Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Peluang Usaha Menguntungkan di Tengah Resesi Ekonomi

Marketing.co.id – Berita UKM | Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diprediksi melambat di angka 4.8%. Banyak industri yang sudah terkena dampak resesi ekonomi lebih awal. Hantaman paling parah dirasakan oleh industri pariwisata, penerbangan, otomotif dan kontruksi.

Baca Juga: Hai Karyawan, Ada 3 Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Anda!

Sales dari industri tersebut menurun hingga 80-90% dan banyak juga yang tak dapat bertahan dan sudah tutup. Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) tak dapat dihindari.  Hal ini menyebabkan banyak orang yang jobless atau tidak ada income.  Alhasil, kini banyak orang mencoba peruntungannya untuk memulai usaha baru.

Menurut Menko Perekonomian Airlangga hartanto, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 30 juta orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Hal ini terlihat dari situs pendaftaran program Kartu Prakerja yang sudah memiliki lebih dari 30 juta pendaftar. Dari catatannya, di Indonesia ada 7 juta orang yang tidak bekerja.

Baca Juga: Peluang Bisnis Frozen Food di Masa Pandemi

Usaha Apa yang Tetap Untung di Tengah Resesi Ekonomi?

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi covid-19, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan peluang usahanya secara mandiri.

Selalu ada peluang dalam kondisi apapun, menurut Andy, membuka usaha yang berkaitan dengan kebutuhan pokok pasti masih akan diminati pembeli. Salah satunya berjualan makanan beku dengan memanfaatkan  media online sebagai pemasarannya.

Baca Juga: Bisnis Co-living Berpeluang Tumbuh Makin Signifikan

“Bila hendak berbisnis, yang berpontensi mendatangkan keuntungan pada masa resesi seperti jasa pembelian paket sayuran ataupun makanan mentah, penjualan makanan frozen food,” katanya dikutip Okezone, Jumat (16/10).

Selain berjualan kebutuhan pokok, segala sesuatu yang berhubungan dengan  hobi juga dinilai akan memberikan keuntungan. Misalnya, membuka usaha tanaman hias atau ikan hias yang kini sedang digandrungi masyarakat.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top