Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Nestlé Indonesia kembali meraih penghargaan prestisius sebagai salah satu tempat kerja terbaik versi LinkedIn Top Companies 2025, sebuah pencapaian yang konsisten selama dua tahun berturut-turut sejak 2024. Tahun ini, Nestlé Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan dari sektor makanan dan minuman yang berhasil masuk dalam daftar bergengsi ini. Konsistensi ini membuktikan komitmen Nestlé Indonesia dalam menciptakan lingkungan kerja yang tidak hanya mendukung pertumbuhan, tetapi juga kesejahteraan seluruh karyawannya.
“Penghargaan ini merefleksikan komitmen Nestlé Indonesia dalam membangun lingkungan kerja yang aman, inklusif, dan penuh peluang untuk bertumbuh dan berkarir bagi seluruh karyawan. Kami percaya bahwa kesuksesan perusahaan hanya dapat dicapai ketika setiap individu diberi ruang untuk tumbuh dan menjadi versi terbaik dari dirinya. Lebih dari itu, keberagaman tidak hanya memperkaya budaya kerja, tetapi juga memperluas perspektif dan menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih baik di setiap aspek bisnis. Kami akan terus memperkuat semangat ini dalam menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan talenta terbaik Indonesia dapat tumbuh dan berkontribusi secara optimal,” ujar Samer Chedid, Presiden Direktur Nestlé Indonesia.
Selama lebih dari 50 tahun beroperasi di Indonesia, Nestlé meyakini bahwa talenta adalah pilar utama dalam mendukung perjalanan bisnis yang berkelanjutan. Dengan semangat ‘Satu Nestlé, Satu Rasa’, perusahaan terus membangun budaya kerja yang inklusif, adaptif, dan kolaboratif, serta memberikan ruang bagi setiap individu untuk berkembang secara profesional maupun personal.
Salah satu bukti nyata komitmen Nestlé Indonesia adalah peningkatan durasi sesi pelatihan internal yang naik dua kali lipat pada tahun 2024 dibandingkan tahun 2023. Peningkatan signifikan ini mencerminkan kuatnya learning culture di lingkungan kerja perusahaan.
Komitmen terhadap keberagaman dan inklusi juga terlihat jelas. Partisipasi perempuan di posisi manajerial di Nestlé Indonesia telah mencapai 44%. Angka ini didukung oleh berbagai kebijakan dan inisiatif, seperti program pengembangan global, pelatihan berkelanjutan, pendampingan psikologis dan konseling, serta berbagai kegiatan pemberdayaan untuk mendukung kesejahteraan dan pertumbuhan profesional.
“Di Nestlé Indonesia, diversity and inclusion is in our DNA dan hal tersebut bukan sekadar jargon. Kami memiliki strategi konkret yang mencakup pembangunan fasilitas yang relevan, kebijakan progresif, dan aktivitas yang memberdayakan. Karena bagi kami, fasilitas tanpa kebijakan tidak akan berkelanjutan. Kebijakan tanpa aktivitas hanya akan menjadi jargon. Dan aktivitas tanpa fasilitas tidak menunjukkan komitmen nyata. Nestlé Indonesia memastikan ketiga aspek ini berjalan selaras dan terintegrasi. Kami percaya bahwa lingkungan kerja yang mendukung dan kolaboratif adalah fondasi penting untuk menciptakan inovasi dan keberlanjutan,” papar tutur Fahrul Irvanto, Direktur Human Resources Nestlé Indonesia.
Para karyawan merasakan langsung manfaat dari budaya kerja yang inklusif dan fokus pada pengembangan diri ini. Karima, Marketing Programmatic Manager Nestlé Indonesia, mengapresiasi investasi perusahaan terhadap pertumbuhan karyawan. “Bagi saya, tempat kerja terbaik adalah yang benar-benar berinvestasi pada pertumbuhan karyawannya. Saya merasa beruntung menjadi bagian dari Nestlé, karena di sini kami didorong untuk terus berkembang melalui berbagai pelatihan dan pengetahuan yang diberikan. Tidak hanya keterampilan digital, tetapi juga kemampuan lain yang sangat bermanfaat untuk masa depan kami,” ungkap Karima.
Di bawah inisiatif besar bertajuk Generation Inclusion, Nestlé Indonesia telah menjangkau lebih dari 100.000 talenta muda Indonesia sejak tahun 2020 melalui berbagai program pengembangan. Beberapa di antaranya termasuk Nestlé Management Trainee sebagai program akselerasi bagi calon pemimpin masa depan perusahaan, NESTERNSHIP yang merupakan program magang global, serta GEMILANG Technical Apprenticeship Program yang berfokus pada pemberdayaan talenta lokal di bidang STEM di sekitar area pabrik, bekerja sama dengan serikat pekerja, pemerintah, sekolah vokasi, dan lembaga sertifikasi nasional. Berbagai program edukatif seperti Nestlé Needs YOUth Masterclass, Visit The Nest, dan YES! Ready-to-Work Series juga terus dihadirkan untuk memperkuat kesiapan kerja generasi muda.
Nestlé Indonesia juga menaruh perhatian khusus terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Komitmen ini didukung dengan penyediaan ruang laktasi di seluruh lokasi kerja, kebijakan cuti melahirkan selama 7,5 bulan bagi ibu dan 4 minggu untuk ayah, serta pengaturan kerja yang fleksibel. Sederet kebijakan ini dirancang untuk mendukung karyawan dalam menyeimbangkan peran di dunia kerja dan keluarga, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan suportif.
Selain itu, Nestlé Indonesia juga membuka ruang inklusi bagi penyandang disabilitas dengan lebih dari 30 peserta magang yang telah bergabung dalam SETARA Internship Program di kantor pusat dan Panjang Factory. Fasilitas seperti toilet dan mushola yang ramah disabilitas, serta pelatihan wajib terkait kesetaraan menjadi bagian dari upaya membangun budaya anti-diskriminasi dan memperluas kesadaran akan pentingnya keberagaman di lingkungan kerja.
Terpilihnya Nestlé Indonesia dalam daftar LinkedIn Top Companies selama dua tahun berturut-turut, sekaligus sebagai satu-satunya perusahaan di sektor makanan dan minuman yang masuk dalam daftar, menjadi bukti nyata bahwa Nestlé Indonesia tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga menempatkan pengembangan sumber daya manusia sebagai inti dari keberlanjutan jangka panjang.