Peluang Jadi Orang Sukses Sekaligus Jutawan? Ini Caranya

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Peluang Jadi Orang Sukses Sekaligus JutawanMulai Menabung

Istilah menabung sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit memang benar adanya. Menabung jadi cara jitu untuk meningkatkan kemampuan finansial seseorang. Menabung bukan hanya menyimpannya di dalam rekening tabungan, namun bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti investasi pada produk perbankan lain semisal simpanan pensiun. Bank dan asuransi menawarkan produk untuk tunjangan hari tua ini. Mulailah mencari informasi mengenai dana pensiun, dan mulailah menabung. Untuk tabungan jangka panjang, kami sarankan Anda untuk membuka deposito.

Asuransi memiliki program unit link yang manfaatnya bukan cuma sebagai jaminan kesehatan, tapi bisa digunakan untuk investasi dan tabungan. Perusahaan asuransi jiwa juga menyediakan program simpanan jangka panjang. Anda cukup membayar premi setiap bulan. Anda akan merasa seperti menabung di tabungan biasa karena model pembayaran bulanan tidak akan memberatkan Anda.

Berani cari peluang

Peluang itu bisa datang kapan saja dan di mana saja. Cobalah untuk berani mencari dan memanfaatkan peluang. Memang dalam setiap peluang diperlukan keberanian dan jiwa tantangan. Anda harus berani untuk melakukan sesuatu. Mulailah untuk mencari peluang di sekitar Anda, atau cobalah untuk melakukan penelitian di internet atau perpustakaan mengenai bisnis unik yang bisa Anda lakukan. Ingat, seseorang tidak berubah menjadi kaya karena kebetulan. Pelajarilah apa yang bisa menjadi peluang bagi Anda.

Investasi sejak dini

Dalam berinvestasi sebaiknya dimulai sejak dini, maksudnya ketika Anda sudah memiliki penghasilan yang stabil. Jangan tunda-tunda untuk memulai investasi. Anda dapat memulai investasi dengan membuka usaha sendiri atau membeli aset. Investasi ini akan memberikan kenyamanan finansial bagi Anda di masa mendatang. Karena dengan usaha sendiri, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Sedangkan membeli aset baik itu properti, emas, saham dan lainnya dapat membantu Anda jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana dalam jumlah besar.

Model investasi lainnya yang kami sarankan adalah membeli surat obligasi. Anda bisa melakukannya sendiri, tanpa pendampingan seorang penasihat keuangan, dengan melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Pilihlah perusahaan dengan reputasi yang baik atau perusahaan milik pemerintah. Memilih instansi atau perusahaan yang mapan akan memberikan rasa aman bagi Anda sebagai investor. Karena transaksi obligasi dapat dilakukan di mana saja, Anda akan memiliki akses yang lebih mudah. Hal ini dapat memberikan waktu luang bagi Anda untuk melakukan pengamatan mengenai perusahaan penerbit surat obligasi dan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Buatlah Target dan Evaluasi

Orang yang memiliki target dalam hidupnya biasanya adalah ciri-ciri orang yang berhasil dan sukses. Ia sudah tahu apa yang akan dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jika Anda bingung berapa lama jangka waktu yang harus tercakup dalam target Anda, contek saja Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun). Buatlah rencana keuangan untuk lima tahun beserta target-target yang ingin Anda capai, termasuk evaluasi. Evaluasi ini bisa dilakukan bulanan agar tidak ada yang miss dalam soal pengeluaran maupun pendapatan.

Ajak pasangan Anda untuk membuat rencana keuangan ini karena sebenarnya pasangan Anda juga bisa menjadi rekan bisnis yang baik. Anda akan mendapat dukungan lebih dari pasangan Anda, jika ia memiliki dan memahami visi yang sama. Bahkan, Anda juga bisa melibatkan penghasilan pasangan Anda sebagai modal investasi. Membuat target dan evaluasi keuangan akan mempermudah Anda untuk melihat peluang apa yang mungkin terlewat dan solusi terbaik dalam memecahkan semua permasalahan. Satu hal lagi, evaluasi dapat membuat Anda dan pasangan Anda tetap berada dalam jalur yang sudah direncanakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here