Nokia Nilai Akuisisi Motorola oleh Google Keputusan Sia-Sia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Nokia semakin mengukuhkan dirinya sebagai kawan baik Microsoft. Di sebuah acara yang berlangsung di China, CEO Nokia Stephen Elop, mengingatkan Android akan mengalami kesulitan dengan Google-Motorola karena keberadaan Microsoft-Nokia Windows Phone 7.

Pada pidatonya, Elop menekankan strategi terbaru dari Nokia yang diterapkan dalam kerja sama dengan Microsoft melalui proyek smartphone Nokia Windows Phone 7. Kesepakatan bisnis antara Nokia dan Microsoft diumumkan pada Februari 2011 dan ditandatangani pada April lalu. Elop juga diajak berdiskusi tentang kemungkinan dibelinya Nokia oleh Micrsoft. Hal tersebut tidak menjadi isu yang mengejutkan mengingat pesaing mereka, Google, telah membeli Motorola pada bulan lalu dengan nilai transfer fantastis $12,5 miliar.

Namun Elop membantah kemungkinan dibelinya Nokia oleh Microsoft. CEO yang juga mantan petinggi Microsoft itu yakin Nokia tidak akan diakuisisi Microsott atau perusahaan lain karena Nokia memiliki visi dan misi jelas sebagai perusahaan independen. Selain itu strategi Nokia terbaru dengan rilis smartphone Nokia Windows Phone sebelum 2012 nanti diyakini Elop sebagai langkah jitu Nokia untuk mendapatkan mahkotanya kembali sebagai penguasa pasar ponsel.

Kerja sama antara Nokia dan Microsoft dinilai banyak pihak sebagai sesuatu yang unik. Microsoft memberikan akses penuh source code di Windows Phone 7 OS kepada Nokia. Hal itu tentunya berbeda dengan apa yang dialami HTC juga Samsung. Dua produsen hardware yang juga memproduksi smartphone berbasi Windows Phone 7 tersebut tidak memiliki akses penuh ke source code WP7.

Selain itu Nokia juga memiliki hak untuk berinovasi dengan Windows Phone 7. Itu berarti Nokia boleh mengotak-atik apa yang ada di dalam Windows Phone 7 OS milik Microsoft sehingga smartphone Nokia WP7 yang mereka buat nanti akan berbeda dengan smartphone WP7 milik Samsung atau HTC, misalnya.

Alih-alih meyakinkan peserta konferensi tentang strategi bisnis terbaru Nokia yang dibangun bersama Microsoft, Elop justru mengingatkan lawan bisnis terbesarnya, Google Android. Elop mengatakan bahwa akuisisi Motorola yang dilakukan Google Agustus lalu malah akan mendatangkan bencana bagi ekosistem Android.

Elop menjelaskan bahwa produsen hardware Android di luar Motorola, seperti HTC dan Samsung, akan mempertimbangkan ulang kerja-samanya dengan Google. Itu karena perusahaan tersebut pasti tidak mau bersaing dalam hal hardware dengan Google yang juga sebagai penyedia software. Apapun alasan kerja sama Google-Motorola dinilai Elop sebagai keputusan yang tidak penting yang bahkan akan mengancam aliansi kuat dengan produsen hardware Android lain yang selama ini telah dibangun Google.

Hmm, barangkali ada benarnya apa yang diungkapkan Elop itu. Namun, pastinya perusahaan sebesar Google telah memiliki pertimbangan sangat cermat sebelum melakukan pembelian paten dan hardware Motorola. Elop, mungkin lebih baik Anda pikirkan saja tentang masa depan Nokia sehingga tidak kembali tergeser oleh nama besar Android. (Sumber: Gopego.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here