Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Najwa Shihab: Banyak Orang Salah Sangka, Passion Dikira Wangsit

Najwa Shihab

Bicang Bareng Najwa Shihab

Marketing.co.id – Berita UMKM| Mencari peluang bisnis tentu bukan hal yang baru. Apalagi di kondisi dengan banyak keterbatasan seperti sekarang, memulai bisnis baru pastinya semakin menantang. Saat-saat seperti ini kita semua dituntut untuk mengeksplorasi kreativitas kita dalam beradaptasi agar bisa mendapatkan penghasilan di tengah situasi yang sulit saat ini.

Jurnalis senior sekaligus Co-Founder Narasi, Najwa Shihab, bercerita kepada Podkesmas soal pentingnya mencari peluang yang tepat buat memulai ide usaha dan banyak melakukan brainstorming.

Baca Juga: Tunjukkan Passionmu Selama New Normal

“Sampai pada satu titik, kita itu memang harus pinter-pinter nyari peluang, tapi bukan berarti dengan mudah berganti. Tapi juga jangan membatasi diri. Kita harus berangkat dari sesuatu yang kita pahami atau minimal kita cintai, karena dari situ, kita gak akan asal, bukan terjun sana-sini. Berangkat dari sesuatu yang kita tahu, kita penasaran banget, suatu problem yang bisa diselesaikan dengan cara ini nih. Jadi berangkat dari concern, gak bisa ujug-ujug, mau melakukan sesuatu yang gak ada awal mulanya.”

Najwa menambahkan, menemukan passion tidak semudah mencari wangsit tapi harus dilakukan dengan tekun. “Banyak orang yang suka salah sangka, passion kayak wangsit gitu. Padahal passion itu sebenarnya merawat ketertarikan pada hal kecil. Jadi kalo lo telaten, cari tahu, misalnya hal yang tadinya lo anggep gak biasa tapi lo suka, terus lo belajar banyak, lo baca, lo tanya orang. Jadi lo rawat ketertarikan itu sampai akhirnya jadi passion. Menurut gue ngikutin tren bukan berarti latah atau plek-ketiplek,” kata Najwa kepada Podkesmas di Playfest Series: Podcast Day.

Playfest series kembali hadir untuk ke-2 kalinya dengan tema ‘Podcast Day’. Mengangkat pilar “Ideas”, rangkaian Playfest kali ini diadakan dengan konsep podcast huddle dengan beberapa tema, antara lain Good Food or Good Mood?, Back in the Fundamentals, Make Local Great Again, dan Standing in the Gap.

Baca Juga: Ternyata “Follow Your Passion” Adalah Saran yang Buruk!

Menghadirkan para kreator podcast, audiens mendapat berbagai ide, inspirasi, juga pengalaman yang dibagikan langsung oleh para podcaster untuk melihat peluang dalam berbisnis dan berkarya di dunia kreatif. Playfest Series: Podcast Day merupakan kolaborasi antara Narasi dan Wirausaha Muda Mandiri yang digelar untuk mendorong tumbuhnya jiwa wirausaha anak muda di Indonesia.

Anka dan Esha, podcaster Obrolan BABIBU, menjelaskan berbagai peluang dari perspektif sepak terjang mereka sebagai podcaster. “Siapa sih yang sangka dunia podcast di Indonesia bisa amat sangat berkembang. Dari dua tahun lalu, kita masih ngeraba-raba podcast bakal kayak apa. Waktu kita bikin podcast tanpa mengharap apa-apa, sambil melihat peluang yang ada di depan sana.”

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top