Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank Muamalat Indonesia Tbk telah menyiapkan uang tunai senilai Rp736 miliar guna memenuhi kebutuhan transaksi selama Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Langkah ini sebagai upaya untuk mendukung program Bank Indonesia dalam memastikan ketersediaan uang tunai layak edar selama bulan suci Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 Hijriah.
Indra Falatehan, Direktur Utama Bank Muamalat, menjelaskan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk penukaran uang baru dan penarikan tunai baik melalui ATM maupun di kantor cabang. “Kami memahami bahwa menjelang libur lebaran, kebutuhan transaksi perbankan masyarakat, seperti pengiriman dan penarikan uang, pasti akan meningkat. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan uang tunai sebagai bentuk kontribusi kami dalam melayani umat,” ujarnya.
Tidak hanya itu, Bank Muamalat juga turut berpartisipasi dalam program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024 yang digagas oleh Bank Indonesia. Melalui program ini, Bank Muamalat menyediakan layanan penukaran uang layak edar kepada masyarakat.
Selain gerai penukaran uang yang berlokasi di Istora Senayan dengan periode penukaran 28 – 31 Maret 2024, Bank Muamalat juga menyediakan layanan penukaran uang dan mobil kas keliling. Uang pecahan yang disediakan mulai dari pecahan paling kecil yaitu Rp1.000 sampai dengan pecahan Rp100.000.
Selama periode ini, Bank Muamalat tetap mengoptimalkan layanan digital seperti aplikasi mobile banking Muamalat DIN, internet banking, cash management system Madina serta jaringan ATM guna melayani kebutuhan transaksi nasabah. Penarikan uang tunai juga dapat dilakukan melalui Indomaret menggunakan fitur tarik tunai di aplikasi Muamalat DIN.
Manajemen dan seluruh karyawan Bank Muamalat turut mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim di bulan Ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga tercinta. Sebagai pionir bank syariah di Indonesia, Bank Muamalat senantiasa siap memudahkan urusan perbankan masyarakat kapan dan di mana saja.
“Kami ucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia. Terima kasih atas kepercayaannya kepada kami selama ini. Sebagai bank milik umat, kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik,” pungkas Indra.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Meski sedang berada di bulan Ramadan, Eatwell Culinary Group tetap melanjutkan langkahnya dalam melakukan ekspansi brand-brandnya dengan membuka outlet baru di lokasi strategis untuk lebih dekat dengan konsumennya. Salah satu langkah terbaru adalah pembukaan cabang ke-93 Ta Wan dan ke-43 Dapur Solo di AEON MALL Deltamas, Bekasi.
Ta Wan, restoran halal Chinese terkemuka di Indonesia, kini hadir dengan outlet baru di lantai GF AEON MALL Deltamas. Dengan mengusung konsep modern dan elegan, Ta Wan menawarkan beragam menu khas Chinese yang lezat dan hangat, cocok untuk berbuka puasa. Mulai dari Bubur Tiga Rasa, Ayam Goreng khas Ta Wan, hingga berbagai pilihan dimsum, Ta Wan siap memanjakan lidah pengunjung. Dalam rangka pembukaan outlet ini, Ta Wan menawarkan berbagai promo menarik, termasuk promo Ramadan Meriah dengan harga mulai dari Rp 199.000*.
Selain Ta Wan, Dapur Solo, yang merupakan pelopor masakan Jawa autentik, juga membuka outletnya yang ke-43 di AEON MALL Deltamas. Dengan nuansa tradisional Jawa yang dipadukan dengan sentuhan modern, Dapur Solo menawarkan beragam menu khas Jawa, mulai dari Nasi Langgi Solo, Nasi Gudeg Jogja, hingga makanan kudapan seperti Serabi Solo dan Comro. Semua menu dijamin halal dengan sertifikat Halal berpredikat A.
Melalui pembukaan outlet baru ini, Eatwell Culinary Group terus menegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan menyediakan pilihan menu yang berkualitas dan bervariasi.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Memasuki bulan suci Ramadan, MS GLOW Aesthetic Clinic, unit bisnis unggulan J99 Corp. di industri kecantikan, memberikan perhatian khusus terhadap perawatan kulit yang sangat penting selama bulan puasa. Dalam rangka menyambut Hari Raya, MS GLOW Aesthetic Clinic mengadakan intimate talkshow di Depok dengan dr. Prima Bachrul Alam sebagai narasumber utama, untuk berbagi tips dan cara menjaga kulit tetap sehat dan glowing selama menjalankan ibadah puasa dan merayakan Hari Raya.
Menurut dr. Prima Bachrul Alam, kurangnya asupan cairan tubuh selama puasa dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit, yang ditandai dengan kulit kering, gatal, tampak kusam, dan kurang elastis. Untuk mencegah dan mengatasi kulit dehidrasi, dr. Prima memberikan beberapa tips praktis:
1. Minum Air Putih: Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih per hari, baik saat buka puasa maupun sahur, untuk menjaga kelembapan kulit.
