Oreo Luncurkan Edisi Wastra Spesial: Rayakan Warisan Budaya Nusantara

0
Oreo
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Wastra, kain tradisional Indonesia yang diakui secara global sebagai warisan budaya yang penuh keindahan. Telah menjadi simbol pemersatu berbagai budaya yang ada di Indonesia. Dalam semangat tersebut dan bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional, Oreo, produk unggulan dari Mondelez Indonesia. Meluncurkan edisi khusus Oreo Batik dengan desain kemasan berhiaskan empat motif kain wastra.

Dengan menghadirkan kemasan yang terinspirasi dari empat corak wastra Indonesia. Oreo mengajak masyarakat untuk menghargai dan merayakan keberagaman budaya Indonesia. Sembari menciptakan momen kebersamaan yang seru dengan Oreo.

Batik warisan budaya Indonesia

Apresiasi dan dukungan pun diberikan oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atas hadirnya edisi spesial ini. “Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari OREO yang mengajak kita semua untuk lebih menghargai dan merayakan keberagaman budaya Indonesia. Khususnya kain batik yang telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2009.

Kami berharap inisiatif ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terutama generasi muda, agar memiliki kebanggaan dan tergerak untuk turut melestarikan dan mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Dengan melestarikan batik, kita juga menjaga kearifan lokal yang bisa menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi generasi mendatang,” kata Sandiaga.

Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications and Government Affairs Mondelez Indonesia menjelaskan, peluncuran edisi spesial ini merupakan salah satu wujud komitmen berkelanjutan Mondelez Indonesia untuk selalu berinovasi dengan menonjolkan kearifan budaya dan mendukung industri lokal.

“Oreo telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga Indonesia dan dalam misinya untuk membawa kebahagian ke seluruh dunia. Kami pun turut berbangga bahwa setiap keping yang dinikmati di 40 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah dan termasuk Jepang, Australia dan Selandia Baru, merupakan sebuah persembahan dari Indonesia. Dibuat oleh orang Indonesia dan untuk dinikmati orang Indonesia dan dunia,” jelas Khrisma.

Edisi khusus Oreo motif Wastra dari 4 wilayah Indonesia

Mengenai edisi khusus Oreo Batik, Dian Ramadianti, Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia, menjelaskan bahwa kemasan edisi spesial ini menampilkan motif wastra dari empat wilayah Indonesia. Setiap varian rasa Oreo diperkaya dengan corak yang unik, seperti Batik Mega Mendung dari Cirebon pada varian original, Kain Songket dari Palembang pada varian Strawberry, Tenun Sengkang dari Makassar pada varian Blueberry, dan Tenun Endek dari Bali pada varian Coklat.

Untuk mendalami lebih jauh mengenai kekayaan budaya Indonesia, terutama batik, Oreo juga berkolaborasi dengan desainer terkenal, Era Soekamto. Menurut Dian, edisi spesial ini diharapkan dapat mengajak masyarakat merayakan keragaman budaya sambil menciptakan momen kebersamaan dengan Oreo.

Era Soekamto menambahkan bahwa wastra Nusantara menyimpan nilai-nilai luhur yang bisa menyatukan Indonesia, dan berharap bahwa edisi ini akan semakin meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya Indonesia.

Senada dengan itu, Nadine Chandrawinata, seorang penggemar kain tradisional, berharap edisi spesial ini dapat menginspirasi masyarakat untuk merasa bangga dengan warisan budaya mereka, dimulai dari keluarga.

Oreo juga meluncurkan program promosi menarik, termasuk merchandise eksklusif dari Era Soekamto serta kompetisi desain Batik digital. Selain itu, sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Oreo Berbagi,” Oreo memberikan dukungan kepada para pengrajin batik, terutama di Cirebon, melalui bantuan peralatan dan pelatihan untuk meningkatkan produktivitas mereka serta mendorong regenerasi pengrajin batik dari kalangan muda.