Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Penggunaan Payroll Application Pada Perusahaan, Apa Keuntungannya?

Penggunaan Payroll Application Pada Perusahaan, Apa Keuntungannya?Marketing.co.id – Berita Marketing | Terlepas dari jenis pekerjaan yang ada di perusahaan, pengelolaan penggajian karyawan oleh HRD menjadi hal paling sering diperbincangkan. Bagaimana tidak, gaji merupakan komponen paling banyak diminati karyawan ketika bekerja. Itulah mengapa, sistem penggajian di perusahaan menjadi hal yang paling krusial dibandingkan dengan hal lainnya.

Untuk mendukung kemudahan proses sistem penggajian, para pelaku bisnis dewasa ini lebih memilih menggunakan aplikasi berbasis penggajian yang sering dikenal dengan Payroll Application. Payroll Application pada umumnya memiliki berbagai jenis dan kebutuhan yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Semakin variatif fiturnya maka akan membuat pekerjaan pengelolaan penggajian lebih tertata.

Namun, semakin variatif fitur-fitur yang ditawarkan  sebuah Payroll Application tentunya didapatkan dengan harga yang sepadan. Hal itu tentunya berhubungan erat dengan biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan.

Memilih Payroll Application

Memilih Payroll Application terkadang bisa menjadi sangat sulit dilakukan. Mengingat banyak pilihan di pasaran dengan fitur yang sekilas hampir sama antara satu vendor dengan yang lainnya, memutuskan penggunaan aplikasi menjadi tidak mudah. Jika dilihat, hampir semua platform penyedia layanan Payroll Application menawarkan proses cepat dan tepat. Kenyataannya, perusahaan tidak hanya membutuhkan kecepatan hasil tanpa umpan balik yang berarti.

Pentingnya penggunaan payroll application juga sebaiknya diimbangi dengan product knowledge sharing yang tepat dan mudah dipahami karyawan. Jika salah memilih, tentunya hanya akan menghambat kinerja karyawan, kan?

Itulah mengapa, para pelaku bisnis harus lebih cermat dalam melakukan pemilihan platform berbasis Payroll Application. Lalu, bagaimana cara memilih Payroll Application yang tepat? Mari kita lihat beberapa tips berikut.

1.   Pastikan Hak Karyawan Terpenuhi

Dalam sistem penggajian tentunya yang perlu diperhatikan paling dasar yaitu tentang hak karyawan. Setelah yakin bahwa sebuah payroll application mampu memberikan jawaban atas terpenuhinya hak karyawan, maka tidak ada salahnya mencoba aplikasi tersebut.

Hak karyawan yang paling dasar saat melakukan proses penggajian tentu saja tidak terlepas dari gaji pokok dan tunjangan lainnya. Terlebih lagi kaitannya dengan over time, cuti, dan reimbursement yang juga tidak bisa dipisahkan dari unsur-unsur dasar hak karyawan. Ketika hak-hak dasar karyawan terpenuhi maka hal yang signifikan terhadap kinerja dan produktivitas karyawan pun meningkat.

2.   Kebutuhan yang Tepat Guna

Seringkali penyedia layanan Payroll Application menyediakan berbagai fitur canggih di dalamnya. Mereka menawarkan paket spesial yang mengharuskan perusahaan membeli paket tersebut dikarenakan telah bergabung dengan fitur yang diminati. Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Biasanya layanan penyedia aplikasi penggajian memberikan layanan konsultasi dan demo. Saat-saat seperti ini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan kebutuhan Payroll Application yang tepat guna. Harga yang mahal dan fitur yang banyak pada sebuah Payroll Application belum tentu memberikan jawaban yang tepat bagi perusahaan. Untuk itu diperlukan survei mendalam sebelum memutuskan untuk memilih vendor yang tepat guna bagi perusahaan dan karyawan.

3.   Sesuaikan Budget

Biaya operasional menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat akan memilih Payroll Application. Biasanya di suatu perusahaan telah memiliki patokan pengeluaran biaya operasional untuk peralatan yang mendukung kinerja karyawan. Untuk itulah  diperlukan budget yang memadai dalam mendukung pemilihan Payroll Application. Mengingat penggunaan aplikasi penggajian yang lebih penting dibandingkan sistem manual, maka hal tersebut diperlukan adanya.

Penggunaan Payroll Application tentunya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja dan produktivitas karyawan. Akan lebih baik lagi jika perusahaan memberikan budget khusus untuk mendukung pembaruan yang terdapat pada Payroll Application yang telah dipilih.

4.   Dikelola Sendiri atau Agen

Pada kenyataannya, meskipun telah memiliki aplikasi penggajian yang mumpuni, penggunaannya terkadang tidak mudah. HRD yang berperan sebagai tombak utama pelaku pengelola gaji terkadang juga masih kewalahan menghadapi keluhan karyawan apabila terjadi error sistem.

Itulah mengapa beberapa perusahaan memilih menggunakan payroll agency dibandingkan dengan memanfaatkan HRD mereka. Hal tersebut memang sah-sah saja dilakukan karena penggunaannya memiliki berbagai keuntungan dan kelemahan tersendiri. Namun, dalam pelaksanaannya tentu saja kembali lagi dengan tujuan perusahaan yang terintegrasi dengan harapan karyawan demi terciptanya keharmonisan antara karyawan dan perusahaan.