2. Hindari Minuman Beralkohol dan Berkafein: Konsumsi minuman beralkohol dan berkafein dapat mengurangi kelembapan kulit, sehingga sebaiknya dihindari.
3. Gunakan Pelembap: Rutin menggunakan pelembap akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.
4. Perhatikan Pola Makan: Konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti ikan berlemak, alpukat, dan sayuran hijau, juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.
Selain itu, dr. Prima juga menyoroti pentingnya perawatan kulit secara menyeluruh dengan penggunaan skincare yang tepat, termasuk perawatan di klinik kecantikan. MS GLOW Aesthetic Clinic menawarkan berbagai treatment yang dapat mengatasi kondisi kulit yang kurang terhidrasi, seperti Silk Peel, Caviar, Oxygeneo, Meso Jet Peel, dan Skin Booster.
Amelia Nasution, Direktur Komersial 99 Corp., menegaskan komitmen MS GLOW Aesthetic Clinic dalam memberikan informasi yang tepat dan edukatif kepada masyarakat. Dalam rangka mendukung tema Honesty atau Kejujuran, MS GLOW Aesthetic Clinic menawarkan layanan yang jujur dan transparan, serta menghadirkan promo spesial untuk bulan Ramadan dengan diskon 45% untuk seluruh treatment yang dilakukan setelah pukul 14.00. Promo ini berlaku mulai tanggal 29 Maret hingga 9 April 2024 di 8 cabang klinik MS GLOW Aesthetic Clinic di berbagai kota.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Salah satu kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan memiliki kulit yang bersih dan sehat. Namun, untuk mencapai kondisi kulit yang diinginkan, diperlukan perawatan yang maksimal. Selain mengunjungi klinik kecantikan, perawatan kulit juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah.
Sheet Mask telah menjadi pilihan populer bagi banyak perempuan Indonesia dalam merawat kulit. Terinspirasi oleh tren kecantikan Korea Selatan, Sheet Mask memberikan hasil yang instan, membuat kulit terasa lebih cerah dan lembap hanya dalam waktu singkat. Produk ini sangat berbeda dari skincare konvensional, baik dari segi kemasan maupun cara penggunaannya. Lembaran tipis berisi essence ini ditempelkan langsung pada wajah selama 15-20 menit, kemudian dilepaskan.
Implora Cosmetics baru saja meluncurkan produk terbarunya, Essential Sheet Mask, yang hadir dalam beberapa varian sesuai dengan kebutuhan kulit perempuan Indonesia. “Ini adalah produk Sheet Mask pertama Implora yang hadir dalam 4 varian, yaitu Blueberry untuk melembapkan, Avocado sebagai pencegah penuaan dini, Papaya untuk membersihkan dan merawat pori-pori, serta varian Aloe Vera untuk mengatasi masalah jerawat,” ungkap Gabriella Gebby, Digital Lead Implora.
Dengan harga di bawah Rp5 ribu, Implora Essential Sheet Mask menawarkan kualitas bahan yang terbukti berkualitas tinggi. Diharapkan Implora dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga setiap individu yang ingin merawat diri di rumah dengan mudah dan terjangkau dapat merasakan manfaat dari produk skincare yang berkualitas.
Untuk memudahkan akses, Implora Essential Sheet Mask dapat dibeli melalui berbagai platform e-commerce dan toko kosmetik resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan perawatan mudah di rumah menggunakan Essential Sheet Mask, kini setiap perempuan dapat meraih kulit yang sehat dan berseri tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Marketing.co.id – Berita Finance | BTN Prioritas, sebuah segmen dari Bank Tabungan Negara (BTN), memberikan dukungan yang kuat untuk Indonesia Fashion Week 2024 (IFW 2024). Langkah ini diambil dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perkembangan UMKM fashion, memberikan wadah bagi desainer dan brand lokal untuk memperkenalkan karya mereka secara luas, serta merebut pangsa pasar yang lebih besar, baik di dalam maupun di luar negeri.
Meru Arumdalu, Wealth Management Division Head PT. Bank Tabungan Negara menjelaskan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan brand awareness Bank BTN, yang terkenal sebagai bank yang menawarkan segmen perumahan, BTN meluncurkan program “Defining Your Priority” pada akhir tahun 2022.
“Program ini memungkinkan nasabah memilih manfaat yang sesuai dengan kebutuhan individu mereka. Melalui kerjasama dengan IFW, BTN Prioritas memberikan pengalaman langsung kepada nasabah melalui pagelaran fashion show,” ujar dia.
Para pengunjung IFW memiliki kesempatan untuk menjadi nasabah BTN Prioritas dan menikmati pengalaman yang ditawarkan, sambil memilih manfaat yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, menjadi nasabah BTN Prioritas juga memberikan akses kepada nasabah untuk menikmati berbagai manfaat lainnya.
