Portal Lengkap Dunia Marketing

OTOMOTIF

Musim Hujan Tiba, 7 Tips Agar Kendaraan Kesayangan Tetap Prima

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Mobil mogok di tengah perjalanan tentu merepotkan. Apalagi saat hujan deras, kita harus kehujanan untuk memeriksa bagian yang rusak. Mobil mogok juga menimbulkan kemacetan dan mengganggu pengendara yang lain.

Baca Juga: Tips Merawat Rumah Tanpa Boros Saat Musim Hujan

Bahkan, mobil mogok bisa membahayakan keselamatan kita. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan sejumlah komponen kendaraan berikut ini untuk mencegah mobil mogok saat hujan.

  1. Bahan bakar

Pastikan ketersediaan bahan bakar selalu cukup. Saat musim hujan, kemacetan di jalan raya seperti Jakarta semakin parah dan susah diprediksi. Bahan bakar yang cukup mencegah mobil mogok saat jalanan macet parah. Pastikan juga tutup tangki bahan bakar dalam kondisi baik. Tutup tangki yang rusak bisa berakibat air hujan masuk dan bercampur dengan bahan bakar, sehingga mesin mobil terganggu.

  1. Aki

Untuk aki basah, cek air akinya, jangan sampai di bawah garis minimal. Kekurangan air aki menurunkan kemampuan mobil menyimpan energi listrik. Padahal aki adalah sumber energi pertama kali untuk menghidupkan mobil. Perhatikan juga umur batere/aki yang terpasang, karena aki memiliki umur terbatas dan harus diganti jika sudah mendekati masa pakainya.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Hubungi authorized bengkel mobil anda untuk mengetahui rata rata umur pakai aki mobil anda karena tiap mobil memiliki umur aki yang berbeda-beda.

  1. Kabel

Cek sambungan kabel, pastikan tersambung sempurna dan tidak ada kabel yang terkelupas. Ini untuk mencegah korsleting dan mobil terbakar.

  1. Bagian mesin

Ini terutama untuk mobil yang sudah tua karena beberapa komponennya sudah hilang seperti cover mesin dan dek bawah mesin. Lebih baik lengkapi kembali komponen tersebut untuk mencegah mesin terkena air. Saat melintasi genangan air hujan, air bisa saja masuk ke mesin melalui sela-sela tutup kap mesin, dek bawah atau gril depan sehingga bisa mempengaruhi kinerja mesin bahkan bisa mengakibatkan mesin mati.

  1. System pengapian & supply bahan bakar

Jaga system pengapian dan saluran bahan bakar mobil selalau dalam perawatan sesuai anjuran dari pabrikan. Gangguan pada bagian mobil ini bisa berakibat mobil mogok.

  1. Switcher Starter

Komponen ini untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jika switcher rusak, mobil baru bisa nyala jika didorong. Pastikan switcher starter dalam kondisi baik, jika sudah terlihat aus, lebih baik diganti.

  1. Radiator

Cek air radiator dalam jumlah yang cukup. Kekurangan air radiator menyebabkan sistem pendinginan mobil bekerja tidak optimal. Ini bisa berakibat mesin mobil kepanasan atau overheat sehingga bisa mogok di tengah jalan. Pastikan juga kondisi radiator dalam keadaan baik, tidak bocor. Jika bocor, air radiator bisa berkurang.

Baca Juga: Tips dan Solusi Persiapan Rumah Memasuki Musim Hujan 

Hal wajib lain yang juga perlu Anda lakukan adalah memberikan perlindungan tambahan pada kendaraan kesayangan berupa asuransi. Asuransi kendaraan tidak hanya akan melindungi mobil dari kerusakan akibat kecelakaan, tetapi juga risiko kehilangan atau kerusakan mobil akibat tindakan kriminal.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Musim Hujan

Pastikan asuransi kendaraan yang Anda pilih memberikan solusi perlindungan kendaraan yang paling lengkap dan tidak ribet, ekonomis dan sesuai kebutuhan, dan memberikan perluasan perlindungan kendaraan sesuai pilihan dan keinginan Anda.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top