Marketing.co.id – Berita Financial Services | Dompet digital DANA terus menorehkan catatan positif dengan berhasil mencapai 100 juta pengguna di seluruh Indonesia. Capaian ini melanjutkan kinerja positif di 2021, dengan pertumbuhan jumlah pengguna sebesar 90% sekaligus menjadi milestone bagi perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada akhir 2018.
“Kami berterima kasih kepada seluruh pengguna yang telah memercayakan DANA sebagai dompet digital pilihannya. Pencapaian ini sekaligus menandakan makin besarnya penerimaan masyarakat terhadap teknologi keuangan dan dompet digital sebagai solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mulai dari hiburan hingga investasi jangka panjang,” kata Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA.
Vince menambahkan, sebagai jembatan bagi ekosistem ekonomi digital, dompet digital DANA terus berkomitmen mengakomodir beragam kebutuhan dan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan keinginannya. Baik itu dengan cara terus melakukan inovasi dan pembaruan fitur maupun melalui upaya-upaya kolaborataif dengan berbagai pihak, mulai dari industri hingga pemerintah daerah.
Di balik pencapaian 100 juta pengguna, berbagai manfaat dompet digital DANA telah dirasakan masyarakat sepanjang tahun 2021. Berdasarkan pantauan DANA, setiap hari terjadi rata-rata 7 juta transaksi yang tersebar di seluruh Indonesia. DANA juga melihat kini pengguna makin familiar dengan penggunaan QRIS, ada lebih dari 31 juta transaksi menggunakan QRIS di tahun lalu.
Dari segi dukungan terhadap UMKM, DANA secara akumulatif menggerakan lebih dari 400.000 UMKM yang makin percaya diri untuk berbisnis secara digital berkat verifikasi yang mudah. Dengan memanfaatkan DANA Bisnis, para pelaku UMKM berhasil menikmati lonjakakan transaksi hingga 35% dan terjadi 15 juta transaksi DANA Bisnis melalui QRIS. DANA juga menghadirkan fitur Katalog Produk yang memungkinkan pelaku usaha memajang daftar barang usahanya secara digital dan membagikannya ke calon pembeli. Kehadiran fitur ini sangat dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha yang terindikasi dengan adanya 5.000 katalog produk yang dibagikan sepanjang tahun lalu.
Berkat ekosistem terbuka dan online QR, DANA juga berhasil menggenapkan jumlah merchant online-nya menjadi 5.000 mitra. Sebabnya, DANA memungkinkan integrasi yang mudah bagi mitra dan pengguna dapat menerima pembayaran dari berbagai dompet digital.
Sementara dari sisi kemudahan bagi pengguna, hadirnya tambahan kolom ‘Favorit’ pada fitur Kirim Uang di tahun lalu ikut mempercepat proses pengiriman uang. Hingga akhir 2021, DANA mencatat ada lebih dari 350 juta total transaksi dengan menggunakan fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan.
Untuk menyempurnakan berbagai manfaat teknologi inovasi yang dihadirkan sepanjang tahun lalu, DANA terus melakukan edukasi berkelanjutan untuk pelaku usaha dan komunitas di berbagai daerah di tanah air lewat sejumlah inisiatifnya seperti DANA Academy, DANA Talk, dan lainnya.
Berdasarkan catatan DANA, selama tahun 2021, lebih dari 1.200 pelaku usaha dan komunitas telah mendapatkan edukasi mengenai keuangan digital dan merasakan kemudahan dompet digital DANA. Dengan demikian, pemanfaatan dompet digital dapat dirasakan menyeluruh dan mampu berkontribusi dalam percepatan inklusi keuangan digita
Pengguna Dompet Digital DANA Tembus 100 Juta
[Reading Time Estimation: 2 minutes]