Marketing.co.id – Penjualan mobil Astra International (AI) Tbk melalui anak perusahaannya, PT Astra Daihatsu Motor dan PT Toyota Astra Motor mengalami penuruan di bulan November 2011, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Demikian berita yang dilansir dari Antara.
Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil Daihatsu merosot 20,3 persen, dari 12,932 unit menjadi 10,312. Penurunan Toyota lebih tinggi lagi, yakni 32,6 persen, dari 22,642 unit menjadi 15,265.
Meski mengalami penurunan penjualan di bulan November, AI dilaporkan masih menguasai 53,8 persen penjualan mobil nasional. Selama Januari – November 201 penjualan mobil di Indonesia mencapai angka 813.856 unit, dan AI berhasil menjual 438.111 unit.
Gaikindo mencatat penjualan mobil dari Januari hingga November 2011 meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang hanya mencapai 694,649 unit.
AI membukukan laba bersih konsolidasi Rp 13,44 triliun pada kuartal ketiga tahun ini, meningkat 29,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni 10,36 triliun.
Lonjakan laba bersih AI sebagai akibat dari meningkatkanya revenue perusahaan, dimana pendapatan AI dilaporkan meningkat 27 persen, dari Rp 94,4 triliun menjadi Rp 119.5 triliun.