Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Perilaku Pengguna dan Langkah Strategis Halodoc di 2021

halodocGenap setahun pandemi di Indonesia, Halodoc memaparkan perilaku pengguna di 2020 dan langkah strategis tahun ini

Marketing.co.id – Berita Digital | Tepat satu tahun pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia, banyak kebiasaan dan gaya hidup masyarakat yang berubah, termasuk pada bidang kesehatan. Seiring dengan perubahan ini, pemanfaatan tech-health lantas mengalami peningkatan signifikan.

Tercatat, pengunduh aplikasi Halodoc meningkat 2x diikuti pertumbuhan signifikan di berbagai layanan selama tahun 2020. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, transaksi layanan konsultasi dokter berbayar meningkat hingga hampir 10x lipat, disusul peningkatan hingga 6x dari layanan Toko Kesehatan, serta pertumbuhan layanan Buat Janji yang mencapai 3x.

Baca Juga: Halodoc Utamakan Akses Layanan Kesehatan

Jonathan Sudharta, CEO & Cofounder Halodoc mengatakan, pertumbuhan positif di tahun 2020 tidak lepas dari keandalan ekosistem teknologi Halodoc dalam menjembatani kebutuhan masyarakat. Selain itu, kolaborasi lintas sektor dan dukungan pemerintah juga membuat Halodoc semakin optimis menciptakan dampak sosial positif yang lebih luas lagi melalui berbagai inovasi yang akan terus dikembangkan di tahun 2021.

2020 Jadi Tahun Penuh Kejutan dan Inovasi

Tahun 2020 merupakan tahun penuh tantangan, namun Halodoc terus konsisten dalam berinovasi. Terdapat puluhan inovasi yang diluncurkan selama pandemi berlangsung, salah satunya adalah pelopor penyedia layanan Tes COVID-19 Drive Thru.

Diluncurkan pertama kali pada April 2020 di Kemayoran dengan menawarkan tes COVID-19 rapid antibodi, kini layanan telah ada di 20 lokasi yang tersebar di 11 kota dan menawarkan berbagai jenis tes COVID-19 seperti swab antigen, PCR, dan rapid antibodi. Hingga Februari 2021, layanan ini telah memfasilitasi lebih dari 600.000 tes COVID-19 dengan swab antigen paling diminati masyarakat kendati kemunculannya terbilang paling akhir dibanding tiga jenis tes COVID-19 lainnya (rapid antibodi, PCR, serologi).

Baca Juga: Pentingnya Kesehtan Fisik dan Mental agar Terhindar Infeski Virus Corona

“Hal menarik lain yang juga kami amati adalah proporsi pengguna Halodoc yang didominasi perempuan serta perbedaan perilaku antara pengguna laki-laki dan perempuan dalam memanfaatkan layanan di platform kami. Yang juga unik saat melihat data yang kami miliki adalah bagaimana pengguna laki-laki juga memanfaatkan layanan Chat Dokter untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak. Dominasi perempuan ini yang juga yang mendasari kami mengeluarkan banyak fitur yang fokus kepada perempuan,” ungkap Dionisius Nathaniel, Chief Marketing Officer Halodoc.

Layanan lain yang juga mendapatkan sambutan sangat baik adalah Kesehatan Jiwa di mana berhasil meraih posisi layanan paling banyak digunakan kelima selama 2020 walaupun baru diluncurkan pada Juni 2020. Sebagai platform penyedia akses layanan kesehatan paling lengkap, Halodoc juga turut ikut andil dalam mempermudah akses layanan kesehatan bagi hewan peliharan.

Sejak peluncuran layanan Kesehatan Hewan pada akhir Oktober, layanan ini telah mendapatkan animo tinggi dari masyarakat dengan jumlah ribuan konsultasi di bulan pertama. Masyarakat Indonesia juga senantiasa hidup dengan lebih sehat dengan kunjungan ke artikel kesehatan Halodoc menunjukan peningkatan hingga 2x serta mengonsumsi lebih banyak suplemen/ vitamin dengan pertumbuhan pembelian kategori ini mencapai 4x.

Tunjuk Anggota  Board of Advisor Baru Sebagai Langkah Strategis di 2021

Sebagai bagian dari langkah strategis di 2021, Jonathan mengumumkan penunjukan Aldi Haryopratomo sebagai bagian dari Board of Advisor Halodoc. Sebelumnya, Aldi merupakan CEO GoPay dan pendiri Mapan.

“Saya sudah mengenal Aldi semenjak remaja. Dari pertama kali saya mulai mengerjakan Halodoc empat tahun lalu, ia menjadi salah satu partner diskusi secara rutin yang banyak memberikan masukan. Di tengah pemanfaatan tech-health yang terus berkembang, saran dan masukan strategis dari seorang Aldi dengan pengalaman kepemimpinannya akan membawa nilai tambah tersendiri. Bergabungnya Aldi sebagai bagian keluarga besar Halodoc akan memperkuat misi Halodoc dalam menjembatani akses kesehatan bagi lebih banyak masyarakat Indonesia,” tambah Jonathan.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak

Aldi turut mengungkapkan harapannya terhadap Halodoc. “Saya masih ingat sewaktu Jon dan saya membicarakan tentang strategi fundraising dan pengembangan produk saat Halodoc baru berdiri. Sejak awal sudah terlihat bahwa tim Halodoc punya potensi dan mimpi besar. Kini Halodoc sudah menjadi aplikasi tech health yang paling lengkap di Indonesia. Saya yakin bahwa bersama-sama kita dapat memberikan akses layanan kesehatan yang semakin mudah dan terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutup Aldi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top