Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Novo Nordisk Targetkan 3 Ribu Anak & Remaja Penderita Diabetes dalam “Changing Diabetes® in Children”

Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Indonesia bergabung dalam Changing Diabetes® in Children. Bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Novo Nordisk dan mitra globalnya menargetkan untuk menjangkau 3.000 anak dan remaja dengan diabetes. Dalam rencana tahap pertama program ini, memanfaatkan 20 klinik dengan fasilitas kesehatan yang ditingkatkan serta dibantu oleh 1.000 tenaga kesehatan terlatih yang akan menyediakan perawatan dan penanganan.

Novo Nordisk Targetkan 3 Ribu Anak & Remaja Penderita Diabetes dalam "Changing Diabetes® in Children"

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa program Changing Diabetes® in Children adalah program kemitraan antara pemerintah dan mitra swasta dalam upaya mencegah dan mengendalikan kasus diabetes di Indonesia terutama diabetes pada anak-anak.

“Pada 25 Juni 2021, Kementerian Kesehatan RI telah menandatangani kerjasama dengan PT Novo Nordisk, yang merupakan mitra strategis dari Pemerintah Denmark sebagai implementasi dari nota kesepahaman antara Indonesia dan Denmark,” ujar dia.

Seperti diketahui, diabetes tipe-1 adalah penyakit kronis yang serius dan sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan. Dalam waktu sepuluh tahun terakhir, prevalensi DMT1 di Indonesia meningkat tujuh kali lipat, dari 3,88 per 100 juta penduduk pada tahun 2000 menjadi 28,19 per 100 juta penduduk pada tahun 2010.

Namun, dengan melakukan diagnosis dan penanganan secara dini, diabetes pada anak-anak dapat dikelola dengan baik dan inilah yang menjadi tujuan ini menjadi pendorong utama dalam program kemitraan global Changing Diabetes® in Children.

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, (K), FAAP, FRCPI (Hon.), menyampaikan, “Pada tahun 2018, jumlah populasi anak di Indonesia diperkirakan mencapai 79 juta2. Meski demikian, IDAI mencatat hanya 1.249 anak Indonesia yang terdiagnosis dengan DMT1 selama periode 2017-2019. Penanganan diabetes tipe-1 harus komprehensif. Salah satu permasalahan yang kita hadapi terkait diabetes adalah data. Bersama dengan Novo Nordisk, kita akan membuat sistem registrasi melalui aplikasi. Aplikasi ini akan meliputi sistem registrasi, edukasi, rekomendasi pengobatan dan monitoring. Saya meyakini jika kita bisa membuat apliaksi yang komprehensif, Indonesia akan menjadi negara pertama yang memiliki sistem yang tepat bagi anak-anak dengan DMT1 dan membantu tiap aspek penanganannya.”

 

“Perkembangan penanganan diabetes sejak 100 tahun penemuan insulin memungkinkan anak-anak dengan DMT1 dapat hidup dengan lebih baik dan sehat. Sayangnya, prognosis diabetes tipe-1 hampir tidak berubah sejak ditemukannya insulin. Kenyataannya, masih banyak anak-anak yang meninggal akibat diabetes tipe-1 karena kurangnya pendidikan diabetes, layanan kesehatan khusus, peralatan untuk memantau diabetes, dan juga obat-obatannya.”

Duta Besar Denmark untuk Indonesia H.E. Lars Bo Larsen menjelaskan, “Indonesia dan Denmark merupakan mitra bidang kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan penanganan diabetes sesuai dengan kebijakan dan target pemerintah serta asosiasi kesehatan di Indonesia. Kami meyakini bahwa Changing Diabetes® in Children tak hanya mendorong kesadaran masyarakat, tetapi juga membantu pasien mengatasi penyakit mereka dan mengurangi risiko komplikasi dan beban pengobatan pada sistem perawatan kesehatan.”

Novo Nordisk Indonesia bersama mitra globalnya akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan IDAI untuk meningkatkan komponen-komponen seperti, peningkatan infrastruktur kesehatan yang sudah ada; pelatihan dan pendidikan tenaga kesehatan dan pendidik diabetes; penyediaan peralatan dan perlengkapan pemantauan glukosa darah; edukasi pasien untuk anak dan keluarganya; sistem registrasi pasien; dan pemahaman dan advokasi.

Steering Committee Changing Diabetes® in Children Cem Ozenc mengatakan, “Target kami dalam Changing Diabetes® in Children adalah menjangkau 100.000 anak-anak dan remaja penderita diabetes tipe-1 pada tahun 2030. Bersama dengan mitra global, kami telah menjangkau 15 negara dan kami senang bahwa Indonesia telah bergabung dengan kami sebagai negara ke-16. Hal ini merupakan  komitmen yang sangat kuat dari Novo Nordisk dan tanggung jawab sosial kami untuk memastikan agar anak-anak ini dapat menjalani hidup dengan lebih baik.”

Vice President & General Manager Novo Nordisk Indonesia Anand Shetty menambahkan, “Melalui kemitraan kami dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan IDAI, kami akan mulai menjangkau anak-anak rentan yang memiliki diabetes tipe-1 di seluruh Indonesia.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top