Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Pelayanan di Mata Jokowi

Seberapa baik usaha Anda dalam melayani pelanggan? Seiring dengan perkembangan zaman, sulit rasanya memiliki pelanggan yang benar-benar loyal.

pelayanan di mata jokowi

Foto: Asep Tony K/Majalah Marketing

Namun, yang utama bukanlah bagaimana memiliki pelanggan yang loyal. Tapi, seberapa mampu kita menjaga, merawat, dan membuat mereka menggunakan produk atau jasa kita lebih banyak dibanding pesaing. (Baca: Seberapa Baik Anda Melayani Pelanggan?)

Hidup dan matinya sebuah bisnis ada di tangan pelanggan. Tak heran jika banyak bisnis yang menganggap pelanggan sebagai raja. Banyak eksekutif yang mengatakan kepada para karyawannya agar mereka memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Mengingat pentingnya peran pelanggan, selain memiliki produk yang baik, bisnis juga harus mampu melayani pelanggan dengan baik. (Baca: Hidup Mati Bisnis Di Tangan Pelanggan).

Lalu bagaimana pendapat Jokowi tentang pelayanan? Di acara halal bihalal Partai Nasdem di J-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2014), Jokowi menekankan akan pentingnya memberikan pelayanan yang baik, tidak hanya dalam bisnis di pemerintahan pun sama.

Dalam pidatonya, dengan tegas Jokowi mengatakan siap memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Jika ada kantor pemerintahan yang memberikan pelayanan yang buruk kepada masyarakat jangan sungkan untuk melaporkan.

“Bagi yang di daerah, kalau ada kekurangan-kekuarangan laporkan segera. Jika pelayanan yang diberikan buruk, misalnya dalah hal proses perizinan, atau ada yang berani memungut segera laporkan. Suatu saat saya akan datangi mereka, kalau memungkinkan, saya akan ganti saat itu juga,” kata Jokowi berapi-api.

Menurut Jokowi, masyarakat seharusnya mendapatkan pelayanan yang baik. Namun, hal itu sulit terlaksana jika tidak ada yang melapor. Dengan senang hati, Jokowi siap menerima apapun laporan yang masuk dari bawah, entah itu laporan baik maupun jelek. Semuanya harus ada laporannya, jika ada yang kurang akan diperbaiki.

“Demi Indonesia yang lebih baik, ke depan jangan lagi ada kantor-kantor pemerintahan yang berani memberikan pelayanan yang tidak baik kepada masyarakat, apalagi berani memungut sesuatu bahkan memaksa. Ingatlah, tidak hari ini tidak besok, saya akan memberikan mereka catatan demi perbaikan,” tegas Jokowi.

Editor: Wahid

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top