Dunia Digital

Pentingnya Keamanan Website dalam Bisnis

Marketing – Menurut artikel Forbes, banyak pemilik bisnis mengabaikan keamanan karena dinilai terlalu mahal, merepotkan, dan tidak memberikan keuntungan apapun. Ketika bisnis terus berprinsip seperti ini, maka tidak hanya bisnis yang dirugikan tetapi keamanan data pengunjung website juga menjadi taruhannya.

Menanggapi hal ini, Niagahoster bekerja sama dengan Sectigo dan WebNic secara fokus membahas isu keamanan pada website. Dalam konferensi bertajuk WebSight Conference 2020 ini menghadirkan praktisi dan pakar website security dari Niagahoster, Tiket.com, Webnic, dan firma website security ITSEC Asia.

Adapun salah satu cara sederhana membuat laman website terenkripsi adalah dengan meng-install security socket layer atau SSL. Teknologi SSL mengamankan proses transportasi pengiriman data antara web server dengan web browser (klien) dan pertukaran data antara server dengan server. Dengan meng-install sertifikat SSL, pemilik website telah mengamankan transaksi dan data-data di dalam website – seperti nomor kartu kredit, alamat rumah, nomor handphone, dan password.

Tak hanya itu, berdasarkan data Google menyebutkan bahwa 53% pengguna smartphone akan meninggalkan sebuah website bila website tidak tertampil selama lebih dari 3 detik. Penggunaan SSL ini juga dapat mempercepat loading website. SSL adalah teknologi sederhana yang dapat diterapkan oleh para developers dan pemilik bisnis. Teknologi ini merupakan pengamanan lapis yang direkomendasikan dan memastikan situs website tidak “terendus” / snif ing oleh gangguan virus malware hingga hacker.

Mendorong Pemilik Bisnis dan Developers
Upaya agar semua orang dapat mengakses situs yang aman tidak hanya wajib dilakukan oleh pemilik website saja, tetapi juga oleh masyarakat luas. Perusahaan registrar domain dan penyedia layanan website security, WebNIC mendorong semua orang lebih sadar pada setiap laman URL yang diakses di internet.

Adi Setyawan, Country Manager WebNIC Indonesia mengatakan, aat ini semua orang bergantung dengan internet. Orang dengan mudah  login ke public wifi, tanpa mengetahui sedang memberikan data pribadi (saat melakukan aktivitas tersebut). Bila tidak waspada pada situs yang diakses, maka data-data pribadi tersebut ada dalam ancaman juga.

“Mengembangkan situs ber-HTTPS juga menjadi nilai tambah bagi bisnis, karena label “secure” akan membuat bisnis lebih kredibel secara online. Keamanan ini akan membuat kepercayaan konsumen untuk meng-input data, hingga melakukan transaksi jauh lebih besar,” kata dia.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top