Nasehat Richard Branson untuk Pengusaha Muda

www.marketing.co.id – Bagi kalangan pebisnis siapa yang tak kenal dengan Richard Branson salah satu pengusaha terkaya di dunia yang telah mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group.

Pria kelahiran Blackheath, London, 18 Juli 1950 ini, sukses mendirikan bisnis pertama kali pada umur 16 tahun dengan mempublikasikan sebuah majalah yang bernama Student. Selain itu, merek Virgin yang diciptakan Branson tumbuh dengan pesat pada tahun 1980-an setelah mendirikan Virgin Atlantic Airways dan melakukan ekspansi untuk Virgin Record.

Di samping itu, lelaki yang sudah berumur 62 tahun itu sering mempunyai ide-ide yang bisa di bilang “gila” karena ide tersebut belum pernah ada yang melakukannya, salah satu ide yang sudah dilakukannya yakni bertamasya di bawah laut dengan menggunakan kapal selam. Dengan berhasilnya perjalanan di bawah laut, sampai-sampai Branson mempunyai ide, bagaimana bisa berpiknik ke luar agkasa dengan pesawat ulang-aling pribadi.

Dengan bergelimang harta bagi Branson, tidak membuatnya pelit untuk berbagi ilmu. Pada suatu waktu ia bersimpati kepada seorang ayah dari Texas dan meminta nasehat kepadanya tentang anaknya, yakni seorang yang menggeluti bisnis pemotongan rumput di daerah itu, yang tidak pernah berkembang dalam menggeluti usahanya.

Dengan mempunyai pengalaman yang segabrek bagi Branson tidak sulit untuk memberikan nasehat pada anak muda itu. Ada 4 nasehat yang diberikan oleh Branson kepada anak muda tersebut:

Nasehat pertamanya mengatakan apakah harga yang diberikan sudah tepat?

Biasanya jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi maka pelanggan akan enggan memakai jasa kita. Branson menawarkan untuk mencoba radikal Like a Virgin. Caranya dengan menawarkan untuk memotong rumput kepada masayarakat secara gratis, dan jika pelanggan itu bahagia dengan hasil kerja Anda, mereka bisa membayar berapapun jumlahnya yang mereka anggap sesuai. Dengan begitu biasanya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelummnya.

Nasehat keduanya, coba gunakan peralatan yang terbaru

Masyarakat biasanya akan lebih menyukai kebunnya bisa dibersihkan dengan peralatan yang terbaru. Jadi coba cari cara untuk membeli peralatan terbaru agar para pelanggan selalu terpuaskan. Banyak para pelanggan yang melihat hasil kerja dengan peralatan terbaru, karena baik kecepatan waktu dan kebersihan dari hasil kerja itu akan terlihat.

Nasehat ketiganya, selalu memperluas layanan yang Anda tawarkan

Dalam memotong rumput adalah pekerjaan yang tidak sulit, jadi banyak juga orang yang bisa melakukannya dengan sendiri. Maka untuk menutup kemungkinan tersebut tidak ada salahnya Anda memberikan pelayanan yang beda seperti, membersihkan kebun, membersihkan mobil dan lain sebagainya. Ini membuat usaha Anda akan melebarkan sayab kepada usaha yang lain, yang mungkin nanti cocok dengan profesi dari Anda sendiri.

Nasehat keempatnya, coba menyumbangkan sebagian hasil Anda ke badan amal

Dengan menyumbang ke badan amal untuk kepentingan masayarkat. Ini membuktikan bahwa Anda juga peduli kepada masyarakat yang membutuhkan. Dan pastinya usaha Anda akan dilihat orang dan bisa jadi bisa terus berkembang dan maju.

Nasehat dari Richard Branson ini bisa dijadikan inspirasi bagi para pengusa muda yang bergelut di bidang yang lain, sehingga bisa berkembang dan maju lagi. (Inc/ HN)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.