Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Pemimpin Sejati Selalu Ahli Dalam Marketing

Marketing.co.id – Artikel Marketing | Pemimpin sejati selalu ahli dalam persuasi dan ahli mencari pengikut. Jika tidak, bagaimana caranya meraih sukses? Sukses berhasil diraih ketika seseorang berhasil mendapatkan pelanggan, followers, atau fans sejati dalam jumlah yang ternilai banyak dan mau dengan tulus membeli produk, jasa atau visi yang ditawarkan.

marketing pemimpin sejati

Jika ingin menjadi pemimpin sejati, kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah mengeluh. Seperti mengeluhkan mengapa omzet menurun, customer lebih memilih kompetitor, atau pasar tidak kunjung membaik. Mengeluh hanya akan membangun kebiasaan buruk dan menghabiskan waktu yang bisa digunakan untuk terus memperbaiki dan mengembangkan bisnis. Pecundang tidak akan bosan menghabiskan waktu mengeluh. Namun pemenang tidak akan menyerah mencari solusi bagaimana pun sulit situasinya.

Baca juga: Pemimpin Wanita Bukan Ancaman, Tapi Sebagai Penyeimbang (1)

Pemimpin “jadi-jadian” lebih senang duduk di belakang layar dan pasif menerima laporan dari anak buahnya. Sedangkan pemimpin sejati turun sendiri untuk fokus kepada marketingnya. Contohnya adalah Steve Jobs yang membangun Tech Giant Apple dan Jokowi yang menjadi salah satu presiden terbaik di sejarah Indonesia. Bukankah Jokowi berhasil memenangkan banyak pengikut, karena kebiasaan beliau yang sering turun langsung ke lapangan?

Fokus terjun di penjualan dan marketing akan membuat pemimpin menjadi ahli dalam menganalisa dan memecahkan masalah yang terjadi di market bisnisnya. Hanya mengandalkan laporan dari tim marketing kita, sangatlah berisiko dibohongi atau mendapatkan informasi yang tidak tepat terhadap market kita. Terlebih lagi, tujuan utama bisnis adalah untuk mencari omzet dan profit sebanyak-banyaknya di waktu yang sesingkat mungkin. Berhubung waktu terbatas, bukankan lebih baik difokuskan untuk hal yang paling prioritas?

Pertanyaannya, sudahkah Anda menjadi pemimpin sejati yang ahli dalam marketing? Jika belum, tidak perlu berkecil hati. Tidak ada orang yang terlahir langsung menjadi pemimpin yang baik. Sukses yang sejati selalu datang dari proses yang panjang dan penuh tantangan. Asalkan kita pantang menyerah untuk terus belajar dari bawah dan terjun langsung di lini depan marketing bisnis, maka hanya masalah waktu sebelum pasar benar-benar dikuasai.

Penulis: Edwin Lucas, entrepreneur dan writer. Instagram @3d_w1n

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

 

6 Comments

6 Comments

  1. Pingback: Pemimpin Sejati Selalu Ahli Dalam Marketing | Top Brand Award

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top