Dengan meningkatnya jumlah UMKM di sektor fashion dan potensinya untuk bersaing di pasar global, diharapkan penduduk Indonesia akan semakin mencintai dan menggunakan produk lokal. Selain itu, keberlanjutan (sustainability) dalam industri fashion menjadi hal yang sangat penting, dan BTN ikut serta dalam IFW sebagai bagian dari komitmennya untuk mendukung upaya keberlanjutan ini.
“Dengan dukungan dari BTN Prioritas, IFW 2024 menjadi sebuah platform yang penting bagi UMKM fashion Indonesia untuk bersinar, memperluas jangkauan pasar, dan berkontribusi dalam pembangunan industri fashion yang berkelanjutan,” imbuh Poppy Dharsono, President IFW sekaligus Ketua Umum APPMi.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, umat Muslim di seluruh dunia menyambut momen kemenangan yang dinanti-nantikan, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Keberkahan bulan suci Ramadan tidak hanya dirasakan oleh umat Muslim saja, tetapi juga menjadi pengalaman manis bagi banyak individu dari berbagai latar belakang agama. Di tahun ini, Propan Raya kembali menyemarakkan suasana lebaran dengan menghadirkan promo spesial guna menambah keceriaan lebaran tahun 2024.
Promo Lebaran dari Propan Raya menawarkan diskon fantastis berupa cashback atau potongan harga yang bervariasi mulai dari 10%, 12%, hingga 25% untuk pembelian produk tertentu tanpa minimum transaksi. Produk yang mendapatkan diskon meliputi beragam pilihan seperti cat tembok, cat lantai, cat besi, hingga inovasi terbaru seperti cat anti karat 2n1 sekaligus cat dasar dan akhir.
Julius Kurata, Business Unit Retail Division Head Propan Raya, menyatakan, “Propan Raya memberikan Promo Lebaran 2024 dengan produk yang beragam, bertujuan agar masyarakat dapat menciptakan rumah yang nyaman dan menawan untuk menyambut tamu yang datang di hari yang fitri.”
Promo Lebaran 2024 Propan Raya berlangsung dari 12 Februari hingga 31 Maret 2024 di seluruh outlet retail dan Modern Outlet di seluruh Indonesia. Masyarakat diimbau untuk segera dapatkan cat impian mereka di outlet terdekat agar rumah dapat tampil menawan saat lebaran tiba.
Marketing.co.id – Berita Ritel | Supermarket Super Indo bersama Foodbank of Indonesia (FOI) kembali menggelar program “Senyuman Ramadan” dalam rangka bulan suci Ramadan 1445 H. Program ini bertujuan untuk menyebarkan 3000 paket makanan di 30 Kota/Kabupaten di Jawa dan Sumatra kepada keluarga prasejahtera, terutama manula dan anak-anak.
Mengusung tema “Semua Bisa Nyumbang Makanan di Bulan Ramadan”, program ini didukung oleh 7 mitra pemasok terpilih, antara lain Belfoods, CEDEA, Sunpride, Daitsabu, AICE Ice Cream, 365 Tuna Kaleng, dan 365 Minyak Goreng. Kolaborasi ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu, terutama dalam menghadapi kenaikan harga bahan pangan selama bulan Ramadan.
Yuvlinda Susanta, General Manager Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, menyatakan, “Sejak tahun 2018, Super Indo telah berkomitmen untuk mencegah kemubaziran pangan dan membantu warga yang membutuhkan melalui kerjasama dengan FOI. Dengan dilaksanakannya program Senyuman Ramadan ini, kami berharap dapat berbagi kebahagiaan dengan masyarakat pra-sejahtera di bulan suci Ramadan.”
CEO Foodbank of Indonesia Networking, Hendro Utomo, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Super Indo atas kerjasama yang telah terjalin. Dapur Umum dan Dapur Bergerak Mustikarasa beroperasi penuh selama program ini untuk menyiapkan dan mendistribusikan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan.
Program Senyuman Ramadan juga mendapat apresiasi dari Nita Yulianis, S.P., M.Si, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dari berbagai pihak dalam menjamin akses pangan untuk semua lapisan masyarakat.
Program ini merupakan aksi sosial dimana Super Indo dan mitra pemasok menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan selama program berlangsung. Semakin banyak produk yang terjual, semakin maksimal nilai donasi yang diberikan kepada penerima manfaat. Hal ini bertujuan untuk membuka akses pangan sehat bagi masyarakat yang membutuhkan selama periode Ramadan dan Idul Fitri.
Yuvlinda menutup pernyataannya dengan mengajak semua pihak untuk bergotong-royong dalam membuka akses pangan sehat bagi masyarakat. “Kami percaya kepedulian dan aksi nyata mampu mengakhiri kesulitan. Kami berharap lebih banyak perusahaan yang mengikuti jejak Super Indo dan terlibat dalam aksi gotong-royong ini.”
