Panduan dari Sequis: Manajemen Keuangan Ideal di Usia 40-an

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Memasuki usia 40-an adalah fase penting dalam kehidupan, terutama dalam hal manajemen keuangan. Di usia ini, idealnya finansial sudah tertata dengan baik. Namun, realitasnya, banyak yang masih kesulitan untuk fokus pada manajemen keuangan yang efektif. Kompleksitas pengeluaran seringkali menyebabkan masalah baru seperti dana yang tidak cukup untuk kebutuhan hingga terlilit utang yang sulit dibayar.

Sequis - Mengelola Keuangan saat Usia 40-an

Mengapa manajemen keuangan di usia 40-an itu penting?

Ketika mendekati usia 40-an, manajemen keuangan menjadi semakin vital. Untuk menjaga kestabilan finansial jangka panjang, diperlukan tindakan preventif melalui “financial checklist”. Faculty Head Sequis Quality Empowerment, Yan Ardhianto, AWP, RFP, IPP, memberikan sejumlah saran untuk financial checklist di usia 40-an:

  1. Dana Pensiun

Pada usia 40-an, bukan lagi saatnya untuk terjebak dalam Fear of Missing Out (FOMO) atau kekhawatiran akan gaya hidup yang tertinggal. Yang bijak adalah merencanakan pensiun dengan matang. Menyiapkan dana pensiun dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti mengikuti program tabungan pensiun di bank, investasi di obligasi, reksadana, atau melalui program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) pribadi dari bank atau perusahaan asuransi.

Sequis menawarkan Asuransi Retirement Life Plan yang memberikan manfaat pensiun 100% dari Uang Pertanggungan jika Tertanggung tetap hidup pada usia pensiun, manfaat meninggal dunia hingga 200% jika Tertanggung meninggal dalam masa pertanggungan, serta nilai tunai selama masa perlindungan.

Yan Ardhianto menyarankan, “Alokasikan 10% hingga 20% setiap bulan untuk tabungan pensiun dan naikkan persentasenya jika ada tambahan pendapatan seperti bonus atau kenaikan gaji.”

  1. Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Memasuki usia 40-an, risiko kesehatan meningkat. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan asuransi jiwa dan kesehatan sejak masih produktif. Asuransi ini memastikan bahwa jika terkena risiko sakit, Anda bisa segera mendapatkan pengobatan medis tanpa mengganggu finansial keluarga.

  1. Dana Darurat

Dana darurat berfungsi untuk menghadapi situasi tak terduga seperti tagihan mendadak, kehilangan pekerjaan, atau perawatan medis mendesak. Dana darurat idealnya sebesar 3-6 kali gaji dan sebaiknya disisihkan minimal 10% dari pendapatan bulanan.

  1. Cek Utang

Utang konsumtif seringkali menjadi penghambat kesejahteraan finansial. Jika berutang, pastikan untuk memiliki rencana pengembalian yang jelas. Yan Ardhianto menekankan pentingnya membayar utang sesuai tanggal tagihan dan menghindari pembayaran minimum untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga dan reputasi finansial.

  1. Dana Pendidikan Anak

Jika memiliki anak, rencanakan dana pendidikan dengan mengalokasikan minimal 10% dari pendapatan dan tingkatkan persentasenya secara berkala. Asuransi pendidikan seperti Sequis EduPlan Insurance dapat menjadi solusi karena memberikan manfaat dana pendidikan hingga masa asuransi berakhir, meski Tertanggung meninggal dunia.

Manajemen keuangan di usia 40-an sangat penting untuk memastikan kesejahteraan di masa depan. Dengan mengikuti panduan financial checklist dari Yan Ardhianto, Anda dapat merencanakan pensiun, asuransi, dana darurat, mengelola utang, dan dana pendidikan anak dengan lebih baik. Mulailah mengatur keuangan Anda sekarang untuk masa depan yang lebih stabil dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here