Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Dunia Riset

Perbedaan Pengguna Tablet dan Smartphone

Perbedaan Pengguna Tablet dan SmartphonePengguna smartphone dan tablet mempunyai kesukaan yang unik dan pemasar mobile bisa memanfaatkan mereka untuk menciptakan kampanye yang lebih baik.

Semua perangkat mobile tidak diciptakan sama, termasuk ukuran layar. Sebuah laporan baru dari Forrester Research yang dilansir oleh Yahoo! membagi wawasan tentang perbedaan kebiasaan dan preferensi pengguna tablet dan smartphone. Para pemasar bisa menggunakan informasi ini untuk menyusun kampanye khusus untuk perangkat spesifik untuk hasil yang baik.

Berikut sorotan dari hasil studi:

  • Tablet lebih banyak digunakan saat di rumah untuk mengakses media, online shopping, dan dilihat bersamaan dengan TV.
  • Tablet adalah perangkat tipis. Oleh karena itu, sebanyak 67% pengguna tablet menggunakannya di ruang tamu dan 57% di kamar tidur.
  • Smartphone digunakan saat di perjalanan dan di rumah untuk komunikasi, pencarian konten, dan aplikasi.
  • Smartphone cenderung merupakan perangkat ‘tipe A’, yaitu digunakan untuk menyelesaikan tugas spesifik. Contohnya, studi menemukan 75% konsumen mobile menggunakan smartphone saat berbelanja di gerai dan hanya 8% yang menggunakan tablet.

Apa artinya data tersebut bagi pemasar? Studi menawarkan rekomendasi yang mencakup:

Ciptakan pengalaman konten yang mendalam bagi pengguna tablet: Pengguna table lebih reseptif untuk menemukan konten pada aplikasi kaya konten seperti Flipboard. Menambahkan video dan tutorial untuk aplikasi tablet atau situs teroptimasi tablet juga membantu keterlibatan pengguna.

Jagalah agar kampanye di smartphone  tetap sederhana: Pengguna ponsel cerdas mencari kenyamanan dan cara yang sederhana untuk menyelesaikan tugas. Pemasar harus ingat bahwa pengguna akan frustasi jika mereka berurusan dengan multiple screens dan banyaknya tahap untuk mendapatkan yang mereka mau.

Gunakan kampanye pemasaran mesin pencari pada tablet: pencarian iklan berbayar pada tablet mendorong rata-rata konversi semakin tinggi dibanding dengan iklan di PC dan ponsel cerdas. Rata-rata konversi tablet meningkat 31% di tahun 2012.

Nah, semoga hasil studi dan rekomendasi bisa menyelesaikan permasalahan pemasaran terkait perangkat mobile yang kini sedang dihadapi para pemasar.

 

Sumber: advertising.yahoo.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top