Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Nikmati Hidup Tanpa Kecanduan Internet

Nikmati Hidup Tanpa Kecanduan Internet

Pernahkah Anda melihat satu keluarga keluar (atau Anda sendiri) makan malam bareng dan masing-masing di antara mereka terpaku pada smartphone?

Atau, tanyalah pada diri sendiri, seberapa sering Anda menggenggam smartphone dibanding menggenggam tangan pasangan Anda? Seberapa sering Anda ngobrol panjang dengan orang lain di dunia ‘maya’ dibanding beramah tamah dengan orang yang duduk di sebelah Anda?

Tentunya itu sudah bukan menjadi pemandangan asing lagi atau Anda sendiri adalah maniak internet. Anda rela berlama-lama membungkuk ke arah gadget atau duduk di depan komputer setelah bekerja.

Jadi, bagaimana cara menikmati hidup tanpa kecanduan internet ? Berikut trik untuk mencapai tujuan tersebut:

Aplikasi analytics untuk mengelola waktu Anda

Jika Anda sangat bergantung pada internet dalam pekerjaan, aplikasi ini dapat memberitahu Anda untuk mengetahui di titik mana Anda membuang-buang waktu di komputer. Aplikasi ini juga akan memunculkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk aktif di website berbeda.

Kita sering kali lupa/tidak tahu bagaimana borosnya waktu yang dihabiskan di depan komputer, sehingga aplikasi ini dapat berguna untuk mengidentifikasi masalah. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk fokus.

Gunakan aplikasi Self-control

Aplikasi ini memungkinkan Anda memasukkan situs apapun dalam daftar hitam (blacklist). Selama Anda mengaktifkan timer, Anda tidak dapat mengunjungi situs-situs blacklist tersebut untuk waktu yang telah ditentukan. Bahkan, jika Anda me-restart komputer atau mencoba menghapus program ini, Anda akan tetap dilarang mengunjungi situs-situs tersebut.

Aplikasi Self-control akan sangat berguna bagi orang-orang yang ingin menghentikan ketergantungan pada internet dan membuat pekerjaan selesai lebih cepat.

Manfaatkan waktu istirahat yang telah dijadwalkan

Tidak ada yang bisa bekerja full-time sepanjang hari tanpa istirahat. Ambilah istirahat yang telah dijadwalkan. Atau cobalah luangkan 15 menit untuk istirahat setiap 60 menit dari pekerjaan Anda.

Melepaskan diri dari komputer dan gadget

Berdiri dan melakukan latihan 15 menit secara cepat – melakukan push-ups atau pull up. Perhatikan berapa lama Anda bisa melakukannya. Bermeditasi atau berjalan-jalan singkat ke luar juga bisa dilakukan.

Bahkan jika Anda benar-benar sibuk menjauhlah dari keyboard dan jauhkan pikiran Anda dari pekerjaan. Anda mungkin akan memiliki terobosan yang akan meningkatkan efisiensi Anda. Jika tidak, Anda setidaknya sudah tidak membuang-buang waktu untuk online.

Menetapkan satu jam tanpa internet

Anda dapat menggunakan smartphone hanya untuk mendengarkan musik, menggunakan komputer untuk melihat-lihat foto yang tersimpan atau apapun yang tidak ada kaitannya dengan internet.

Sisihkan satu jam setiap hari untuk tidak menggunakan internet. Anda bisa menggunakan waktu ini untuk memasak dan menikmatinya, bergaul dengan teman atau orang-orang yang Anda cintai, jalan-jalan, baca buku, atau menulis. Yang terpenting jangan menggunakan smartphone dan laptop Anda untuk mengakses internet pada waktu satu jam itu.

Pergi berkemah atau piknik ke luar kota

Setiap kali pergi berkemah, kita sering kali lupa dengan yang namanya email, ide-ide posting blog, atau proyek apapun yang sedang dikerjakan, dan tentu saja telpon kita. Mungkin beberapa jam pertama Anda akan sibuk untuk buru-buru sampai di perkemahan untuk mencari lokasi strategis dan menyiapkan segala sesuatunya.

Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu | Sumber: Fitnea

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top