MuslimahCenter.com, Kemudahan Belanja Bagi Muslimah

Berdasarkan sebuah hasil riset dari Pew Research Center on Religion and Public Life disebutkan bahwa dalam 40 tahun ke depan, jumlah muslim diekspektasi akan meningkat sebesar 73% atau dari 1,6 miliar di tahun 2010 menjadi 2,8 miliar pada tahun 2050; di tahun 2030 sendiri, muslim akan berkontribusi sebanyak 26,5% dari populasi dunia. Sebagai salah satu penggerak ekonomi terkuat di abad ke-21, gaya hidup muslim yang menjangkau ke segala kategori dari makanan ke pariwisata, hingga ke pelayanan kesehatan dan sebagainya, telah menghasilkan ekonomi berbasis Islam yang menggairahkan.

Muslimah Center

Bahkan Shelina Janmohamed, penulis buku “Generation M: Young Muslims Changing the World” menyebutkan, Indonesia adalah salah satu pusat pergerakan Generasi Muslim. Hal ini sejalan dengan kondisi di mana Indonesia, secara rutin, menempati posisi atas dari prediksi pertumbuhan global. Dari sisi komersial dan kreatif, tanda-tanda pengaruh Generasi M di sekitar lingkungannya dan di tingkat global secara keseluruhan sudah semakin terlihat di mana-mana.

Gagasan mengenai branding berbasis Islam, yaitu membangun bisnis, produk, dan brand yang melibatkan konsumen muslim, telah menarik perhatian besar. Di Indonesia, pertumbuhan konsumerisme muslim telah terlihat bergerak naik sejak sekitar 5 tahun yang lalu. Dari 750,000 usaha kecil dan menegah di bidang fesyen di Indonesia, 30% berada di dalam industri fesyen muslim. Ditambah, dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat – khususnya dalam perilaku berbelanja. Muslimah Center

Salah satu perusahaan e-commerce yang melirik pasar muslim adalah MuslimahCenter.com. Sebagai salah satu platform yang memudahkan masyarakat dalam berbelanja online, MuslimahCenter.com hadir untuk memenuhi kebutuhan wanita – khususnya muslimah dalam berbelanja busana dan produk kecantikan. Berbagai macam produk tersedia, antara lain hijab, gamis, alat shalat, atasan, bawahan, sepatu, tas, aksesoris, hingga produk kecantikan.

“Dari sekitar 300 SKU, produk-produk di MuslimahCenter.com sendiri tidak hanya menjangkau kaum muslimah, namun wanita non-muslim pun dapat berbelanja di website Muslimah Center. Selain dari keragaman produk, MuslimahCenter.com menyediakan produk-produk dengan harga yang lebih terjangkau dengan tujuan agar dapat dibeli oleh semua kalangan dan dari berbagai pelosok di Indonesia,” kata Djaka, Head of Business Development, MuslimahCenter.com.

Sejak soft launching pada 17 Februari 2017 lalu, MuslimahCenter.com mendapatkan apresiasi dan animo positif dari konsumen maupun dari pemilik brand yang bekerja sama. Saat ini sudah lebih dari 30 brand yang bergabung di website Muslimah Center. Sebagai merchant (pemilik brand), mereka terbantu dalam hal service kepada customer, karena mulai dari penyimpanan barang, pengiriman, promosi, sampai pelayanan customer semua dikelola oleh MuslimahCenter.com. Sehingga merchant dapat lebih fokus dalam pengembangan produk atau brand tanpa terganggu dengan urusan jual beli.

“Kami menerapkan sistem kerjasama ‘konsinyasi’. Dimana, pemilik brand dapat menitipkan produknya untuk dijual di MuslimahCenter.com. Keunggulan lainnya, MuslimahCenter.com juga membantu merchant dalam pengembangan produk, khususnya kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang masih awam. Seperti memberikan pelatihan mengenai tren busana, pemilihan bahan, sampai cara menentukan harga jual yang proposional. Dengan maksud Muslimah Center dapat membantu pelaku UKM agar produknya dapat ikut bersaing dengan produk-produk lain yang sudah terkenal,” papar dia.

Selain itu, MuslimahCenter juga mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan, yakni dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang mempermudah customer dalam berbelanja. Seperti, pembelian dapat dilakukan melalui telepon, chat, atau media sosial Muslimah Center. Djaka mengharapkan, MuslimahCenter.com dapat berkontribusi dalam perkembangan perekonomian Negara, mengingat Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu Negara pemasok busana muslim terbesar di dunia.

“Mendatang, MuslimahCenter.com selain sebagai platform jual beli, kami akan menyediakan sebuah platform yang dapat digunakan kaum muslimah dan komunitas UKM untuk berbagi tips atau bersosialisasi satu sama lain.” tambah Djaka.

Fisamawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.