Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Pasar Muslim Indonesia yang Menggiurkan

pasar muslim indonesia

Pasar muslim Indonesia sangat menggiurkan. Photo/HRG.ORG

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Ada sekitar 85,2% atau sekitar 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk. Banyaknya penduduk muslim di Indonesia cukup memberi banyak pengaruh terhadap bisnis.

Hal itu terlihat dari banyaknya bisnis yang kini berlomba membuat produk syariah, Wardah misalnya. Perusahaan kosmetik yang didirikan sejak 1995 menjadi contoh bagaimana suksesnya mereka di pasar muslim Indonesia.

“Kami menyadari bahwa banyaknya perempuan muslim merupakan sebuah peluang yang tidak bisa diabaikan,” ujar Alif Kartika, Brand & Produk Manager PT Paragon Technology and Innovation.

Menurutnya, salah satu faktor pendorong pertumbuhan bisnis mereka adalah tren pemakaian hijab yang belakangan ini telah menjadi lifestyle. Kejelian Wardah melirik peluang ini membuahkan hasil yang manis.

Misalnya saja penghargaan Top Brand Award yang berhasil diperoleh sejak tahun 2012. Keberhasilan Wardah menjadi merek pilihan tak lepas dari upaya mereka menjaga kepercayaan konsumen.

Kontan saja, kesuksesan  yang diraih Wardah mulai diikuti pemain lain. Mereka ramai-ramai membuat kampanye serupa untuk mencicipi gurihnya pasar muslim Indonesia.

Selain Wardah ada juga yang sukses di pasar muslim Indonesia, HijUp.com. Akli Djumadie, Managing Director HijUp.com mengatakan kelas menengah Indonesia pada tahun 2020 akan meningkat sebanyak 85 juta penduduk.

Jika pada tahun 2020 penduduk muslim Indonesia berjumlah 80%, maka kelas menengah muslim mencapai 68 juta. Jika setengahnya adalah perempuan, maka ada 34 juta potensi pasar. Jika diasumsikan yang memakai hijab mencapai 50%, maka ada 17 juta potensi pasar.

Pertumbuhan jumlah muslimah berhijab di Indonesia sekarang ini lagi tinggi-tingginya. Hal itu terlihat dari terus meningkatnya permintaan busana muslim, tumbuhnya komunitas-komunitas hijab, serta berbagai kegiatan hijab class di kampus, perusahaan, pengajian, ataupun arisan.

 “Saya melihat Indonesia memiliki potensi besar, khususnya di bidang fashion dan tekstil. Dengan populasi terbesar di dunia, industri fashion muslim bisa menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia jika dikelola dengan baik,” pungkasnya.

Bagaimana tertarik dengan besarnya potensi di segmen pasar muslim Indonesia? Beritahu kami dalam kolom komentar. 

1 Comment

1 Comment

  1. Hijabna

    July 25, 2014 at 04:44

    Dengan potensi pasar yang begitu besar, Indonesia diharapkan bisa menjadi trensetter dunia fashion muslimah pada tahun 2020, semoga Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top