Marketing.co.id – Berita Digital | Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan inovasi terbaru berupa Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/24) di Jakarta. Versi terbaru tersebut dapat meningkatkan performa sistem e-Purchasing Pemerintah dengan menggandeng PT Telkom Indonesia (Persero) melalui unit GovTech Procurement, yang fokus melayani transformasi digital untuk pengadaan pemerintahan.
Kepala LKPP Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi, mengatakan bahwa melalui Katalog Elektronik Versi 6 memberikan kemudahan kepada para stakeholder dalam melakukan transaksi atau belanja pemerintah.
“Dibandingkan dengan sistem sebelumnya, dengan menggunakan Katalog Elektronik Versi 6, masyarakat dapat memantau lebih baik atas proses pengadaan pemerintah, mulai dari harga, spesifikasi produk, hingga gambarnya bisa dilihat oleh siapa saja. Inovasi terbaru ini lebih efisien, efektif, transparan dalam proses transaksi pengadaan,” ujar Hendi.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. menambahkan bahwa Katalog Elektronik versi 6 dirancang sebagai platform digital yang memudahkan proses pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah. “Harapan kami adalah menciptakan sistem pengadaan yang lebih kompetitif dan memberikan keuntungan bagi pihak pembeli (buyer) dan penjual (seller).” ungkapnya.
Keunggulan dari fitur terbaru ini antara lain kemudahan menemukan produk, melakukan pembayaran, serta memonitor proses transaksi yang sedang berjalan. Pengguna akan dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka butuhkan, sehingga mempercepat proses pengadaan barang/jasa.
Katalog Elektronik Versi 6.0 saat ini diterapkan di 5 (lima) Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/PD) sebagai piloting, yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, LKPP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Selama masa migrasi dan piloting, sistem yang sebelumnya masih dapat digunakan hingga akhir tahun 2024. “Kami targetkan bahwa pengembangan Katalog Versi 6 sudah rampung pada akhir tahun ini, jadi seluruh K/L/PD sudah dapat menggunakannya,” tutup Hendi.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Indonesia Fashion Week 2024, panggung mode terbesar di Tanah Air, mengumumkan keterlibatan Vespa sebagai Official Lifestyle & Mobility Partner.
Kehadiran Vespa di Indonesia Fashion Week 2024 memperkuat posisinya dalam dunia fashion, desain, dan gaya hidup kontemporer. Acara ini menampilkan sebuah pagelaran busana istimewa yang menghadirkan karya seni dari 12 desainer muda dari Accademia Koefia Roma, sebuah sekolah mode terkemuka di Roma, Italia, serta desainer ternama dari Indonesia seperti Ghea Resort by Amanda Janna, Lakon Store, dan Deva States.
Koleksi busana yang dipresentasikan terinspirasi oleh Vespa, yang kemudian diterjemahkan ke dalam karya seni yang mencerminkan kepribadian dan gaya hidup para pecinta Vespa. Mulai dari tampilan memukau untuk acara malam yang elegan, hingga gaya berkendara sehari-hari yang penuh gaya, serta momen liburan yang trendi bersama Vespa.
Acara ini diadakan pada tanggal 28 Maret 2024 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, sebagai bagian dari rangkaian acara Indonesia Fashion Week 2024 yang bertema “Langgam Jakarta Teranyam”, dan berlangsung dari tanggal 27 hingga 31 Maret 2024.
Marketing.co.id – Berita Digital | Saat Eropa memasuki era DMA di mana para pemain terbesar di bidang teknologi melonggarkan cengkeraman mereka terhadap industri ini, mari kita lihat kembali sejarah Undang-Undang Pasar Digital(Digital Markets Act) Uni Eropa yang penting dan dampaknya terhadap legislasi serupa di Indonesia dan negara lainnya.
“Apakah Anda sudah mengerti?” Kata-kata Steve Jobs pada saat peluncuran iPhone pada tahun 2007 telah tercatat dalam sejarah, tetapi makna sebenarnya masih terabaikan. Ketika smartphone hadir di akhir 2000-an, mereka dimaksudkan untuk membebaskan konsumen dengan menggabungkan ponsel dengan kekuatan PC.
Dua dekade kemudian, mereka telah mengubah masyarakat, namun potensinya terhambat. Ironisnya, perusahaan-perusahaan yang memicu revolusi ini adalah perusahaan-perusahaan yang sama. Di antara mereka, toko aplikasi Apple dan Google telah mendominasi pasar, membebankan biaya tinggi kepada para pengembang, mencegah tersedianya toko aplikasi alternatif, dan mengurangi pilihan konsumen. Apakah Anda sudah mengerti?
Uni Eropa (UE) sudah mengerti. September tahun lalu, Digital Markets Act (DMA) menyerukan untuk mengakhiri situasi ini. Berusaha memecah monopoli para pemain besar teknologi, undang-undang ini menyatakan bahwa pada Maret 2024, Apple dan Google akan diwajibkan untuk mengizinkan pengguna mengunduh toko aplikasi alternatif di iOS dan Android. Selain itu, mereka juga harus mengizinkan konsumen memilih aplikasi default pada smartphone baru. Akhirnya, orang-orang mungkin akan mulai memahaminya.
