Pengguna Makin Dinamis, Google Ubah Logo dan Branding
Sejak 17 tahun yang lalu, Google telah banyak berubah – mulai dari produk hingga evolusi penampilan dan pengalaman saat kita menggunakannya. Mulai tanggal 1 September 2015, Google kembali mengubah beberapa bagian.
Dalam press release, Tamar Yehoshua Vice President Product Management Google menjelaskan alasan dibalik perubahan ini.
Menurutnya, dulu Google adalah satu destinasi yang diakses dari satu perangkat – PC atau desktop saja. Tapi sekarang, orang berinteraksi dengan Google dari berbagai platform, aplikasi dan berangkat – yang terkadang dilakukan secara bersamaan setiap harinya.
Tentunya, kondisi tersebut membuat Anda berharap agar Google dapat membantu kapan dan di mana saja Anda membutuhkannya, baik itu dari ponsel pintar, TV pintar, jam, dashboard, mobile, dan PC.
Oleh karena itu, Google membutuhkan bahasa visual baru yang dinamis, sesuai dengan perilaku pengguna masa kini di mana mereka mengakses Google dari berbagai layar – ponsel, tablet, jam, dan tentunya desktop. Bahasa visual ini akan diaplikasikan ke semua produk Google.
Seperti yang Anda lihat, Google mengubah logo dan branding – yang awalnya didesain untuk laman desktop – menjadi pengalaman komputasi tanpa batas yang bekerja antar perangkat dan beragam interaksi pengguna (misalnya lewat sentuhan, ketikan, dan suara).
Elemen baru seperti mic berwarna-warni akan membantu Anda mengidentifikasi dan berinteraksi dengan Google, baik ketika Anda sedang berbicara, mengetuk, atau mengetik.
“Perubahan ini tak hanya menandai kalau Anda tengah menggunakan Google, tapi juga menunjukkan kalau kami sedang bekerja untuk Anda,” katanya.
Bobby Nath, Director of User Experience Google menegaskan bahwa perubahan ini tidak ada hubungannya dengan perubahan alphabet yang dilakukan Google beberapa waktu lalu. Tapi ini adalah komitmen Google untuk terus berevolusi sesuai dengan kebutuhan dan perilaku pengguna saat menggunakan produk Google. “Tak hanya pengalaman memakai tapi juga desain,” tegasnya.
“Kami mengucapkan selamat tinggal kepada ikon “g” biru dan menggantinya dengan simbol yang sesuai dengan desain logo yang baru. Kami tetap mengambil yang terbaik dari Google (simpel, friendly, berwarna-warni), dan kembali memahatnya tak hanya untuk Google masa kini, tapi untuk Google masa depan,” ungkapnya.
Selain mengubah logo dan desain, rencananya Google juga akan membuat perubahan pada hasil pencarian agar terlihat lebih segar, dan juga mengubah desain kartu ‘Now’ sesuai konteks konten.
“Anda akan segera melihat desain baru ini diaplikasikan di berbagai produk-produk Google. Kami berharap Anda menikmatinya,” ungkapnya.
Editor: Putri Sekar