Pegipegi Rilis Survei Antusiasme Masyarakat Meningkat Jelang Mudik 2022

0
PegiPegi
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Berdasarkan survei preferensi mudik Lebaran 2022 yang Pegipegi lakukan pada tanggal 18 – 30 Maret 2022 kepada lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, diketahui sebanyak 80% responden akan melakukan mudik pada tahun ini. Terkait itu, Pegipegi meluncurkan kampanye bernama Pegipegi Lagi.

PegiPegi

Ryan Kartawidjaja, VP of Commercial & Marketing Pegipegi mengatakan, “Saat ini, kami terhubung dengan lebih dari 230 maskapai baik domestik dan internasional, lebih dari 110 ribu pilihan akomodasi yang tersedia baik domestik maupun Internasional, lebih dari 1.600 rute perjalanan kereta api di Indonesia, juga lebih dari 290 pilihan bus dan travel yang disediakan. Pada periode Lebaran nanti, kami menargetkan akan adanya peningkatan hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.”

Dia menambahkan, dalam program Pegipegi Lagi, Pegipegi menghadirkan rangkaian program menarik yang bisa dimanfaatkan oleh setiap masyarakat Indonesia salah satunya adalah Festival Hilir Mudik yang akan menghadirkan beragam diskon menarik untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, bus & travel hingga hotel dengan diskon hingga 70%. Festival Hilir Mudik akan berlangsung pada tanggal 18 April – 6 Mei 2022, melalui aplikasi Pegipegi.

Berdasarkan survei preferensi mudik Lebaran 2022, diketahui bahwa dari seluruh responden, hanya ada sebanyak 25% orang yang mudik pada tahun lalu. Namun pada tahun ini, ada sebanyak 80% dari mereka yang memilih akan mudik. Terdapat 10 kota tujuan mudik favorit tahun ini diantaranya adalah, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Purwokerto, Palembang, Medan, dan Malang.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 35% responden memilih pesawat sebagai transportasi mudik, disusul oleh 35% lainnya yang memilih mobil pribadi. Selain itu, kereta api, bus dan travel juga menjadi alternatif transportasi mudik favorit yang dipilih oleh masyarakat.

Bagi mereka yang berencana mudik, sebanyak 41% orang memilih untuk berangkat mudik pada H-3 Lebaran, yang mana 35% dari mereka akan mudik menggunakan pesawat. Sedangkan 19% responden memilih mudik pada H-7 lebaran. Disusul sebanyak 14% akan mudik pada H-1 Lebaran. Sedangkan untuk arus balik, 37% orang memilih untuk kembali pada H+7 lebaran, dan sebanyak 27% memilih H+3 Lebaran.

Dari survei preferensi mudik Lebaran 2022, Pegipegi juga berhasil mendapatkan aktivitas favorit yang akan dilakukan ketika mudik Lebaran. Aktivitas favorit masyarakat ketika mudik didominasi oleh rencana untuk kuliner bersama keluarga (52%), menjelajah wisata destinasi terdekat (27%), dan staycation dalam kota (11%). Hal ini menunjukkan bahwa akan ada aktivitas traveling dan staycation yang diprediksi akan mengalami peningkatan pada periode libur Lebaran 2022.

Sebanyak 57% orang memilih mencari/berburu tiket pada malam dan dini hari. Sebagian besar masyarakat memilih untuk memesan tiket 1 bulan sebelum waktu keberangkatan (44%) dan didominasi oleh mereka yang mudik menggunakan pesawat dan kereta api. Disusul oleh pemesanan 2 minggu sebelum keberangkatan (20%), dan 1 minggu sebelum keberangkatan (14%), yang mayoritas diantara mereka memilih bus & travel sebagai transportasi mudik.

Metode pembayaran yang paling disukai saat memesan tiket mudik adalah melalui internet banking, transfer bank, dan transfer ATM sebesar 69%, diikuti oleh kartu kredit sebanyak 15%. Selain itu, berdasarkan data internal Pegipegi, mayoritas masyarakat Indonesia yang melakukan mudik pada tahun 2021 lalu, menambahkan fitur Pegipegi Travel Protection yang merupakan asuransi perjalanan dari Pegipegi untuk meminimalisir kekhawatiran akan keselamatan dan keamanan dalam melakukan perjalanan mulai dari risiko yang ditimbulkan oleh perjalanan dengan pesawat, namun juga perlindungan kesehatan hingga COVID-19.

Amalia Yaksa, Vice President Marketing & Distribution Channel PT Citilink Indonesia menyampaikan, “Kami optimis bahwa tahun 2022 ini akan menjadi tahun kebangkitan pariwisata Indonesia. Untuk itu, Citilink akan menyambut optimisme ini dengan berbagai strategi dan program yang kami lakukan, khususnya pada periode Ramadan ini, di antaranya dengan menyediakan promo khusus Ramadan, melakukan penyesuaian frekuensi penerbangan sesuai dengan demand penumpang dan ketersediaan armada, hingga memastikan bahwa OTP (On Time Performance) Citilink tetap terjaga dengan baik di tengah padatnya operasional penerbangan selama peak season Lebaran dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan dalam setiap penerbangannya.”

Periode mudik Lebaran 2022 ini juga disambut baik oleh industri perhotelan salah satunya Artotel Group. Yulia Maria, selaku Director of Marketing Communications of ARTOTEL Group mengatakan, “Kami optimis, pada periode ini tren pemesanan hotel juga akan mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan traveling yang semakin meningkat pasca pandemi. Saat ini, kami sudah mulai melihat adanya kenaikan pemesanan hotel sebanyak 50% pada periode Lebaran. Kami memprediksi akan semakin meningkat, ditambah lagi kebijakan cuti bersama yang cukup panjang yang telah disampaikan oleh presiden Indonesia, yang kami yakin akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur.”