Dunia Digital

Nazaruddin Tertangkap karena Skype

Kalau saja Nazaruddin tidak melakukan percakapan melalui Skype dengan Iwan Piliang, barangkali dirinya tidak akan tertangkap polisi Bogota. Tertangkapnya Nazaruddin karena Skype ini diakui oleh Kepala Divisi Humas Polri, Anton Bachrul Alam, Selasa 9 Agustus lalu.

Nazaruddin ketahuan berada di Republik Dominika saat melakukan percakapan melalui Skype, yang kemudian kabur ke Kolombia. Dengan demikian, analisa beberapa pihak soal keberadaan Nazaruddin terbukti salah. Apalagi sampai mengatakan bahwa Nazaruddin berada di Jakarta pada saat wawancara itu dilakukan. Ada yang mengatakan bahwa keberadaan Nazaruddin di Jakarta itu terbukti dari  jingle Sari Roti yang samar-samar terdengar.

Skype adalah program yang memungkinkan orang berkomunikasi secara P2P (Peer to Peer). Program ini merupakan program bebas dimana para penggunanya bisa berkomunikasi satu sama lain, baik berbentuk video maupun suara. Semuanya berbasiskan internet dimana pengguna bisa mengambil layanan gratis maupun premium.

Teknologi Sykpe ini ditemukan oleh Niklas Zennstrom dan Janus Friis. Kehadiran Skype meruntuhkan keraguan orang soal komunikasi lewat VoIP yang sempat buruk dalam hal koneksi. Tahun 2005, Skype dibeli oleh perusahaan lelang berbasis internet, e-Bay. Saat ini diperkirakan lebih dari 500 juta pengguna Skype tersebar di seluruh dunia. Bahkan Skype mampu menghubungkan komunikasi 30 juta orang di seluruh dunia secara bersamaan. Tak mengherankan, Skype menjadi sumber dana yang besar bagi e-Bay.

Ketika melakukan komunikasi melalui Skype, maka pihak yang salng berkomunikasi akan saling mencari melalui IP address. Dengan demikian, sebenarnya negara penggunanya bisa terlacak berdasarkan IP address selama si pengguna tidak melakukan manipulasi yang canggih.

Skype kini sudah semakin berkembang. Komunikasi melalui Skype bisa dilakukan melalui perangkat smart phone dan televisi internet. Sebenarnya Skype bisa menjadi tools yang menarik untuk melakukan koneksi antar relasi bisnis untuk memasarkan produk Anda ke berbagai belahan dunia. (RS/www.marketing.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top