Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Panduan Menulis Blog: Jangan Lakukan Ini

blog-1Sekarang langkah menjadi penulis tidak sesulit zaman dulu. Jika dahulu seseorang perlu bolak – balik ke penerbit demi menyerahkan hardcopy tulisannya, kini hal itu tak perlu dilakukan lagi. Karena dengan blog, semua orang dapat menjadi penulis.

Lantas bagaimana cara agar para blogger bisa menjadi penulis profesional? Tentu saja Anda harus membuat agar blog Anda dapat dinikmati oleh khalayak. Biasanya, semakin update blog Anda, semakin sering pula komunikan datang berkunjung.

Tapi pola pikir terus update juga bisa jadi boomerang. Mereka terus saja menulis di blog tanpa memikirkan beberapa hal yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Apa saja hal yang TIDAK boleh dilakukan dalam menulis blog?

1. Menulis semunya dalam satu paragraf panjang

Mungkin tulisan Anda sangat inovatif, alur serta gaya bahasanya pun manarik, tapi coba bayangkan bila semua itu ditulis dalam satu paragraf panjang.

Selain tidak enak dilihat, tulisan yang dibuat dengan gaya seperti ini juga akan membuat mata si pembaca jadi cepat lelah dan pusing.

2. Fokus jualan

Tidak masalah memang bila blog Anda dibuat sebagai alat bantu marketing. Tapi ingat tujuan Anda membuat blog, apakah sebagai blog marketing atau blog pribadi. Akan lebih baik bila Anda hanya memperkenalkan brand yang Anda pakai, produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan sebagainya.

Gaya memperkenalkan akan dapat diterima oleh para pembaca ketimbang Anda terus – terusan melakukan kegiatan promosi. “Hey, ini blog, bukan bazaar pakaian di pasar malem.”

3. Terlalu fokus pada masalah Anda

Menjadikan blog seperti buku harian memang tidak masalah, toh buktinya cerita populer ‘Kambing Jantan’ yang ditulis oleh Raditya Dika juga merupakan kisah hidup si penulis. Tapi coba lihat gaya tulisannya, apakah ia fokus pada masalahnya? Tidak, ia menuturkan segala permasalahan dalam hidupnya dalam bentuk komedi.

Jadi penting untuk menentukan kemana arah blog Anda, untuk lucu – lucuan, sebagai inspirasi, untuk memotivasi, atau bijak dalam menghadapi hidup. Pakem itu yang akan membuat blog Anda jelas dan memiliki nilai tersendiri. Misalnya Anda ingin membuat blog bijak, tidak mengeluh dalam berbagai masalah serta menyisipkan kata – kata bijak tokoh dunia akan membuat blog Anda semakin digemari.

 

Sumber: PRDaily.com

3 Comments

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top