Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Optimalkan Potensi Ekonomi Digital Joglosemar, DANA Dorong Kontribusi UMKM Lokal Sebagai Akselerator

Jelang Festival Joglosemar 2021, DANA menggelar serangkaian program edukasi dan pemberdayaan UMKM di Jateng-DIY

 Marketing.co.id – Berita UMKM | Serangkaian kegiatan edukasi dan pemberdayaan guna mendorong percepatan digitalisasi UMKM digelar oleh dompet digital DANA di Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar) dan sekitarnya menjelang berlangsungnya Festival Joglosemar 2021.

Festival Joglosemar yang bertema Artisan of Java sendiri merupakan bagian dari perayaan tahun kedua Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Gernas ini bertujuan meningkatkan kompetensi industri kecil menengah penghasil produk-produk kreatif dan minat masyarakat terhadap produk asli Indonesia melalui optimalisasi pendayagunaan teknologi digital.

Guna terus menguatkan antusiasme dan komitmen pelaku UMKM daerah untuk go-digital, DANA juga menggelar Temu Komunitas UMKM #BarengDANA di Yogyakarta. Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan bahwa dengan memfasilitasi UMKM Joglosemar go-digital dan menjadikan mereka sebagai bagian dari ekosistem DANA Bisnis, UMKM menjadi punya peluang yang kian beragam. Dari memperluas jangkauan pasar, melakukan inovasi dalam hal layanan transaksi nontunai maupun untuk kegiatan promosi dan pemasaran, hingga terkoneksi secara digital dengan ekosistem DANA lainnya, seperti bank, e-commerce, investasi, ataupun platform-platform digital lainnya yang penting untuk mendukung perkembangan bisnisnya.

“Fitur-fitur yang kami kembangkan memiliki kapabilitas yang mampu membantu UMKM Indonesia, termasuk yang berada di Joglosemar, untuk makin adaptif dengan dinamika era digital, makin responsif terhadap perilaku konsumen yang kian mengadopsi budaya transaksi nontunai, makin kompeten dalam pengelolaan transaksi, dan tentunya makin punya daya saing,” ujar Vince.

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA menginformasikan bahwa jumlah UMKM di Yogyakarta yang telah go-digital dan bergabung bersama DANA Bisnis sudah mencapai lebih dari 6 ribu. Adapun UMKM di Jawa Tengah yang telah bergabung bersama DANA Bisnis mencapai lebih dari 30 ribu. Ini menggambarkan banyaknya UMKM di wilayah Joglosemar yang telah mengadopsi transaksi digital dalam aktivitas usahanya.

DANA optimistis jumlah tersebut akan bertambah banyak mengingat saat ini terdapat lebih dari 400ribu UMKM di wilayah ini. Potensi ekonomi digital yang berpeluang dikontribusikan juga sangat besar jika menengok banyaknya UMKM yang bergerak di bidang pariwisata, batik, kerajinan kriya hingga kuliner.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top