Pengukuran Tujuan Media Sosial

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

People contact network

Anda tahu bahwa Anda perlu berada di platform media sosial untuk memasarkan bisnis atau personal brand Anda. Social media marketing membutuhkan investasi waktu, dan Anda tentunya ingin memastikan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Media sosial dapat membantu memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar.

Pertama dan yang paling utama adalah apa tujuan Anda di media sosial? Mencoba meningkatkan kesadaran merek? Meningkatkan penjualan? Meningkatkan layanan pelanggan, atau hanya membangun traffic ke situs web Anda?

Apapun tujuannya, media sosial hadir untuk membantu Anda memantau dan mengukur hasil. Berikut beberapa di antaranya:

Mengarahkan lalu lintas (traffic) dan menciptakan penjualan

Jika Anda ingin melihat berapa banyak jumlah traffic dari kampanye media sosial yang dihasilkan dan bagaimana orang menemukan Anda, Google Analytics adalah alat yang sesuai untuk Anda.

Buatlah penawaran atau informasi khusus melalui situs dan hanya dapat diakses melalui link yang dibagi di media sosial untuk melacak respon, atau periksa “sumber lalu lintas” untuk melihat posting mana yang paling populer dengan pengikut media sosial Anda.

Di tambah lagi, Google Analytics dapat membantu melacak “konversi” jika Anda mencoba mendorong pembelian.

Meningkatkan kesadaran dan pengaruh merek

Daftar dengan Klout atau PeerIndex, dan Anda akan mendapatkan ide yang baik. Kedua situs tersebut menunjukkan seberapa baik Anda memengaruhi orang lain, dan seberapa luas “jangkauan” Anda.

Peringatan: Jika terobsesi dengan skor Klout Anda bisa kecanduan. Sesuatu yang sederhana seperti menonaktifkan Twitter bisa memengaruhi peringkat Anda. Jangan membiarkan diri Anda “gila”, tapi pastikan  Anda bergerak ke arah yang benar.

Mendengarkan percakapan

Sama halnya seperti di dunia nyata, terkadang mendengarkan lebih berharga ketimbang berbicara. Ketika orang membicarakan Anda, memiliki alat-alat yang dapat menemukan percakapan orang merupakan hal yang bagus. Lebih lengkap lagi jika memungkinkan Anda menyapa dan mendengarkan merupakan hal yang bagus.

Layanan seperti Social Mention dan Google Alert akan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda ketika merek, atau kampanye Anda telah disebutkan dalam media sosial atau mainstream.

Anda juga dapat membuat peringatan untuk setiap istilah yang diinginkan, bahkan Anda dapat melacak apa yang pesaing lakukan yang mungkin berbicara tentang hal yang sama dengan topik Anda.

Alat-alat baru terus diluncurkan, masing-masing dimaksudkan untuk memberikan ide yang lebih baik dari apa yang Anda lakukan. Apakah yang Anda lakukan itu benar atau salah.