembangan potensi penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.  Hal ini merupakan komitmen PermataBank dalam menjalankan tanggung jawab sosial, mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) no.4 Pendidikan Berkualitas, no.8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan no.10 Berkurangnya Kesenjangan serta membantu pemerintah memenuhi amanat Undang Undang No. 8 Tahun 2016 dimana sektor privat wajib untuk mempekerjakan penyandang disabilitas paling sedikit 1% dari jumlah pegawai.

“PermataBank terus mendukung upaya kesetaraan. Kami percaya disabilitas memiliki potensi yang sama dan harus mendapat kesempatan untuk bersaing baik di sektor profesional maupun kewirausahaan. Untuk tahun ini, PermataBRAVE hadir dengan program baru yang diharapkan dapat lebih mengembangkan kompetensi, kreativitas dan daya saing peserta program sehingga teman-teman penyandang disabilitas dapat mandiri secara ekonomi serta siap terjun ke dunia kerja dan usaha,” ungkap Richele Maramis, Head of Corporate Affairs PermataBank.

Melalui PermataBRAVE, PermataBank terus mendukung komunitas penyandang disabilitas Indonesia melalui akses pendidikan, edukasi keuangan, bantuan modal usaha, alat bantu disabilitas serta beasiswa. Hal tersebut sejalan dengan 3 pilar utama dari program CSR PermataBank yang berfokus pada Education, Empowerment dan Enhancement.

Hingga saat ini, PermataBRAVE telah menjangkau lebih dari 5.000 penerima manfaat dari berbagai daerah dan beragam kebutuhan serta latar belakang di Indonesia. Program PermataBRAVE sendiri meliputi:

  • PermataBRAVE Hub: rogram yang dimulai sejak 2018 merupakan kerja sama antara PermataHati CSR dengan Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD), sebuah balai di bawah naungan Kementerian Sosial yang menaungi dan memberikan pelatihan vokasional kepada penyandang disabilitas untuk kesiapan kerja mereka.
  • Businesses Initiatives: Dimulai pada tahun 2020, unit bisnis PermataBank Syariah bekerja sama dengan Yayasan Yatim Mandiri berdayakan UMKM Difabel Dhuafa dengan 49 penerima manfaat yang tersebar di beberapa kota: Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Jombang, Madiun, dan Jogjakarta.
  • PWD Empowerment Program: program yang dimulai di wilayah Jakarta dan sekitarnya ini menggandeng Precious One, yayasan sosial pemberdayaan bagi penyandang disabilitas di sektor kerajinan tangan. Program tersebut melibatkan sejumlah mentor dan tenaga ahli di bidang pemasaran, sales, desain produk serta motivator. Mereka memberikan kelas training serta intensif memberikan bimbingan selama tiga bulan agar usaha yang sudah dijalankan dapat meningkat dan bisa bersaing di pasar.

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI Bidang Sosial menambahkan, “Masalah yang saat ini masih dihadapi oleh masyarakat berkebutuhan adalah kuota lapangan pekerjaan untuk mereka. Dengan terbatasnya lapangan pekerjaan tersebut, hal ini memicu terus meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia dan salah satu cara bagi penyandang disabilitas untuk menghasilkan pendapatan adalah dengan meningkatkan potensi diri dan menjadi wirausahawan. Program PermataBRAVE ini sangat membantu penyandang disabilitas untuk lebih maju.”

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top