Musim Belanja Akhir Tahun, Waktunya Belanja Yang Lebih Tahan Lama

Banyak konsumen menyesuaikan rencana belanja karena meningkatnya kekhawatiran terhadap pandemi COVID-19 secara global

Marketing.co.id – Berita Digital | Berdasarkan penemuan terbaru dari kajian global IBM Institute for Business Value, keberlanjutan tetap menjadi prioritas utama bagi konsumen global meskipun belanja di musim liburan akan berbeda dalam banyak hal karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Musim Belanja Akhir Tahun, Momen Paling Ramai Terjadinya Kejahatan Siber

Sekitar 54% dari konsumen global yang disurvei melaporkan bahwa mereka bersedia mengubah kebiasaan berbelanja mereka di musim liburan demi membantu mengurangi dampak lingkungan. Perspektif ini bahkan lebih lazim di beberapa negara, terutama India (74%), Meksiko (74%), dan Brasil (66%).

Terlepas dari gangguan di banyak anggaran konsumen dan ketenagakerjaan yang disebabkan Covid-19, para pembeli ternyata mencari lebih dari sekadar kesepakatan yang bagus. Dimana 44% dari konsumen yang disurvei melaporkan bahwa mereka akan sangat mempertimbangkan sesuatu yang tahan lama saat berbelanja atau memilih merek pada tahun ini.

Baca Juga: Tips Belanja Cerdas Saat Pesta Belanja Online 12.12

“Riset ini menunjukkan bahwa lebih banyak konsumen yang telah mulai berbelanja di musim liburan mereka lebih awal, dan lebih banyak memiliki rencana berbelanja online dibandingkan belanja di toko mengingat meningkatnya kasus Covid-19. Sementara tahun lalu, 60% perbelanjaan dilakukan di toko dan hampir 30% online, tahun ini jumlah tersebut mungkin hampir berkebalikan,” ujar Jesus Mantas, senior managing partner, IBM Services.

Menurutnya, bisnis-bisnis harus dipersiapkan untuk memberikan platform yang mengutamakan digital yang dipersonalisasi untuk menarik pelanggan, dan menggunakan teknologi seperti cloud serta Kecerdasan Buatan dalam membantu menangani fluktuasi permintaan, mengelola rantai pasokan secara real time, dan membuat pengalaman yang lebih baik untuk kebutuhan para pembeli di saat liburan.

Belanja online akan terus menjadi yang terbaik

Prakiraan liburan terbaru dari IBM memproyeksikan peningkatan sebesar 1,8% untuk penjualan ritel pada November-Desember dibandingkan tahun 2019. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa tahun 2020 akan menjadi musim belanja yang mengutamakan digital.

Baca Juga: 10 Situs eCommerce Paling Sering Dikunjungi Masyarakat Indonesia

Lebih dari 60% konsumen global yang disurvei mengatakan bahwa mereka berencana membeli secara online kemudian mengirimkannya ke rumah atau tujuan lainnya. Atau, membeli secara online dan mengambilnya di toko.

Saat memilih hadiah, mereka cenderung lebih memilih produk daripada pengalaman. Banyak responden mengatakan akan lebih banyak berbelanja untuk hiburan digital/streaming (+39% setahun belakangan), mebel (+33% setahun belakangan), peralatan elektronik (+13% setahun belakangan), serta mainan dan game (+9% setahun belakangan).

Kajian ini mencakup pandangan lebih dari 12.500 konsumen pada Oktober di seluruh Brasil, Kanada, Jerman, India, Meksiko, Spanyol, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.