Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Otten Coffee Bantu Petani Kopi Lewat Program Bibit Indonesia

Marketing.co.id – Berita UMKM, Lifestyle | Tanggal 1 Oktober tidak hanya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila saja namun juga merupakan Hari Kopi Internasional. Indonesia terkenal memiliki produk kopi yang kualitasnya tidak diragukan lagi, salah satunya adalah kopi dari hewan Luwak. Sebagai produk lokal, kopi dimanfaatkan menjadi bisnis yang menjanjikan. Bertaburan kafe kopi dengan tema yang menarik saat ini di semua wilayah di Indonesia. Banyak kafe kopi yang mengambil langsung biji kopi dari petani-petani kopi lokal. Sayangnya, karena dampak pandemi Covid-19 ini mempengaruhi para petani kopi yang kesulitan menyalurkan hasil panennya.

Petani Otten Coffee yang mengikuti program Bibit untuk Indonesia. Foto: Istimewa.

Adalah Otten Coffee, pelopor e-commerce di bidang kopi yang didirikan oleh Jhoni Kusno dan Robin Boe, yang mengajak masyarakat berpartisipasi mendukung produktivitas kopi lokal lewat program Bibit Untuk Indonesia. Program ini berbentuk pengadaan bibit untuk petani single origin Nusantara yang ditujukan untuk masyarakat umum khususnya penikmat kopi agar produktivitas kopi lokal tetap terjaga.

Dengan membeli kopi jenis apa saja di Otten Kopi, secara otomatis para penikmat kopi sudah ikut berkontribusi sebesar 10% dari harga penjualan dalam bentuk bibit untuk petani kopi single origin nusantara. Perlu diketahui, hingga saat ini Otten Coffee telah memasarkan 84 jenis lokal Single Origin yang merupakan produk kopi asli Indonesia dari berbagai daerah.

Salah satu kopi Single Origin Nusantara yang ada di Otten Coffee. Foto: Istimewa.

CEO Otten Coffee Jhoni Kusno mengatakan, “Otten Coffe mendukung program Bibit untuk Indonesia dengan cara di setiap bungkus kopi Indonesia yang didistribusikan Otten Coffee, ada profil petani yang akan menerima manfaat. Tidak hanya profil saja, namun yang menarik adalah cerita tentang bagaimana mereka melalui hambatan sebagi petani kopi serta cara mengatasinya. Di Hari Kopi Internasional ini, kami ingin memberikan semangat dan apresiasi untuk para petani kopi dengan menjawab tangangan terhadap keterbatasan akses pada konsumen serta pemahaman akan bibit unggul yang berkualitas”.

Berdasarkan data United States Department of Agriculture (USDA), Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Bahkan pada tahun 2019, produksi biji kopi Indonesia mencapai 729,1 ribu ton. Meski demikian, masih banyak petani yang kurang mengetahui apa saja kriteria bibit berkualitas. Oleh karena itu, di samping menanam dan memanen, penting untuk membekali mereka mengenai kopi berkualitas lewat program Bibit Untuk Indonesia. Otten Coffee berperan dari hulu dalam hal menyediakan bibit unggul hingga hilir dalam mendistribusikan keberagaman biji kopi Indonesia secara luas.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top