Peran Digitalisasi dalam Memperkuat Akses Investasi Milenial dan Gen Z

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Digitalisasi telah mengubah cara generasi muda berinteraksi dengan dunia investasi. Media sosial dan aplikasi menjadi sumber utama. Data terbaru Kustodian Sentral Efek Indonesia menunjukkan hampir 80% investor pasar modal Indonesia berasal dari Milenial dan Gen Z. Angka tersebut menunjukkan besarnya potensi di segmen ini.

Informasi tersebut didukung oleh data informasi dari Bursa Efek Indonesia dengan pencapaian pasar modal Indonesia yang terus menunjukkan pertumbuhan signifikan. Sepanjang 2024 hingga 9 Agustus, rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) mencapai Rp11,8 triliun, mencerminkan tingginya minat dan aktivitas investor muda.

Solusi untuk Generasi Muda di Tengah Tantangan Investasi

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investor pasar modal di Indonesia didominasi oleh generasi muda dengan 55,07% investor berasal dari usia di bawah 30 tahun. Kelompok usia 31–40 tahun menyumbang 24,27%, diikuti usia 41–50 tahun sebesar 11,96%, usia 51–60 tahun sebesar 5,72%, dan usia di atas 60 tahun sebesar 2,98%.

Meski demikian, generasi Milenial dan Gen Z masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya akses ke informasi edukasi berkualitas, minimnya pengetahuan dasar tentang investasi, serta skeptisisme terhadap teknologi digital.

Menjawab tantangan ini, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) menghadirkan aplikasi BRIGHTS yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan investor muda. Dengan konsep fun & easy, BRIGHTS membuka peluang investasi yang inklusif dan memungkinkan generasi muda, baik pemula maupun berpengalaman, untuk memulai perjalanan investasi dengan percaya diri.

Direktur Retail & Information Technology BRI Danareksa Sekuritas Fifi Virgantria menjelaskan bahwa generasi muda, khususnya Millennial dan Gen Z, semakin sadar akan pentingnya investasi untuk masa depan, dan mulai beralih dari menabung konvensional ke instrumen investasi seperti saham, reksa dana, dan obligasi. Dengan BRIGHTS, BRI Danareksa Sekuritas memudahkan kalangan muda memulai perjalanan investasinya dengan percaya diri.

“Strategi digital marketing kami berfokus pada memahami kebutuhan mereka, menghadirkan solusi inovatif, dan meluncurkan program edukasi yang berdampak. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperluas akses investasi yang inklusif dan relevan bagi generasi muda,” katanya.

Kampanye Pemasaran Digital yang Inovatif dan Mendorong Perubahan

Kampanye digital BRI Danareksa Sekuritas dalam mengenalkan aplikasi investasi BRIGHTS telah melalui berbagai tahapan, dengan fokus pada dampak positif untuk investor ritel dan komunitas, termasuk melalui media sosial dan Telegram untuk memberikan edukasi mengenai literasi keuangan, serta membangun komunitas investor.

Keberhasilan BRI Danareksa Sekuritas dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan secara berkelanjutan, serta penguatan platform online dan literasi keuangan, diakui dengan diraihnya beberapa penghargaan.

Data internal BRI Danareksa Sekuritas menunjukkan peningkatan signifikan pada jumlah nasabah dan investor muda, dengan lebih dari 100.000 investor baru, dan kontribusi investor muda (Gen Z dan millennial) meningkat dari tahun ke tahun. Komunitas-komunitas investasi seperti Sahamology, Ngerti Saham, Investasi Jalanan, dan lainnya telah dijangkau melalui berbagai inisiatif edukasi untuk meningkatkan literasi keuangan dan mendorong partisipasi mereka dalam pasar modal.

Pendekatan digital yang mudah diakses melalui platform BRIGHTS memungkinkan investor muda untuk berinvestasi dan mengelola keuangan mereka dengan cerdas, membuka peluang lebih besar untuk pertumbuhan inklusi investasi di kalangan generasi muda.

Komitmen Jangka Panjang dan Ajakan Bagi Generasi Muda untuk Bertumbuh Bersama

Direktur Utama Danareksa Sekuritas Laksono Widodo turut mengatakan bahwa BRIGHTS, sebagai bagian dari inovasi di pasar modal, memberikan akses yang lebih mudah bagi generasi muda untuk memulai perjalanan investasi mereka. Sebagai bagian dari rencana digital marketing jangka panjang, BRI Danareksa Sekuritas menargetkan menjangkau 1 juta nasabah baru, yang tidak hanya memperluas inklusi keuangan, tetapi juga mendukung peran aktif investor muda dalam memperkuat pasar modal Indonesia secara keseluruhan. Inovasi dan edukasi yang dihadirkan melalui BRIGHTS berperan penting dalam meminimalkan risiko investasi dan membantu generasi muda membuat keputusan finansial yang lebih bijak.”

Sebagai bagian dari komitmennya, BRI Danareksa Sekuritas juga turut aktif dalam Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang diinisiasi OJK. Program nasional ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here