Untuk negara seperti Indonesia, yang memiliki pasar dengan pengguna ponsel terbanyak di dunia dan pasar ponsel pintar terbesar keempat di dunia secara keseluruhan, peraturan mengenai ponsel pintar dan membuat pasar lebih adil bagi semua pihak yang terlibat adalah hal yang sangat penting. Dengan penetrasi smartphone di Indonesia yang mencapai 68% dan terus meningkat, kebutuhan akan regulasi menjadi semakin mendesak. Tapi bagaimana kita bisa sampai di sini? Seiring dengan dimulainya era baru dalam ponsel pintar dan aplikasi, mari kita telusuri sejarahnya.
Monopoli bukanlah hal yang baru. Ketika perdagangan modern mulai berkembang pada abad ke-18, orang-orang seperti ekonom Inggris Adam Smith sudah mencerca mereka. “Semakin bebas dan semakin umum persaingan” dari entitas komersial, Smith menyelidiki dalam The Wealth of Nations (1786), semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan fasilitas “menguntungkan” dari perdagangan kompetitif.
Sebelum DMA, situasi di dunia teknologi menyerupai situasi yang dikecam oleh Smith. Sejak smartphone dan toko aplikasi pertama kali membanjiri pasar setelah tahun 2008, sejumlah kecil perusahaan telah mengambil alih kendali bisnis. Di Amerika Serikat, Apple menguasai 61% pasar ponsel pintar, sementara secara global, Android menguasai 72% dari seluruh sistem operasi dan sisanya hampir semuanya adalah iOS. Indonesia membalikkan keadaan di Amerika Serikat, dengan Android menguasai hampir 72% pasar ponsel dan iOS melengkapi sisanya. Sederhananya, banyak orang yang tidak dapat dengan mudah mengakses sejumlah besar aplikasi yang berguna dan menyenangkan yang tersedia di ekosistem toko aplikasi alternatif yang sedang berkembang-sampai sekarang.
Sebelum undang-undang penting Uni Eropa, tantangan terhadap keuntungan komersial yang tidak adil ini sudah terjadi. Pada Juli 2018 dan Maret 2019, Komisi Uni Eropa (European Commission/EC) mendenda Google sebesar €4,34 miliar dan €1,49 miliar karena melanggar peraturan anti monopoli. Selanjutnya pada Juli 2020, Komisi Eropa memerintahkan konsultasi publik tentang apa yang akan menjadi DMA, memeriksa “masalah yang mungkin memerlukan intervensi di tingkat Uni Eropa.” Menjelang Natal, DMA telah menjadi bagian dari strategi digital Uni Eropa.
Pada saat yang sama, gemuruh di seberang sana menunjukkan tingkat ketidakpuasan di bidang teknologi itu sendiri atas status quo ini. Pada Agustus 2020, studio video game Epic menggugat Apple dan Google menggunakan undang-undang antimonopoli Sherman. Awal bulan itu, raksasa seluler tersebut menarik game Fortnite yang sangat populer milik Epic dari toko aplikasi mereka setelah pengembang memperbaruinya dengan opsi pembayaran langsung – elemen lain yang dikontrol ketat oleh dua perusahaan bernilai triliunan dolar ini. Desember lalu, Epic memenangkan kasusnya melawan Google, dan meskipun kalah dalam tuntutannya terhadap Apple, pengadilan memutuskan bahwa Epic diizinkan untuk mempromosikan opsi pembayarannya sendiri.
Baik secara langsung maupun tidak langsung, semua ini adalah bagian dari latar belakang DMA. Setelah diadopsi sebagai strategi Uni Eropa, undang-undang ini secara resmi diusulkan oleh Komisi Eropa pada Juli 2021, dan menjadi undang-undang pada 1 November 2022. September lalu, UE kemudian menempatkan Alphabet (alias Google), Amazon, Apple, ByteDance, Meta, dan Microsoft di bawah pengawasan khusus untuk memberikan kebebasan kepada pengguna dalam memilih layanan dan perangkat lunak yang ingin mereka gunakan. Jika pada Maret ini perusahaan-perusahaan tersebut belum memenuhi harapan, mereka dapat menghadapi proses hukum.
Tidak mengherankan jika negara-negara lain mengikuti langkah ini. Pada 2021, Korea Selatan mengesahkan undang-undang yang membatasi kontrol Apple dan Google atas pembayaran di toko aplikasi, dan pada tahun berikutnya, Komite Tetap Parlemen India untuk Perdagangan mengusulkan peraturan bergaya DMA. Di tempat lain, pemerintah Inggris telah mengajukan RUU Pasar Digital yang “pro-kompetisi”, dan di Amerika Serikat, Senat AS akan mempertimbangkan Undang-Undang Inovasi dan Pilihan Online Amerika, yang keduanya sebanding dengan DMA. Pada saat yang sama, masalah produsen iPhone terus meningkat.
