Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Pasar idEA 2019, Dari Online ke Offline Kumpul Dalam Satu Atap

Marketing – Pasar idEA, festival belanja online to offline pertama dan terbesar di Indonesia kembali diadakan pada 15-18 Agustus 2019 berlokasi di Jakarta Convention Center. Gelaran yang menargetkan 120.000 pengunjung ini menghadirkan sekitar 250 peserta pameran yang terdiri dari para unicorn (Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee), pelaku usaha e-commerce, perusahaan logistik dan pengiriman (J&T, Lion Parcel, Ninja Express, Tiki, JNE, Lalamove) serta UMKM produk lokal yang terkurasi di area khusus LokalGood.

 Festival ini adalah hasil kerja sama antara Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan Traya Indonesia, dimana menjadi momentum bagi pelaku industri e-commerce untuk bertemu langsung dengan konsumen dan berbelanja e-commerce 360′ dalam satu atap. From Online to Offline, menjadi tema yang diusung Pasar idEA 2019. Beragam promo-promo spesial ditawarkan para pemain e-commerce yang hadir disini guna menarik segmen milenial sebagai pelaku belanja online terbesar.

Menteri Komunikasi, Rudiantara, yang membuka acara ini mengatakan bahwa Pasar idEA akan mendorong pertumbuhan industri UMKM guna mendorong laju sektor ekonomi digital. Hal ini untuk mengantisipasi isu serbuan produk asing di industri e-commerce. Pada tahun 2025 nanti, kombinasi e-commerce dan UMKM akan sangat signifikan dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terkuat di Asia Tenggara.

Lebih lanjut diutarakan pula oleh Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung bahwa dengan kegiatan ini, kami ingin membangun sinergi antara pelaku usaha, pemerintah, komunitas serta masyarakat sehingga memiliki semangat yang sama untuk memperkuat ekosistem digital. Tantangannya sekarang ini adalah bagaimana meningkatkan volume dan daya saing produk lokal di pasar e-commerce dan Pasar idEA ini bisa menjadi jembatan untuk melakukan akselerasi UMKM dan startup. Selain konsumen, pasar digital juga harus populer di kalangan UMKM karena pada saatnya nanti semua industri akan terhubung dengan sektor digital. Menurut Untung, pada 2020, lebih dari separuh penduduk Indonesia diperkirakan akan terlibat dalam aktivitas e-commerce.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top