Dunia Digital

Perluas Pasar, Egogo Hub Indonesia Bidik UMKM

Marketing, Jakarta  –  Sukses menggaet berbagai merek internasional hanya dalam waktu satu tahun beroperasi di Indonesia, e-commerce enabler Egogo Hub Indonesia tahun ini berencana melakukan ekspansi pasar ke segmen UMKM. Langkah ini dianggap sejalan dengan ambisi Egogo menjadi e-commerce enabler nomor satu di Asia Tenggara.

Benny Tanadi, Presiden Direktur Egogo Hub Indonesia menjelaskan,  98,7% bisnis di Indonesia masuk kategori skala UMKM. Jumlah dan potensi UMKM ini memang sangat besar, sayangnya baru sebagian kecil yang masuk pasar e-commerce.  Mereka yang sukses dalam jumlah yang kecil itu bahkan jauh lebih kecil lagi.

“Kalau kita lihat data Kementrian Koperasi dan UKM, saat ini ada 59,2 Juta pengusaha UMKM. Dari jumlah tersebut baru tiga sekian juta yang berkecimpung di e-commerce. Kurang lebih enam sekian persen. Masih sangat sedikit, dan ini UMKM Indonesia, negara yang memimpin pertumbuhan industri e-commerce Asia tenggara,” kata Benny Tanadi.

Laporan e-conomy SEA 2018 yang dikeluarkan Google – Temasek pada 2018 lalu menguatkan pendapat Benny.  Dari total nilai bisnis industri e-commerce Asia Tenggara yang mencapai USD 23,2 Milliar, Indonesia meraih valuasi sebesar USD 12,2 Miliar, jauh melampaui posisi kedua dan ketiga yang ditempati Thailand dan Vietnam dengan valuasi di angka USD 2-3 Milliar.

“Indonesia menguasai lebih dari 50% valuasi industri e-commerce Asia Tenggara hanya dengan enam sekian persen UMKM. Artinya, sebagai e commerce enabler, segmen UMKM ini tentu juga harus dikembangkan Egogo.”

Untuk diketahui, e-commerce enabler adalah perusahaan jasa dengan semua layanan yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk dikenal dan laris secara online. Perusahaan e-commerce enabler, khususnya Egogo Indonesia, memberi layanan profesional A sampai Z, meliputi: konsultasi dan manajemen pemasaran digital (marketplace, ads, SEO), produksi konten (foto/video/copy produk), manajemen media sosial, manajemen layanan pelanggan, manajemen pergudangan, pengepakan, pengiriman barang, hingga merancang dan mengeksekusi berbagai strategi untuk membuat citra dan popularitas merek Anda meningkat.

Pelaku UMKM yang ingin berjualan online namun tidak sumber daya dan waktu bisa memanfaatkan jasa e-commerce enabler. Dengan bantuan perusahaan ini aktifitas bisnis dan penjualan suatu produk atau merek dapat terus berlangsung, walaupun pemiliknya sedang istirahat.

Benny Tanadi, Presiden Direktur Egogo Hub Indonesia

Untuk meningkatkan ekspansi pasar ke sektor UMKM, Egogo Indonesia telah merancang beberapa agenda. Agenda pertama adalah even yang akan memperkenalkan peran dan fungsi Egogo Indonesia bagi pelaku UMKM.

“Lewat even ini kami juga ingin teman-teman UMKM tahu bahwa selain memajukan usaha mereka di pasar lokal, Egogo bisa membuatnya naik kelas ke level internasional dengan cara memasarkannya ke enam negara di mana cabang Egogo berada,” tegas Benny.

Benny memastikan, akan ada harga penawaran khusus bagi UMKM yang ingin melakukan kontrak kerjasama selama even berlangsung. Even tersebut kabarnya akan digelar dalam waktu dekat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top