Menyusul penyelidikan terhadap praktik toko aplikasinya oleh Komisi Eropa yang dimulai pada 2021, Apple mengakui pada Januari ini untuk memberikan akses kepada para pesaingnya di Eropa ke sistem pembayaran nirsentuhnya. Selain itu, pada saat yang sama ketika Apple mengumumkan bahwa mereka akan membagi toko aplikasinya menjadi dua agar sesuai dengan DMA, Departemen Kehakiman AS baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang dalam tahap akhir investigasi lain terhadap perusahaan tersebut yang dapat mengarah pada kasus antimonopoli.
Menanggapi tantangan yang terus berkembang dari lanskap smartphone dan layanan modern, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia juga mengembangkan peraturan anti-monopoli untuk ekosistem digital, yang terinspirasi oleh Digital Market Act (DMA) dan Digital Service Act (DSA) dari Uni Eropa.
Peraturan-peraturan ini bertujuan untuk memastikan persaingan yang sehat dan mengatasi masalah-masalah seperti konten online ilegal, perlindungan anak di bawah umur secara online, dan praktik-praktik penipuan. Diharapkan akan diberlakukan sebagai Peraturan Pemerintah (PP), peraturan-peraturan ini akan melengkapi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), yang mencakup manajemen sistem elektronik dan perlindungan anak di ruang digital, untuk mendorong terciptanya lapangan bermain yang setara bagi bisnis dan inovasi di ranah digital.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hal ini bukanlah bahwa perusahaan-perusahaan yang sukses itu buruk. Sebaliknya, seperti yang disoroti oleh Thierry Breton, ini adalah tentang pilihan konsumen dan memungkinkan adanya persaingan sehingga ada lebih banyak perusahaan yang sukses-bukan lebih sedikit.
Dunia membutuhkan merek-merek besar. Namun, dunia juga membutuhkan perusahaan-perusahaan yang lebih kecil untuk mencapai skala yang lebih besar agar industri dan teknologi dapat berkembang. Sebelumnya, hal ini tidak mungkin terjadi. Namun dengan dukungan dan pengaruh DMA yang mendorong negara-negara seperti Indonesia untuk mengikutinya, mudah-mudahan hal ini akan menjadi arah perjalanan di tempat lain juga. Lagipula, jika Uni Eropa bisa mendapatkannya, mengapa dunia tidak?
Artikel ini dikirim dan ditulis oleh Julie Huang, Direktur Pengembangan Bisnis, AVOW
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, FOTILE Indonesia kembali menghadirkan Great Sale yang dinanti-nantikan. Acara ini akan diselenggarakan di FOTILE Showroom & Kitchen Studio, Jl. Sultan Iskandar Muda No. 7C, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Indonesia, mulai tanggal 20 hingga 31 Maret 2024.
Dalam Ramadan Great Sale ini, FOTILE menawarkan beragam produk berkualitas tinggi untuk kebutuhan dapur, mulai dari kompor hobs, oven, range hood, dishwasher, dan masih banyak lagi. Pelanggan akan menikmati potongan harga yang menggiurkan, dengan diskon mencapai 80%. Ini adalah kesempatan istimewa untuk memperoleh peralatan dapur FOTILE dengan harga yang sangat terjangkau.
Tommy Pratomo, Head of Marketing FOTILE Indonesia, menyatakan, “Ramadan Great Sale kembali diadakan setelah kesuksesan Great Sale perdana akhir 2023 sebagai upaya kami untuk merayakan kegembiraan di bulan suci Ramadan dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan teknologi terkini dapur dunia dengan harga spesial produk FOTILE untuk hari yang fitri.”
Selain diskon besar-besaran, FOTILE juga akan memberikan hadiah eksklusif kepada 10 pelanggan pertama setiap harinya, tanpa syarat pembelian. Setiap pelanggan beruntung akan menerima sebuah hadiah berupa single knife yang praktis untuk membantu memasak hidangan favorit di rumah.
Marketing.co.id – Berita Marketing | Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sehari penuh dari fajar hingga maghrib, yang berlangsung selama 29 hingga 30 hari sesuai dengan kalender Islam.
Selain berpuasa, bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh dengan kegiatan keagamaan seperti sholat tarawih, bersedekah, berzakat dan kegiatan sosial. Bulan ini juga erat kaitannya dengan kasih sayang dan mempererat tali silahturahmi, sehingga tidak heran jika momen buka puasa bersama orang-orang tersayang juga menjadi salah satu tradisi yang semakin berkembang di masyarakat Indonesia.
Berbuka puasa di rumah maupun di luar rumah, menjadi momen yang dirayakan oleh masyarakat, bahkan bagi mereka yang tidak berpuasa juga ikut meramaikan buka puasa bersama.