5.   Tanggung Jawab Vendor

Memilih aplikasi penggajian tentu saja tidak terlepas dari vendor yang akan dipilih perusahaan. Vendor yang baik akan memiliki kriteria yang mampu mendukung visi dan misi perusahaan. Misalnya saja, vendor fast respon ketika tiba-tiba payroll application down. Kemudian vendor juga membantu menemukan solusi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pemakaian.

Vendor yang baik dan bertanggung jawab tidak hanya akan membantu perusahaan mengembangkan potensi yang mereka miliki melalui Payroll Application yang mereka tawarkan. Vendor juga akan mampu memberikan umpan balik yang baik dalam perjalanannya menuju proses penggajian karyawan yang sukses. Terlebih lagi, dengan adanya kerjasama yang terjalin tentunya memberikan dampak komunikasi yang baik antara vendor dan perusahaan.

Dengan mengetahui beberapa tips di atas, diharapkan para pelaku bisnis tidak melakukan kesalahan dalam mengambil langkah penggunaan Payroll Application.

Rekomendasi Payroll Application

Nah, setelah mengetahui bagaimana memilih Payroll Application yang baik, sekarang saatnya menentukan platform penyedia layanan yang menawarkan fitur tersebut. Mengingat begitu banyak platform yang tersedia di pasaran, memilih satu dari sekian ribu aplikasi akan memberikan tantangan tersendiri.

Dengan tetap memperhatikan kepentingan perusahaan dan berbagai hal yang mendukungnya, pemilihan Payroll Application tetaplah membutuhkan beberapa rekomendasi dari pihak yang telah berpengalaman di bidangnya. Berikut beberapa rekomendasi Payroll Application yang populer di kalangan pelaku bisnis.

1.   Talenta by Mekari

Talenta by Mekari merupakan salah satu penyedia layanan Payroll Application yang cukup populer. Aplikasi ini mengandalkan sistem HRIS berbasis online yang terintegrasi secara menyeluruh terhadap pengelolaan payroll. Aplikasi ini menawarkan fitur yang lengkap pada payroll application mereka yang telah disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Tidak hanya akan memudahkan pekerjaan HRD dalam menyelesaikan proses penggajian, tetapi juga membantu karyawan dalam memonitor kinerja mereka.

Talenta by Mekari juga menawarkan trial dan demo yang sangat menarik untuk dicoba. Tidak hanya mampu memberikan kemudahan, namun juga memberikan peluang-peluang baru dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Talenta by Mekari berisi fitur mencakup gaji, hingga perhitungan PPh 21 dan layanan kesehatan lainnya. Dengan fitur yang begitu variatif, mereka menawarkan harga yang cukup signifikan.

2.   Quickbooks Payroll

Quickbooks Payroll merupakan aplikasi berbasis sistem penggajian yang telah terintegrasi dengan sistem HRIS. Dengan demikian, tak perlu khawatir lagi akan keunggulannya. Aplikasi ini lebih mengedepankan pada karyawan dengan jumlah sedikit. Fitur dan harga yang ditawarkan juga sangat beragam disesuaikan dengan performa yang ada. Bahkan, aplikasi ini bisa dibilang memiliki harga yang murah namun tetap memberikan fitur yang sempurna dalam proses penggajian. Meskipun Quickbooks Payroll lebih berfokus pada usaha kecil dan menengah, bukan berarti mereka memiliki keterbatasan fitur penggajian. Sistem payroll yang ditawarkan platform ini bisa dikatakan lebih sederhana dengan hasil yang optimal.

3.   Square Payroll

Penyedia usaha bisnis berbasis food and drink memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dalam hal penggajian. Selain itu, mereka juga memiliki banyak pekerja paruh waktu yang membutuhkan penggajian dalam waktu singkat dan cepat. Itulah mengapa, Square Payroll sangat cocok bagi pemilik usaha kuliner.

Tingginya minat pekerja paruh waktu di bidang kuliner, membuat perusahaan membutuhkan sistem penggajian karyawan yang cepat dan akurat. Dibekali sistem kalkulasi pembayaran perjam membuat platform ini lebih unggul di kelasnya. Square Payroll menghadirkan berbagai fitur termasuk kemudahan akses melalui smartphone berdasarkan penyimpanan sistem cloud dan menggunakan sistem HRD yang tidak kalah keunggulannya dibandingkan dengan aplikasi payroll lainnya.

4.   Paychex

Paychex merupakan salah satu platform yang cukup populer dalam pengelolaan penggajian karyawan. Platform ini menawarkan sistem dan fitur yang lebih sederhana pada proses payroll. Aplikasi ini juga memiliki fleksibilitas proses penggajian yang terintegrasi dengan sistem HRIS. Mereka menawarkan perencanaan sistem HRD yang lebih mudah dipahami dalam membantu proses penggajian karyawan.

Paychex sangat tepat digunakan oleh UMKM. Usaha mikro dengan solo funding memungkinkan pelaku bisnis lebih membutuhkan mobilitas yang tinggi, namun tetap terjaga pola penggajian yang dilakukan. Itulah mengapa, Paychex banyak diminati para pelaku bisnis UMKM. Tidak hanya memberikan harga yang menarik, namun juga mengunggulkan berbagai fitur yang fleksibel.

Nah, itulah beberapa penjelasan terkait tips yang berguna sebelum memutuskan untuk menggunakan Payroll Application. Pada prinsipnya, pemilihan aplikasi penggajian tetap didasarkan pada kebutuhan perusahaan dan karyawan. Bagaimanapun juga, platform yang dipilih diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kenyamanan karyawan dalam menciptakan produktivitas mereka. Jadi, sudahkah Anda memutuskan untuk memilih platform Payroll Application sekarang?

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top