Penjualan iPhone Tersendat, Android Tumbuh Subur

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

marketing.co.id- Sebuah laporan terbaru dari NPD menunjukkan, angka penjualan iPhone di beberapa wilayah Eropa tidak begitu bagus.

Seperti di Yunani misalnya, di Negara yang sedang dalam krisis ini, iPhone hanya mampu meraih pangsa pasar 5 persen. Sementara di Portugal Apple dengan iPhone-nya hanya mampu menguasai 9 persen pangsa pasar yang ada.

Tidak signifikannya penjualan iPhone di kedua Negara tersebut dikarenakan iPhone dijual tanpa subsidi operator (kontrak). Sehingga harga iPhone menjadi mahal sekitar 680 dolar untuk yang 8GB.

Hal ini berbanding terbalik dengan handset Android. Di wilayah ini, penjualan perangkat Android  tumbuh subur dan berhasil meraih 60 persen pangsa pasar.

Keberhasilan Android meraih pasar yang ada  dikarenakan harganya yang lebih murah sekitar 106 dolar. Bahkan harga Samsung Galaxy masih lebih murah dari harga iPhone yang paling murah.

Memang, di Amerika dan Inggris Apple mampu menguasai pasar. Namun keberhasilan Apple di kedua negara tersebut karena berbagai operator disana memberikan subsidi pada awal pembelian iphone. Hal inilah yang mengakibatkan laporan finansial yang kurang bagus dari operator di kuartal keempat tahun 2011 lalu.

PhoneArena|Cecep. S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here