Suasana mengantri dan berburu takjil, menunggu adzan maghrib sambil bercengkrama dan beramah-tamah juga menjadi gambaran khas dari bulan suci Ramadan. Tak mengherankan jika banyak antrian reservasi di tempat-tempat makan/nongkrong untuk “bukber” bersama keluarga, teman, kolega hingga business partner.
Dalam kemeriahan Ramadan kali ini, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk Rasa” dimana lebih dari puluhan tenant ragam jajanan makanan dan minuman untuk buka puasa dihadirkan di sini.
Mulai dari takjil seperti batagor, gohyong, bakso goreng, cireng, kue balok, es pisang hijau, hingga makanan berat seperti nasi pecel madiun, kwetiau goreng, empal gentong hingga konro bakar tersedia untuk menjadi pilihan menu buka puasa bersama. Event ini diselenggarakan mulai 21 Maret hingga 21 April 2024, setiap hari mulai pk15.00 – pk22.00.
“Kami menghadirkan Umami Unjuk Rasa ini tentu untuk bisa mengakomodir kebutuhan penghuni Skandinavia Apartment serta pengunjung Tangcity Mall dalam suasana euphoria berbuka puasa bersama. Tak hanya pilihan makanan dan minuman yang semakin beragam, tapi juga suasana nyaman di Umami Eats menjadi pilihan bagi mereka yang menyukai konsep semi-outdoor dan live music.” Jelas Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock.
Umami Eats dengan vibes estetik dengan konsep dekorasi ala Jepang ini telah hadir melengkapi fasilitas apartemen dan area superblock sejak Maret 2022 dan berkembang sebagai area untuk hang out penghuni, pengunjung, serta masyarakat Kota Tangerang.
Marketing.co.id – Berita Properti | Cikarang dikenal dengan kawasan industri dan kota industri terbesar di Asia Tenggara. Di kawasan ini berdiri sekitar 4.000 perusahaan dari berbagai negara dan dihuni oleh banyak ekspatriat.
Data dari BPS 2021 menyebutkan ada 3,2 juta jiwa populasi penduduk di kota Cikarang. Hal ini menyebabkan fenomena naiknya kebutuhan hunian yang sangat masif sehingga kebutuhan area komersial dan residensial di wilayah ini juga semakin tinggi.
Rata-rata industri di Cikarang merupakan perusahaan multinasional dengan jumlah pekerja ekspatriat mencapai lebih dari 22.000 orang. Masyarakat baik ekspatriat maupun lokal di kawasan ini masih sangat membutuhkan hunian dengan lokasi strategis yang memiliki fasilitas lengkap, aman, dan sehat.
PT Sri Pertiwi Sejati (SPS Group) hadir untuk menjawab semuanya. Setelah sukses menjual hunian komersialnya dua tahun lalu yang telah sold out 100 persen, SPS Group meluncurkan hunian naik kelas dari yang sebelumnya.
Cikarang International City (CINITY) yang memiliki total lahan seluas 560ha, menjadikan CINITY pertama dan satu-satunya township terbesar yang ada di Cikarang. CINITY akan mengembangkan pusat komersial dan residensial dengan total area hijau seluas 70 ha dengan lanskap alam yang jauh dan berbeda dari kawasan Industri. Dengan konsep “When Nature Meets The Future” ketika alam menyatu dengan teknologi dan jauh dari hiruk pikuk industri.
Ini yang menjadikan CINITY berbeda dari township yang lain, ditambah CINITY memiliki lokasi yang premium. Berada strategis hanya 40 menit menuju CBD Jakarta, 5 menit menuju Stasiun Cikarang, dan 10 menit Exit Tol Telaga Asih. Memiliki aksesibilitas mudah ditengah kemajuan transportasi umum, CINITY menjadi salah satu kawasan dengan TAD City (Transit Adjacent Development) Kawasan dekat dengan transportasi massal yang terintegrasi.
Berada tepat di pusat kota Cikarang yaitu di jalur provinsi yang menghubungkan Karawang dengan Jakarta di Jl. Gatot Subroto. CINITY dalam komitmennya juga akan membangun Direct Access Tol langsung di dalam kawasan yang hanya membutuhkan waktu 5 menit ke Exit Tol Gabus.
“CINITY merupakan the real “township” di Cikarang karena berada tepat di pusatnya kota Cikarang yang memilki lokasi yang berbeda dari industri. Dengan lokasi yang strategis dan akses yang luar biasa, menjadi sasaran empuk sebagai tempat hunian sekaligus investasi properti yang menjanjikan”, ujar CEO PT Sri Pertiwi Sejati Ming Liang.
CINITY menyasar target market di kategori middle sampai upper dan cenderung kalangan milenial. Karakteristik konsumen milenial tidak hanya melihat faktor harga saja melainkan memperhatikan kualitas dan value yang diperoleh ketika membeli suatu properti.
Ciptakan ekosistem kesehatan
Dalam mewujudkan komitmennya menjadi pusat hunian dan komersial yang memiliki fasilitas lengkap, SPS Group melakukan Signing Ceremony bersama Aspen Medical. Aspen Medical adalah rumah sakit bertaraf internasional asal Australia yang telah berkiprah di dunia kesehatan kurang lebih 20 tahun di berbagai negara.
