Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Perkuat Kanal Digital

Marketing – Di era digital, semua dapat dilakukan melalui smartphone, termasuk membeli, menyewa, atau lelang mobil. Pembenahan apa saja yang dilakukan perusahaan yang menjadi bagian dari Astra International ini?

TRAC-Astra Rent a Car

Ki-ka: Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur IBID-Balai Lelang Serasi; Hadi Winarto, Direktur SERA dan TRAC-Astra Rent a Car; Edy Gunawan, Direktur SERA; Firman Yosafat Siregar, Presiden Direktur SERA; Yudas Tadeus, Direktur SERA; Halomoan Fischer, Presiden Direktur mobil88. (Foto: Istimewa)

Serius menggarap pasar B2C dan memberi customer experiences, sepertinya menjadi dua kata kunci bagi perusahaan yang ingin sukses di era digital. Betapa tidak, di satu sisi konsumen akhir (end users) ingin memiliki akses langsung ke perusahaan lewat teknologi; di sisi lain, mereka juga ingin menikmati pengalaman menyenangkan menggunakan kanal digital perusahaan.

Guna menjawab tantangan tersebut, PT Serasi Autoraya (SERA) melakukan transformasi bisnis digital dengan meluncurkan produk digital terbaru, yaitu mobil88 e-store, TRAC to Go, dan IBID Live Auction.

Kehadiran aplikasi dan pembaruan website yang dilakukan SERA diharapkan akan semakin memudahkan transaksi jual-beli, sewa, dan lelang kendaraan, sehingga membantu mobilitas pelanggan, terutama menjelang momen Lebaran dan libur anak sekolah.

Firman Yosafat Siregar, Presiden Direktur SERA, mengatakan inovasi yang dilakukan SERA Group merupakan respons perusahaan pada tren konsumen saat ini yang lebih mengutamakan akses informasi dan transaksi secara online menggunakan smartphone. “Kami ingin memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan lewat fitur-fitur terbaru yang memudahkan mereka kapan pun dan di mana pun mereka berada,” tutur dia.

Dengan mobil88 e-store, customer tidak lagi mesti datang ke showroom jika ingin membeli mobil. Cukup mengakses website atau mobile apps mobil88. Dari request booking online untuk booked kendaraan, layanan test drive mobil, sampai dengan transaksi pembelian secara langsung. Opsi pembayaran pun beragam, dari transaksi pembayaran secara penuh, pembelian secara kredit, ataupun pembayaran booking fee saja.

Halomoan Fischer, Presiden Direktur mobil88, menjelaskan kualitas mobkas (mobil bekas) yang dijual di mobil88 tidak perlu diragukan lagi. Calon pembeli juga akan dimanjakan dengan pilihan mobkas yang lebih beragam. ”Kami memberikan layanan terbaik, ada banyak mitra seperti rekanan pembiayaan,” ujarnya saat buka puasa bersama jurnalis beberapa waktu lalu.

Mengenai kelebihan lain mobil88 e-store, Halomoan mengatakan calon pembeli dapat menikmati foto-foto interior mobkas yang dijual di website dan mobile apps dalam tampilan 360 derajat. “Di fitur e-store mereka merasakan seakan-akan ada di dalam showroom, seakan-akan mobil di depan kita,” imbuh dia.

Adapun fitur lain yang melengkapi kanal digital mobil88 antara lain kalkulator kelayakan kredit untuk menghitung simulasi kredit dan mengetahui kelayakan pengajuan kredit, fitur banding mobil, menyimpan favorit, serta tampilan foto mobil yang komprehensif mulai dari eksterior, interior, dan mesin.

Melalui mobil88, pelanggan bisa mendapatkan layanan buyback guarantee, real-time stock, dan jaminan produk yang berkualitas. Lewat TRAC Fleet Management solution, pelanggan juga dapat menikmati akses mudah, jaringan luas, jaminan keamanan, dan kenyamanan untuk kebutuhan transportasi perusahaan.

Menjawab kebutuhan masyarakat dalam menyewa kendaraan, baik untuk keperluan bisnis ataupun berlibur, SERRA menghadirkan TRAC to Go sebagai aplikasi untuk sewa mobil, sewa bus, dan airport transfer. Pelanggan dapat menikmati sewa mobil dan airport transfer dengan jangka pemesanan sebelum 12 jam waktu penjemputan di berbagai wilayah di Indonesia dengan beragam pilihan dan tipe mobil.

Alternatif sewa mobil dengan atau tanpa pengemudi pun tersedia. Sedangkan untuk layanan sewa bus, tersedia varian bus yang beragam, dari bus kecil 13 kursi sampai dengan bus besar berkapasitas 59 kursi.

Hadi Winarto, Direktur SERA dan TRAC-Astra Rent a Car, menjelaskan TRAC to Go menyasar segmen traveler atau wisatawan. Berbeda dari sebelumnya, stok mobil di kanal TRAC to Go bersifat real-time sehingga menjamin kepastian bagi penyewa. “Kepastian sewa lebih tinggi, karena stok tersedia secara real-time di kota mana saja. Bisa langsung pembayaran, status pembayaran kelihatan, dan ada live chat 24 jam,” jelasnya.

Keunggulan lain menyewa mobil melalui TRAC to Go, standar perawatan mobil sesuai dengan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dan pengemudi yang sopan. Jika penyewa ingin mengemudikan sendiri, mereka disyaratkan mengantongi SIM A. “Kami masuk B2C, karena kami sudah pastikan keamanan di mobilnya dan didukung dengan teknologi digital,” terang Hadi.

Selain itu, TRAC-Astra Rent a Car juga memberikan jaminan proteksi dan layanan prima, serta layanan pelanggan 24/7 untuk penyewa kendaraan individu. Di IBID-Balai Lelang Serasi, pelanggan dapat menikmati layanan lelang dengan frekuensi yang lebih dari 50 kali per bulan, jaringan lelang di lebih dari 30 kota dengan 3 pilihan opsi lelang (onsite, online, live auction), serta jaminan keamanan dari proses lelang yang transparan.

Sementara, IBID Live Auction yang merupakan inovasi dan pembaruan pada sistem dan metode lelang di IBID, memungkinkan para peserta lelang untuk melakukan lelang secara online dan real-time dari mana saja tanpa harus ada di lokasi lelang.

Fitur-fitur lain di website dan aplikasi IBID ini antara lain: fitur beli Nomor Peserta Lelang (NPL) secara online, real-time notification/tracking transaction process, membandingkan beberapa mobil sekaligus, menyimpan favorit, dan melihat tampilan foto 360 derajat untuk bagian interior mobil.

“Kami berharap aplikasi dan tampilan baru website kami bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan transportasi serta pembelian kendaraan seken dengan lebih nyaman, mudah, cepat, dan aman,” ujar Firman.

Tony Burhanudin

MM.06.2019/W

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top