Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

All in or Nothing: Iklan Adidas untuk Tandingi Nike

adidasWorld Cup 2014 kian mendekati hari ‘H’ dan merek apparel olahraga kian gencar menayangkan iklannya di media sosial. Adidas salah satunya. Merek apparel olahraga asal Jerman ini baru saja merilis iklan terbarunya yang berjudul All in or Nothing.

Iklan ini menceritakan tentang betapa tegangnya situasi jelang perhelatan akbar sepak bola dunia hingga membuat pemain bola papan atas Lionel Messi terbawa mimpi tidurnya. Dalam tidurnya Messi bermimpi tentang keseruan pertandingan Piala Dunia yang ia mainkan.

Secara visual iklan Adidas menyambut Piala Dunia tahun ini lebih sederhana dan mengena daripada iklannya pada tahun 2010, The Quest. Iklan The Quest kalah populer dari iklan Nike saat itu, ‘Write The Future’.

Sepertinya kali ini Adidas sudah belajar dari kesalahannya. Di akhir iklan baru ini, penonton akan disuguhi dua tombol yang bisa diklik ‘All in’ atau ‘Nothing’. Tombol tersebut akan membawa penonton ke video  Adidas lainnya.

Jika diperhatikan tagline All in or Nothing dalam iklan ini membawa esensi pesan yang sama dengan tagline iklan Nike Risk Everything. Pesan ini sama-sama menunjukkan tekanan yang besar dan keharusan atlet berkomitmen secara total agar bisa berlaga dan menang di Piala Dunia.

Perbedaan utama antara keduanya terletak pada bintang iklan dan durasi. Jika Nike membombardir penonton dengan pemain all-star, maka Adidas All in or Nothing fokus pada satu bintang, Lionel Messi, meskipun menampilkan juga pemain lain, Suarez misalnya. Selain itu, durasi iklan Adidas ini hanya sekitar satu menit, sedangkan iklan Nike cukup panjang, yaitu sekitar empat menit.

Iklan Adidas ini dibuat oleh agensi TBWA dan dengan background song eksklusif dari Kanye West. All in or Nothing telah ditonton 28,8 juta kali sejak dirilis pada 24 Mei. Apakah iklan ini akan bisa mengalahkan popularitas iklan Risk Everything milik Nike?

(Berbagai sumber)

https://www.youtube.com/watch?v=jR1XQsCiAKE

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top