Optimistis Raih Sukses di Ranah Daily Deals

MARKETING.co.id – Pada awal kemunculannya di pertengahan tahun 2010 silam, hanya satu sampai dua situs daily deals yang menawarkan kupon diskon online. Belakangan bermunculan situs-situs baru dengan menawarkan diferensiasi dan keunggulan masing-masing. Tak ketinggalan Infomedia, selaku penyedia jasa direktori terkemuka di Indonesia, pun turut meramaikan persaingan dengan merilis situs www.goodizz.com pada penghujung tahun 2011.

“Bisnis semacam daily deals akan terus tumbuh dan berpotensi jika dikelola dengan baik. Oleh karena itu, prinsip kepercayaan dan integritas dari portal tersebut harus tetap terjaga. Sebab, sejatinya bisnis online adalah bisnis kepercayaan,” kata Muhammad Awaluddin, Presiden Direktur PT Infomedia Nusantara.

Ditambahkan Awaluddin, peluncuran sistus daily deals ini merupakan persiapan migrasi bisnis Infomedia dari penyedia jasa direktori yang berbasis printed menuju online. Sebab, potensi pengembangan bisnis direktori di masa mendatang akan mengarah pada digital rich content (DRC), seperti informasi merchant dan data.

“Pengembangan GooDizz merupakan salah satu strategi perseroan dalam rangka ekspansi portofolio bisnis online berbasis internet guna memperkuat kinerja di tahun 2012. Portal ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan Infomedia dengan berupaya mengambil porsi ‘kue’ yang masih besar dalam industri ini, sebab pemainnya masih sedikit,” sebut dia.

Sebagai pendatang baru, keberadaannya bukan sekadar ikut-ikutan meramaikan pasar bisnis daily deals. Pasalnya, Infomedia selaku pemilik domain sudah cukup berpengalaman dalam mengelola portal komersial, dan memiliki database merchant yang telah mencapai 25.000 merchant dengan sekitar 700 ribu atribut data yang dikelola sejak tahun 2005.

Alhasil, peluang untuk meraih sukses di bisnis daily deals sangatlah besar, apalagi Infomedia didukung oleh basis konsumen yang besar dari Telkom Group dengan jumlah mencapai 130 juta pelanggan.

Sejak dirilis pada 1 November 2011 lalu, hingga saat ini GooDizz sudah menjual sedikitnya 65 produk dari 50 merchant. Pada tahun pertama GooDizz ditargetkan memperoleh omzet sebesar Rp 3 miliar, menyerap sekitar 1.000 merchant dengan kontribusi penjualan Rp 3 juta per merchant.

“Target tersebut cukup realistis mengingat Infomedia memiliki 20.000 existing customer yang bisa dijaring menjadi merchant GooDizz,” jelas Awaluddin. Adapun segmen yang disasar GooDizz adalah kuliner dan resto, travel dan jasa, hiburan, hobi, hotel dan penginapan. Sedangkan investasi yang dialokasikan Infomedia untuk pengembangan bisnis portal diskon GooDizz di tahun 2011 sebesar Rp 1 miliar dengan porsi terbesar untuk platform dan infrastruktur.

Banyak nilai lebih yang akan didapatkan setiap merchant;

  • Pertama, proses pembayaran yang cepat dan aman karena GooDizz bekerja sama dengan bank yang terpercaya.
  • Kedua, merchant yang mempromosikan produk atau jasa di GooDizz akan mendapatkan promosi secara gencar yang dilakukan oleh tim GooDizz di berbagai media online.
  • Ketiga, mempromosikan produk atau jasa di GooDizz akan bisa menambah pelanggan merchant dengan cepat, bahkan menambah loyalitas pelanggannya.
  • Dan keempat, berpromosi di GooDizz tidak harus mengeluarkan uang sedikit pun. Merchant hanya tinggal membuat promosi dengan sekian persen diskon dan setelah itu berbagi profit dengan GooDizz yang dicantumkan di perjanjian kerja sama.

Sesuai dengan tagline-nya “The Real Deal”, GooDizz juga memberikan data akurat seputar produk yang ditawarkan, minimal empat produk setiap hari. Calon pembeli baru dapat bertransaksi setelah melakukan validasi dan konfirmasi transfer ke GooDizz. “Untuk menjadi member GooDizz sangat mudah, calon member bisa masuk ke website GooDizz, lalu melakukan registrasi secara gratis,” jelas Awaluddin.

Konsumen yang telah menjadi member pun akan memperoleh banyak keuntungan, salah satunya email harian seputar informasi penawaran produk diskon. Apabila tertarik, member bisa langsung melakukan pembelian kupon diskon dengan mudah dan cepat. Jika, belum memiliki deposit di akunnya, member dapat mentransfer uang senilai kupon diskon yang diinginkan ke rekening GooDizz.

Usai transaksi, secara otomatis member akan mendapatkan email balasan berupa e-voucher yang sejatinya dapat dicetak dan ditukarkan ke merchant—tetapi, ada beberapa produk yang penukaran kupon diskonnya dilakukan di kantor GooDizz. “Layanan GooDizz baru mencakup area Jakarta, namun dalam waktu dekat akan dikembangkan ke kota besar lainnya, meliputi Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Semarang, Medan, dan Balikpapan,” sebut Awaluddin.

Tak sekadar itu, GooDizz sebagai portal yang mengedepankan integritas dan kepercayaan konsumen berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya lewat customer care yang dapat diakses selama 24 jam. Sebagai bentuk upaya dalam mendekatkan dan meningkatkan relasi dengan konsumen, GooDizz juga merambah ke komunitas-komunitas baik online maupun offline.

Pada tataran praktisnya, pengelolaan GooDizz beraliansi dengan unit usaha milik Infomedia, seperti yellowpages.co.id, yptrading.co.id, infojajan.com, dan call my name. Selain itu dilakukan pula aliansi dengan anak usaha Telkom Group lainnya, seperti Plasa.com, Metra, Telkomsel, Finnet, Sigma, Pins, Telkomvision, Mitratel, Telin, dan Graha Sarana Duta.

Sementara dengan pihak luar GooDizz beraliansi dengan dealgoing.com sebagai agregator daily deals. Tujuannya agar GooDizz terdaftar dan mampu bersaing dengan situs lainnya dalam traffic dan ranking di kawasan Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.