Pemerintah dan Pelaku Usaha Siap Menyukseskan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai

Marketing, Jakarta – Pemerintah   Indonesia   melalui   Kementerian   Perdagangan  makin fokus mempersiapkan diri untuk mengikuti Expo 2020 Dubai, yang akan  berlangsung  dari  tanggal  20  Oktober  2020  hingga  10  April  2021  di  Dubai.

“Kami terus mendorong agar Kementerian, Lembaga, Pemda dan Sponsor untuk terus mempersiapkan diri memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk mensukseskan Expo2020 Dubai,” ujar Direktur  Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward.

Sementara itu, pelaku usaha Indonesia yang menjadi sponsor Expo 2020 Dubai mulai “membocorkan” gambaran informasi yang disajikan pada Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. PT Astra International Tbk, sponsor utama Paviliun Indonesia, menyatakan Paviliun Indonesia siap mengharumkan nama Indonesia di kancah global. Kehadiran Astra merupakan yang ke-3 kalinya, setelah turut mendukung World Expo 2010 Shanghai dan World Expo 2015 Milan.

“Astra berharap melalui dukungannya di World Expo 2020 Dubai, dapat turut mengharumkan nama bangsa melalui Paviliun Indonesia. Semangat ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa,” ujar Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International.

Sementara itu, PT Wijaya Karya Persero (WIKA) sebagai sponsor serta kontraktor dalam pembangunan Pavilion Indonesia, menyatakan masih berkonsentrasi merampungkan pembangunan Paviliun Indonesia agar tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

“Melalui event Expo2020 Dubai, kami ingin menampilkan kepada masyarakat global bahwa WIKA adalah salah satu BUMN Indonesia yang sukses berkiprah di luar negeri dan mampu bersaing di kancah global. Hal ini diharapkan mampu membangun citra yang baik sehingga WIKA dapat memperluas pangsa pasar global,” kata Mahendra Vijaya, Corporate Secretary WIKA..

Secara terpisah, April Group juga memberikan informasi yang menarik bagi pengunjung Paviliun Indonesia. “Secara umum, kami berharap dapat menampilkan gambaran Grup APRIL yang mengelola pabrik pulp dan kertas yang terintegrasi dan berkelas dunia. Kami juga mendukung agenda SDGs, perusahaan telah menerapkan sejumlah komitmen yang selaras dengan agenda pemerintah dan global secara menyeluruh” ujar Anita Bernardus, Head of National Communications, APRIL Group.

Anita menjelaskan, April Grup akan membawa semangat keseimbangan antara produksi dan proteksi (production-protection) yang selama ini diusung APRIL di semua bentang alam tempatnya berkarya. “Kepada dunia, kita tunjukkan bahwa pembangunan dengan basis kelestarian adalah modal penting bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Anita.

Sedangkan PT Gajah Tunggal Tbk, menurut Chatarina Widjaja, Director  of  Corporate  Communications  and Investor Relations/Corporate Secretary akan menampilkan sesuatu yang menyuarakan optimisme.

“Secara garis besar, Kami bermaksud memperlihatkan kemampuan kami sebagai perusahaan nasional kebanggaan Indonesia yang memproduksi produk kelas dunia dan dapat bersaing secara global, antara lain dengan menunjukan beberapa produk Kami yang berperfoma tinggi,” ujar Chatarina.

Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Dody Edward (tengah) didampingi Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis (kedua kanan), Konsul Jenderal RI di Dubai Ridwan Hassan (kedua kiri), Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto (kanan) dan Direktur Utama PT Samudra Dyan Praga Hariman Zagloel (kiri) berbincang seusai konferensi pers peluncuran Paviliun Indonesia pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2019

Salah satu konsep Paviliun Indonesia akan menampilkan restoran khas Indonesia yang diwakili oleh Citrarasa Prima (CRP) Group. Persiapan CRP juga sudah hampir matang. Saat ini sudah sampai ke tahap persiapan menu dan konsep detail store. CRP akan mempersembahkan merek lokal asli indonesia yang siap bersaing di global. Selain itu, juga akan memperkenalkan kopi indonesia sebagai salah satu kopi terbaik di dunia serta memperkenalkan rempah terbaik indonesia melalui kuliner.

Sejak peletakan batu pertama Paviliun Indonesia pada 9 September 2019, sejumlah perusahaan telah mendeklarasikan komitmennya sebagai sponsor paviliun. PT Astra International Tbk adalah sponsor utama Paviliun Indonesia. Sementara, empat perusahaan lainnya telah resmi menjadi sponsor pendukung, yakni PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Persero serta Citrarasa Prima (CRP) Group.

Pemerintah Indonesia telah menunjuk PT Samudra Dyan Praga selaku operating agency Paviliun Indonesia. Perusahaan ini  tengah mengembangkan Agenda Paviliun Indonesia selama 173 hari dari 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 untuk masyarakat global pengunjung Expo 2020 Dubai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.