Rencananya Aspen Medical ini akan hadir tepat disebelah cluster baru di CINIITY yaitu Cluster Mizumi. Bergabungnya Aspen Medical di CINITY merupakan kabar baik bagi dunia kesehatan, pasalnya Aspen Medical merupakan rumah sakit pertama dengan standar internasional di Cikarang dan mendapatkan sertifikasi dari WHO (World Health Organization).
Aspen Medical akan dibangun di kawasan CINITY pada luasan 2,4 ha dengan tahap 1 yaitu 200 kamar tidur. Dilengkapi dengan peralatan medis yang lengkap dan tenaga ahli medis yang kompeten.
Bukan hanya membangun rumah sakit berstandar internasional, CINITY juga akan membentuk Healthcare Ecosystem. Ekosistem ini mencakup rumah sakit, feeder klinik, praktik dokter, training medical center, organisasi kesehatan, sampai dengan kebutuhan ekspor impor di bidang kesehatan.
“Rencana kami untuk membangun Rumah Sakit Aspen Medical di CINITY menandai ekspansi dari ekosistem rumah sakit untuk mewudujukam rencananya dalam membangun lebih dari 20 rumah sakit dan ratusan klinik di seluruh provinsi Jawa Barat untuk mecakup pusat pelatihan keperawatan dan medis berbasis komunitas”, jelas CEO Aspen Medical Indonesia, dr. Andrew Rochford.
Luncurkan cluster MIZUMI bernuansa danau
Bersamaan dengan itu, CINITY juga meluncurkan Cluster Mizumi, kluster baru di kota mandiri CINITY dengan total luasan 11 ha yang memiliki konsep Jepang bernuansa danau dengan fasilitas yang lengkap. Mengusung konsep dan nuansa Jepang, Mizumi menghadirkan 3 Japanese Thematic Garden yang memiliki nuansa autentik Jepang yang berbeda.
Mizumi memilki danau seluas 2 ha yang dikelilingi langsung oleh jogging track dan viewing deck. Fasilitas penunjang lainnya Exclusive Clubhouse, Swimming Pool, Basketball Court, Children Playground, dan Indoor Gym.
Dengan green scenery yang mengelilingi cluster ini, Mizumi menawarkan fasilitas outdoor yang menarik diantaranya modern gazebo, yoga garden, bbq area, outdoor gym, sampai dengan reflexology walkway yang dikelilingi oleh pepohonan rindang.
Dengan fasilitas yang lengkap dengan lingkungan yang nyaman, hunian ini hanya dibanderol mulai dari Rp500 jutaan dengan cicilan 2 jutaan perbulan all in dengan free PPN, free BPHTB, free AJB,dan free biaya akad. Hunian yang akan hadir dengan total luasan 60 meter dengan 2 lantai 3 kamar tidur memiliki 2 tipe fasad. Dengan 2 tipe ukuran yakni tipe 36/60 dan 46/60.
Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk (“WOM Finance” atau “Perseroan”), menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”), pada Kamis (28/3/24) di Jakarta.
RUPST WOM Finance tahun 2024 mencatatkan laba bersih sepanjang tahun 2023, dimana salah satu keputusannya para pemegang saham menyetujui pembagian dividen tunai sebesar 30% dari laba bersih atau setara Rp70,92 miliar atau sebesar Rp20,37 per saham.
Perseroan sendiri berhasil mencatatkan kinerja yang positif, total penyaluran pembiayaan Perseroan mengalami kenaikan sebesar 27,75% dibandingkan tahun sebelumnya, dari Rp4,58 triliun menjadi Rp5,84 triliun.
Sementara Laba bersih Perseroan mencapai Rp236,41 miliar atau naik 19,64% dari Rp197,60 miliar. Perseroan juga berhasil mencatatkan Return on Asset sebesar 5,04% dan Return on Equity sebesar 14,97% serta Non Performing Financing (“NPF”) Gross sebesar 2,08%.
Djaja Suryanto Sutandar, Presiden Direktur WOM Finance dalam paparannya menyampaikan bahwa Perseroan berhasil mengakhiri tahun 2023 dengan pencapaian yang positif sehingga mencatatkan pertumbuhan aset serta profitabilitas, di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan.
“Perseroan juga menjalankan berbagai inisiatif untuk membuka berbagai peluang serta terus memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya. Inisiatif Inisiatif ini mendukung WOM Finance untuk terus meningkatkan pertumbuhan aset dan membukukan kinerja positif pada tahun 2023,” sambung Djaja.
“Kami tetap optimis di tahun 2024, meskipun masih akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi perekonomian di Indonesia. Kami pun tetap mengambil langkah prudent dan fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan yang ada di pasar dan terus melakukan ekspansi ke wilayah baru ke depannya,” tutupnya.