Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Pandemi Corona Jadi Momentum Optimalkan CSR Perusahaan

Marketing.co.id – Wabah virus corona (Covid-19) merupakan ancaman sekaligus peluang bagi dunia bisnis. Pasalnya, banyak perusahaan yang terpukul oleh dampak ekonomi dari pandemi tersebut. Di satu sisi, kondisi ini dapat dimanfaatkan perusahaan ataupun merek untuk mengoptimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Ilustrasi pengecekan suhu tubuh/earth5r.org

Selain mendukung pemerintah dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19 dan membantu masyarakat terdampak. Kegiatan CSR dapat meningkatkan citra perusahaan di mata publik dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Dalam melakukan kegiatan CSR, donasi yang disalurkan pun bisa beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti halnya, SiCepat yang membantu mendistribusikan bantuan alat pelindungan diri (APD) dari masyarakat untuk rumah sakit, puskesmas dan klinik di seluruh Indonesia.

“SiCepat sudah menyalurkan lebih dari  3.500 paket APD yang dikirimkan ke seluruh Indonesia,” kata Wiwin Dwi Herawati, CMO PT SiCepat Ekspress Indonesia.

Tak hanya membantu distribusi APD, melalui program SiCepat Syariah Donasi Peduli Covid-19, perusahaan memberikan bantuan kebutuhan pokok berupa beras kepada masyarakat terdampak Covid-19 di beberapa wilayah di Jabodetabek, Palembang, NTT dan Sulawesi.

SiCepat juga berpartisipasi pada program donasi Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS) melalui Yayasan Tangan Manusia. Dalam aksi ini 1,7 juta masker didistribusikan kepada masyarakat yang kurang mampu di beberapa provinsi di Indonesia.

Terakhir, SiCepat mendukung Rantai Kebaikan dengan menyediakan 100.000 nasi bungkus untuk masyarakat yang terkena langsung dampak covid-19 di wilayah Jabodetabek. “Program aksi sosial yang telah dilakukan diharapkan dapat bermanfaat dan membantu masyarakat, yang terdampak langsung dari pandemi ini,” ujar Wiwin.

Hal yang sama dilakukan pula oleh perusahaan es krim Aice bersama dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor menyalurkan bantuan alat perlindungan diri (APD), berupa baju hazmat, kaca mata pelindung, masker medis, dan alat pengukur suhu, serta 500,000 es krim untuk para tenaga medis di berbagai rumah sakit  rujukan Covid-19.

“Donasi telah berikan ke 13 rumah sakit dan 1 instalasi peristirahatan tenaga medis. Kegiatan ini dilakukan bukan saja pendekatan penyembuhan pada aspek medis tetapi juga pada aspek psikologis para tenaga medis,” ujar Sylvana Zhong, Brand Manager Aice Group.

Mengingat masa pandemi yang belum tahu kapan berakhir, Aice juga berkomitmen untuk tetap fokus memberikan lebih banyak bantuan tak hanya kepada tenaga medis tapi juga kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Tak mau ketinggalan JNE turut andil membantu pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 dengan menyalurkan Rp 1 miliar diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk membantu program-program penanganan wabah virus corona yang berdampak ke seluruh warga ibukota. Selain itu JNE menyalurkan bantuan ke sejumlah daerah dari Aceh hingga Papua.

Sebagai perusahaan pengiriman logistik JNE juga turut membantu distribusi barang bantuan secara gratis, seperti pengiriman APD produksi Anne Avanti dan 10 ribu masker yang digalang oleh Adib Hidayat  untuk paramedis serta rumah sakit ke seluruh Indonesia, mau pun kerjasama yang lainnya.

“Sesuai semangat dan tagline persero,  kami tidak hanya mengantarkan kebahagiaan, mengirim dan menerima barang, tapi juga turut membantu program pemerintah menanggulangi Covid-19,” sebut Doedi Hadji Sapoetra, Head of Marketing Communication Division Tiki JNE.

Sementara Meccaya Pharmaceutical  menunjukkan kepedulian dan solidaritasnya di masa pandemi ini dengan menyalurkan bantuan berupa 4.500 APD serta 500 liter hand Sanitizer dan 200 liter disinfektan ke sejumlah rumah sakit yang ada di Bekasi dan Jakarta, serta bantuan sembako kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sejalan dengan misi kami yang tanggap terhadap bencana sosial yang terjadi di Indonesia. Donasi yang disalurkan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Tia Oktaviani Marketing Manager PT Meccaya Pharmaceutical.

Top CSR of The Year 2020

Sebagai bentuk dukungan atas dedikasi perusahaan-perusahaan yang telah menggelar kegiatan CSR-nya, Infobrand.id bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia untuk pertama kalinya menghadirkan “Indonesia Top Corporate Social Responsilibilty of The Year 2020”.

“Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah menggelar kegiatan CSR guna membantu masyarakat dan instansi kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang tentunya akan memberikan dampak positif baik kepada perusahaan maupun masyarakat,” ungkap Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia.

Survei CSR dalam penanganan pandemi Covid-19 yang diselenggarakan pada bulan Maret – Mei 2020, terhadap lebih dari 500 perusahaan tersurvei di Indonesia melalui tiga parameter penilaian: CSR Concept, CSR Impact dan CSR Donation Value.

Tri mencatat total donasi yang berhasil disalurkan mencapai lebih dari Rp1,2 triliun. Dengan APD mendominasi sebesar 33,33% yang kemudian disusul donasi dalam bentuk alat kebersihan dan kesehatan 29,29%, uang tunai 13,13%, sembako & makanan 13,13% serta donasi dalam bentuk produk 11,12%.

Adapun 100 pemenang Indonesia Top CSR of The Year 2020 terdiri dari perusahaan BUMN/BUMD (20%) dan perusahaan swasta (80%). Diantaranya, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, PT Meccaya Pharmaceutical, PT Softex Indonesia, PT Telkom Indonesia, Aice Group, PT SiCepat Ekspress Indonesia, PT Taspen (Persero) dan 93 perusahaan lainnya.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top