Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Peluang Karir di Sektor Cybersecurity Terbuka Lebar, Inilah Skill Yang Dibutuhkan

Marketing.co.id – Berita Digital | Industry 4.0 membuat dunia secara global mulai memasuki era digital yang membawa perubahan terhadap gaya hidup masyarakat dan kegiatan organisasi. Berbagai organisasi, baik komersil maupun non-komersil, mulai bertransformasi melalui digitalisasi untuk peningkatan layanan maupun daya saing.

Kondisi tersebut membuat cybersecurity memiliki peranan penting dalam industri untuk mencegah tindak kejahatan yang berhubungan dengan sistem digital. Hal ini berimbas pada peningkatan permintaan tenaga ahli cybersecurity yang tentunya sangat dibutuhkan di berbagai elemen industri.

Chief Technology Officer ITSEC Asia, Marek Bialoglowy menjelaskan bahwa sektor Cybersecurity menghadirkan peluang karir yang sangat baik bagi para generasi muda. Tenaga kerja di bidang ini harus memiliki kemampuan teknis serta pengetahuan dalam penerapan teknologi terbaru. Untuk skill yang dibutuhkan antara lain programming, analisis mitigasi dan resiko, intrusion detection, cloud security hingga enskripsi.

“Seiring perkembangan teknologi digital yang berhubungan dengan peningkatan serangan siber di seluruh dunia, jenjang karir dan peluang yang dihadirkan sektor ini terbuka lebar, khususnya bagi mereka yang telah membekali diri dengan skill dan pengetahuan yang dibutuhkan,” ujar Marek Bialoglowy .

Peluang karir di sektor cybersecurity kian terbuka sehingga mampu memberikan beragam manfaat yang tentu saja diidamkan masyarakat, baik itu dari sisi remunerasi dan karir yang menarik, pengalaman dinas ke luar negeri, hingga peralatan canggih untuk mendukung dalam menjalani pekerjaan.

Lebih lanjut Marek Bialoglowy menjelaskan bahwa agar berkembang menjadi tenaga kerja profesional di industri IT, kemampuan yang harus dikembangkan adalah pembelajaran berkelanjutan, pengetahuan mendalam mengenai teknis, kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks, tangguh dan mampu mengatasi stres serta menguasai penulisan teknis dan komunikasi yang baik.

“Kemampuan teknis terbaik yang dibutuhkan untuk bekerja di dunia cybersecurity antara lain application security, cloud security, compliance, technical writing, secure programming, Digital Forensic and Incident Response (DFIR) serta analisis data,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top