Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Pantene Dorong Wanita Untuk Tidak Katakan “Maaf..”

pantenePertanyaan bagi para wanita, seberapa sering kah Anda meminta maaf? Bagi sebagian orang, meminta maaf adalah salah satu bentuk sopan santun. Tapi bagi Pantene, kebiasaan meminta maaf bisa jadi bentuk kelemahan dan ketidakpercayaan diri.

Pantene kembali merilis video iklan terbarunya dengan judul “Not Sorry”. Iklan dibuka dengan teks “Why Are Women Always Apologizing?”, lalu menampilkan adegan di mana wanita meminta maaf.

Contohnya, adegan di mana seorang wanita mengatakan “sorry..” sebelum melempar pertanyaan dan meminta bantuan. Ada pula adegan di mana seorang wanita mengatakan “sorry..” karena pria yang duduk di sebelahnya tak sengaja menyenggol lengannya.

Di tengah iklan tampil teks “Don’t be Sorry”. Lalu iklan berulang dari adegan awal, hanya saja kali ini para wanita tak mengatakan “sorry…”.

Memang video iklan merek perawatan rambut ini menyampaikan pesan yang kuat sesuai dengan pesan mereknya “Be Shine and Strong” dalam duarasi satu menit. Melalui iklan ini Pantene mengajak para wanita untuk tampil percaya diri dengan menghilangkan kebiasaan terlalu sering minta maaf.

Dalam budaya apa pun, meminta maaf pada dasarnya adalah norma sopan santun yang tak ada hubungannya dengan gender. Robin Lakoff, ahli bahasa dari University of California, mengatakan bahwa sorry adalah bentuk ritual yang artinya serupa dengan ‘saya harap hal ini tak mengapa untukmu’.

Memang, arti ‘sorry’ sendiri bisa bergeser menjadi bentuk ketidakpercayaan diri dan kerapuhan apabila menjadi sebuah kebiasaan yang berlebihan. Misalnya, adegan di mana seorang wanita meminta maaf karena seorang pria yang duduk di sebelahnya tak sengaja menyenggol lengannya.

Tapi jika kita telaah kembali, di satu sisi pesan Pantene yang ditampilkan melalui adegan-adegan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Dalam iklan Pantene ini ada beberapa adegan di mana meminta maaf layak dilakukan terlepas apa pun gender-nya. Misalnya, adegan di mana wanita dengan sengaja menarik selimut dari pasangannya.

Secara keseluruhan iklan ini bisa jadi pengingat bagi para wanita untuk tampil percaya diri dan bersinar tanpa harus melakukan kebiasaan meminta maaf yang berlebihan. Selama meminta maaf itu hal yang layak dilakukan untuk norma sopan santun, bukan kah wanita sebaiknya melakukannya? Anda tentu tak ingin dicap wanita tak berpendidikan karena tidak sopan, bukan?

(Berbagai sumber)

http://www.youtube.com/watch?v=rzL-vdQ3ObA#t=43

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top