Jakarta, 26 September 2018– Perbankan kini makin getol mengembangkan digital banking sebagai kanal pelayanan nasabah. Bank OCBC NISP sejak 3 tahun lalu sudah meluncurkan aplikasi mobile ONe Mobile sebagai kanal digital banking. Namun OCBC NISP barus fokus menggenjot penetrasi ONe Mobile sejak April tahun lalu.
Berbagai transaksi bisa dilakukan dengan ONe Mobile seperti pembayaran dengan QR Code, transfer dana ke luar negeri, dan jual beli valuta asing. “Setiap bulan kita tambah fiturnya,” tandas Ka Jit, Head of Individual Customer Solutions Bank OCBC NISP, saat jumpa pers di kantornya (26/10/18).
Nasabah juga bisa mempercayakan pengelolaan keuangannya dengan membuka deposito Online di ONe Mobile. Selain itu, nasabah juga bisa membeli reksadana secara online. “Ke depan kami menargetkan 90% layanan yang biasa dilakukan di kantor cabang bisa dilakukan di ONe Mobile,” jelas Ka Jit.
Ka Jit menambahkan, saat ini total nasabah One Mobile sekitar 218 ribu, dimana 60% nasabah aktif. “Ukuran nasabah aktif jika dalam 3 bulan minimal melakukan sekali transaksi,” tuturnya. Ka Jit mengatakan belum banyak bank yang membuka layanan pembukaan rekening deposito secara online. Hal ini katanya menjadi kekuatan ONe Mobile dibandingkan aplikasi sejenis milik bank lain. “Setahu saya sekarang belum ada bank yang memperlihatkan portofolio asset dan liability, hutang dan aset serta informasi return investasi dalam aplikasi,” tegas Ka Jit.
Sekarang total transaksi melalui digital banking di OCBC NISP sudah melampaui transaksi di kantor cabang, dengan komposisi lebih dari 50%. Ka Jit mengungkapkan, meski transaksi di digital banking menunjukan tren meningkat, strategi OCBC NISP bukanlah mengurangi transaksi di cabang. “Kita hanya mau semakin banyak transaksi yang bisa dilakukan melalui aplikasi tanpa harus ke kantor cabang,” katanya.
Adopsi digital banking di OCBC NISP mulai menujukan hasil positif. Transaksi di ONe Mobile dilaporkan meningkat 40% Year On Year (yoy) dan mendorong pertumbuhan fee sebesar 46% yoy. Deposito berjangka yang dibuka melalui ONe Mobile juga meningkat 8 kali lipat dibandingkan channel tradisional. Total deposito yang dibuka di channel digital naik 62,75% yoy. Ke depan, OCBC NISP akan terus memperbaharui aplikasi ONe Mobile, antara lain menggunakan video untuk proses KYC (know your customer).
Kesulitan Mbanking jika salah PIN pergi ke cabang kadang tak di layani dalam rekening MC