Panasonic Kembangkan Baterai Tanpa Zat Timbal dan Merkuri

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Panasonic Indonesia menjadi perusahaan Panasonic pertama yang mengembangkan inovasi baterai tanpa zat timbal dan merkuri.

Panasonic Kembangkan Baterai Tanpa Zat Timbal dan MerkuriTimbal dan merkuri merupakan dua zat yang tergolong logam berat, sehingga dapat mencemari lingkungan. Jika limbah zat tersebut tidak tertangani dengan baik, hal itu dapat memengaruhi kesehatan manusia, terutama anak-anak, seperti mengganggu sistem syaraf.

Meski demikian, kedua zat tersebut masih dengan mudah dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk baterai yang terkandung di berbagai perangkat elektronik modern.

Apabila baterai tersebut mengalami kebocoran, zat yang terkandung di dalamnya dapat menyentuh permukaan kulit dan dikhawatirkan dapat mempengaruhi kondisi pengguna.

Memahami situasi tersebut, mengawali tahun 2015 ini, Panasonic Gobel Indonesia mengembangkan baterai AAA sebagai solusi bagi masyarakat.

Rika Novita, Product Manager Battery Panasonic Gobel Indonesia mengatakan bahwa sejak tahun 1972, Panasonic telah mengembangkan bisnis baterainya di Indonesia. Dimana Pansonic secara bertahap berupaya mengurangi penggunaan zat berbahaya dalam produksi baterainya.

Upaya tersebut dimulai dari merkuri (sejak 1991), cadmium (sejak 1998), dan yang terkini adalah bebas timbal sejak tahun 2014.

“Melalui pabrik Panasonic Gobel Energy Indonesia (PECGI), kini Panasonic mengenalkan baterai AAA khusus remote control. Baterai ini mengandung 0% tambahan zat PbHgCd (timbal, merkuri dan cadmium), serta metal jacket sehingga aman dan tidak mudah bocor.”

“Di Indonesia sendiri, Panasonic merupakan pabrik baterai pertama yang tidak menggunakan timbal dalam memproduksi baterainya. Kami percaya baterai AAA remote control ini dapat menjadi solusi berkualitas bagi masyarakat Indonesia untuk menjaga peralatan elektronik mereka,” katanya.

Tak hanya memastikan zat komponen aman, pemilihan baterai AAA untuk remote control ini juga sejalan dengan tren dunia akan tingginya kebutuhan remote control digital, serta mendukung kebijakan Electronic Manufacturing Services (EMS) China pada pertengahan tahun 2000-an untuk menggunakan hanya baterai AAA pada alat elektronik.

Fakta ini turut didukung oleh data NPD Display Search yang menunjukkan tingkat pertumbuhan penjualan televisi secara global yang mencapai 1.5 miliar unit dalam periode 2007- 2013.

Dengan asumsi setiap 1 unit televisi menggunakan 2 baterai AAA selama satu tahun untuk remote control, maka permintaan akan baterai AAA dapat mencapai 3 miliar unit per tahun.

Mengenai Baterai AAA Panasonic Khusus Remote Control

Baterai AAA Panasonic khusus Remote Control dikembangkan dengan teknologi dari Jepang, sebagai baterai manganese pertama yang mengandung 0% tambahan zat timbal, merkuri, dan cadmium (0% Pb, Hg, Cd), sehingga aman digunakan untuk peralatan elektronik, anak-anak dan juga lingkungan.

Dengan struktur metal jacket dan cincin ganda, baterai AAA Panasonic mampu melindungi peralatan elektronik dari masalah kebocoran sehingga memperpanjang masa pakai alat elektronik anda. Baterai ini juga ditutupi dengan tube, sebagai tambahan pelindungan untuk menjamin keamanan baterai.

Campaign

Seiring dengan peluncuran produk baterai ini, Panasonic juga meluncurkan kampanye yang bertema “Jodohnya Remote” dengan mengangkat fungsi utama produk baterai ini untuk Remote Control.

Baterai AAA Panasonic dapat ditemukan mulai bulan Januari 2015, dengan harga Rp 10,000/pack (isi 4 baterai), melalui modern market route seperti Carrefour, Indomaret, Alfa Midi, Best Denki serta tradisional market route seperti toko listrik, toko elektronik, dan warung kelontong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here