Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Pencipta Tetikus Meninggal Dunia

Pencipta Tetikus Meninggal DuniaDouglas Engelbart, insinyur elektro visioner yang menemukan tetikus komputer beberapa dekade sebelum gelombang komputer pribadi masuk ke rumah dan tempat kerja, telah meninggal dunia di usia 88 tahun.

Ia meninggal pada 2 Juli kemarin di rumahnya di Atherton, California, berdasarkan informasi dari Standford Research Institute (SRI) International. New York Times melaporkan berdasarkan keterangan sang istri Karen O’Leary Engelbart bahwa suaminya meninggal karena gagal ginjal.

Engelbart bekerja di SRI dan menghasilkan 21 paten, Paten terakhir dengan nomor 3.541.541 diajukan pada tahun 1967 dan disahkan pada tahun 1970 yang merupakan paten tetikus komputer.

“Warisan Doug sangat besar,” ujar Curtis R.Carlson, Presiden SRI, seperti yang dikutip Bloomberg. “Siapapun di dunia ini yang menggunakan tetikus atau menikmati keuntungan produktif dari komputer pribadi berhutang padanya.”

Dalam aplikasi patennya, perangkat tetikus digambarkan dalam istilah teknis: “indikator kontrol posisi X-Y yang digerakkan oleh tangan di segala permukaan untuk menggerakan kursor di layar tabung sinar katoda. Indikator kontrol menghasilkan sinyal yang mengindikasikan posisinya dan menyebabkan kursor tampil pada layar tabung pada posisi yang sesuai.”

Doug menyarankan instrumen sebesar telapak tangan berbasis roda di tahun 1963 sebagai cara untuk menggerakan krusor layar komputer selain menggunakan keyboard. “Saya tidak pernah tahu mengapa instrumen ini disebut mouse (tetikus),” ujarnya kepada para hadirin dalam sebuah konferensi komputer pada tahun 1968 seperti yang dikutip Bloomberg.

Dalam wawancara lainnya ia pernah mengatakan alasan rasional dibalik nama tetikus sangatlah sederhana yaitu instrumen tersebut menyerupai hewan pengerat dengan kabel sebagai ekor. Ia mengatakan bahwa tak satupun dalam timnya ingat siapa yang menggunakan istilah itu pertama kali.

Tiga dekade kemudian, tetikus ditawarkan dalam berbagai warna dan berbagai gaya – cordless, optikal, desain khusus untuk kidal, dan ergonomis. Logitech International SA, produsen terbesar tetikus di dunia, pertama kali memperkenalkan tetikusnya di ritel pada tahun 1985.  Perlu diketahui Douglas Engelbart tidak menerima royalti untuk paten tetikusnya.

Sumber: Bloomberg|Gamber: Bloomberg

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top